Rekomendasi Aplikasi Edit Suara Video Jadi Merdu Untuk Komputer dan Smartphone

Posted on

Jika kualitas suara video yang direkam kurang bagus, maka aplikasi dapat menjadi solusi bagi pembaca. Dengan menggunakan aplikasi edit suara video jadi merdu, rekaman pembaca dapat menyerupai kualitas layaknya studio rekaman.

Sebagus apapun suara rekaman video pembaca, tidak ada salahnya untuk memoles kualitas rekaman menjadi lebih bagus. Hal yang lebih bagus lagi, dapat mengedit hasil rekaman dengan komputer maupun smartphone.

Ada kelebihan tersendiri jika pembaca menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Selain sebagian aplikasi gratis, pembaca juga dapat belajar membuat musik layaknya komposer kelas dunia. Langsung saja, pada ulasan ini, akan mengenal berbagai aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit suara video.

Berikut Aplikasi-Aplikasi Edit Suara Video Untuk Komputer

Jika pembaca menginginkan fitur editing yang lebih kompleks, maka pembaca dapat menggunakan aplikasi software melalui komputer. Berikut macam-macam aplikasi edit suara video jadi merdu khusus komputer atau laptop:

1. Audacity

Aplikasi pertama jatuh pada aplikasi yang sudah tidak asing didengar lagi, yaitu Audacity. Aplikasi dengan tampilan yang sederhana ini, gratis dan dapat dipasang pada komputer yang memiliki operasi sistem Windows, macOS, dan Linux.

Dengan Audacity, pembaca dapat menggabungkan dua suara, mengekspor/impor, dan mengedit suara rekaman dengan musik. Audacity juga mendukung live recording, dimana pembaca dapat merekam langsung dengan kualitas suara yang jernih.

Meski memiliki fitur yang lengkap, Audacity tidak terlalu memberikan kualitas suara yang bagus jika pembaca menggabungkan banyak suara menjadi satu.

2. Adobe Audition

Dari namanya saja, pembaca pastinya tahu bahwa aplikasi ini berasal dari Adobe. Adobe Audition memberikan beragam fitur editing untuk memperbagus kualitas suara video, serta dapat memulihkan suara yang buram dari rekaman originalnya.

Pembaca akan merasa seperti editor profesional dengan tampilan user interface, dan performa rekaman dari Adobe Audition. Jika hasil editan kurang puas, pembaca dapat semakin memperbagus suara dengan essential sound.

Meskipun semua kelebihan yang ditawarkan, Adobe Audition merupakan produk berbayar. Setidaknya, pembaca dapat mencoba aplikasi secara gratis dalam waktu seminggu.

3. Cubase

Steinberg Cubase, atau dikenal dengan Cubase, adalah aplikasi edit suara video jadi merdu berikutnya pada ulasan ini. Cubase telah digunakan oleh berbagai komposer terkenal di dunia seperti Hans Zimmer, composer ternama dalam film-film Hollywood.

Apabila pembaca ingin memperbagus kualitas suara vokal dalam video, maka Cubase dapat menjadi teman terbaik pembaca. Hal ini karena Cubase memiliki fitur yang fleksibel untuk merekam dan memproses suara untuk voice over, musik, dan podcast.

Seperti halnya Adobe Audition, sayangnya Cubase adalah produk berbayar. Namun untuk fitur yang diberikan, pembaca akan merasa puas dengan aplikasi ini.

4. FL Studio

Dikenal sebagai aplikasi untuk mengkomposisi lagu, FL Studio juga dapat digunakan untuk memperbagus suara video. Pembaca dapat merekam secara langsung, mengedit, dan menggabungkan dengan musik atau suara.

Jika pembaca tidak terlalu paham dengan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti ini, maka FL Studio akan memberikan kemudahan bagi pembaca. Dengan user interface yang ramah, FL Studio dapat membantu pembaca dalam menggunakan FL Studio.

Meski berbayar, pembaca dapat mencoba produk FL Studio secara gratis dalam waktu yang ditentukan. FL Studio juga menyediakan berbagai paket dengan harga yang berbeda-beda.

Aplikasi Edit Suara Video Untuk Android dan iOS

Apabila pembaca tidak memiliki PC, atau sedang tidak mengakses PC, jangan khawatir. Saat ini, telah hadir beragam aplikasi edit suara video jadi merdu untuk Android dan iOS. Berikut penjelasan mengenai aplikasi-aplikasi tersebut di bawah ini:

1. Lexis Audio Editor

Pertama, ada Lexis Audio Editor yang telah digunakan lebih dari jutaan pengguna Android dan iOS. Dengan aplikasi ini, pembaca dapat merekam, mengedit, menggabungkan, dan mengubah tempo dari suara rekaman video.

Jika pembaca ingin suara rekaman lebih jernih dan merdu, maka Lexis menghadirkan fitur noise reduction yang dapat digunakan. Menyimpan rekaman tersedia dalam format m4a, wav, aac, flac, dan wma. Mp3 hanya tersedia sebagai fitur berbayar.

2. BandLab – Music Making Studio

Selanjutnya, ada aplikasi BandLab yang populer dan digunakan oleh berbagai pengguna di belahan dunia. Aplikasi ini tidak hanya memperbagus kualitas suara pembaca, namun juga suara musik pada rekaman pembaca.

Dilengkapi oleh beragam fitur layaknya editor pro, semua fitur-fitur tersebut bisa dipakai secara gratis tanpa biaya tambahan atau langganan. Hal inilah yang membuat BandLab begitu banyak digunakan. 

3. FL Studio Mobile

FL Studio tidak hanya tersedia sebagai aplikasi PC saja. Pembaca akan mendapatkan akses untuk merekam dan memperbagus kualitas suara rekaman video. Suara rekaman dapat ditambahkan berbagai efek dan filter untuk membuat suara indah didengar.

Aplikasi ini mendukung MIDI controller support, dan MIDI automation support dalam musik. Seperti FL Studio di komputer, FL Studio Mobile adalah produk berbayar. Hanya saja, harga yang ditawarkan masih lebih murah dibandingkan versi komputer.

4. GarageBand

Khusus untuk pengguna iPhone, pembaca dapat mencoba aplikasi GarageBand. Jika suara rekaman pembaca memiliki suara background yang tidak diperlukan, maka GarageBand dapat menjadi solusi bagi masalah tersebut.

Dengan menggunakan GarageBand, hasil rekaman suara akan menjadi lebih jernih, dan pembaca dapat memperjernih kualitas suara dengan fitur yang ditawarkan. Pembaca yang menyukai musik DJ, juga dapat bebas berkreasi dengan aplikasi ini.

5. WavePad Audio Editor

Aplikasi edit suara video jadi merdu yang satu ini, dikembangkan oleh NCH Software untuk Android dan iOS. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis untuk berbagai keperluan non-komersil pembaca.

Dengan tampilan yang mudah dipelajari, WavePad memiliki beragam fitur seperti sound editor, audio restoration, pitch shifting, dan lain sebagainya. WavePad juga menyediakan berbagai macam sound effect dan musik bebas royalti secara gratis.

6. Audio Evolution Mobile Studio

Dianggap dapat berkompetisi dengan aplikasi editing audio lainnya, aplikasi ini memberikan pengalaman editing layaknya profesional. Aplikasi ini sempat mendapat peringkat pertama sebagai aplikasi audio terbaik di Play Store pada tahun 2020.

Dengan aplikasi ini, pembaca dapat memperbagus kualitas suara rekaman dengan seluruh fitur yang pembaca temukan pada aplikasi komputer. Untuk mencoba, pembaca dapat mengunduh versi TRIAL yang telah disediakan.

7. Music Maker JAM: Beatmaker app

Meski aplikasi ini memang diperuntukkan untuk mengkomposisi lagu, namun pembaca juga dapat merekam dan mengedit suara. Music Maker juga menyediakan efek autotune untuk hasil suara yang lebih merdu.

Music Maker JAM memiliki user interface yang ramah, baik untuk pembaca yang baru belajar komposisi musik, atau yang sudah mahir. Soal katalog, pembaca dapat menggunakan ratusan musik yang disediakan secara gratis.

Demikian ulasan mengenai aplikasi edit suara video jadi merdu yang direkomendasikan oleh banyak orang. Dengan aplikasi-aplikasi di atas, suara rekaman video yang burik, dapat dipoles menjadi lebih indah didengar.

Mungkin pembaca pernah mendengar kritikan dari berbagai pihak mengenai suara vokal yang diedit dengan autotune atau semacamnya. Suka atau tidak suka, merupakan keputusan pembaca apakah ingin mengedit suara video atau tidak.

Yang paling penting, pembaca dapat memiliki opsi untuk menggunakan salah satu aplikasi di atas, yang mana yang pembaca ingin coba. Jangan lupa untuk selalu berkreasi dan berekspresi dengan suara yang pembaca miliki, dan gunakan aplikasi editing untuk memperindah karya-karya tersebut.