cara mengatasi voucher Indosat

Rekomendasi Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk yang Wajib Diketahui

Berkembangnya dompet digital dan marketplace tidak menjadikan pemakaian voucher menghilang. Penggunaan voucher sebagai sarana pengisian ulang pulsa telepon seluler tetap popular. Namun, terkadang pulsa tidak bertambah setelah voucher digunakan. Ketahuilah cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk agar pengisian dapat berhasil.

Sebelum membahas cara mengatasi voucher yang gagal masuk atau tidak berhasil, sepertinya pengguna perlu mengetahui syarat dan tips terlebih dahulu. Voucher Indosat juga sama halnya dengan voucher provider lain yang memiliki syarat ketentuan di dalam penggunaannya.

Selain itu, ada juga faktor-faktor yang menyebabkan voucher Indosat tidak masuk atau tidak berhasil. Detail masing-masing pembahasan dapat disimak pada ulasan di bawah ini.

Syarat Penggunaan Voucher Indosat

Beberapa syarat ada yang harus diperhatikan oleh pengguna sebelum memakai voucher Indosat. Detail setiap syaratnya yakni:

1. Masa Aktif Nomor Indosat Masih Ada

Pengguna wajib tahu bahwa voucher Indosat hanya dapat digunakan pada nomor yang masa aktifnya masih ada. Pengisian voucher terhadap nomor yang berada dalam masa tenggang biasanya tidak akan masuk. Oleh sebab itu, gunakanlah voucher selagi masa aktif nomor masih ada.

2. Tidak sedang Berlangganan Paket

Berlangganan paket internet ataupun paket lainnya merupakan hal yang wajar dilakukan oleh pengguna Indosat untuk memenuhi keperluannya. Namun, berlangganan paket ini perlu dihentikan terlebih dulu sebelum memakai voucher. Pengguna bisa menghentikannya dengan mengetik UNREG lalu mengirimkan pesan tersebut ke 363.

3. Pastikan Ada Pulsa yang Tersimpan

Syarat selanjutnya yang harus dipenuhi pengguna adalah pastikan bahwa di dalam nomor yang dipakai masih ada pulsa yang tersimpan. Minimal nominal pulsa yakni 1.000 rupiah. Biasanya, provider atau operator tidak akan merespons pengisian voucher jika pulsa yang dimiliki 0 rupiah.

4. Sudah Registrasi Ulang

Penting diketahui bahwa pemerintah kini menetapkan kebijakan wajib registrasi ulang bagi pengguna nomor telepon seluler. Registrasi ulang ini yaitu dengan memasukkan NIK dan nomor KK yang valid ke nomor 4444. Nomor Indosat yang belum registrasi ulang akan gagal memakai voucher.

Tips Memakai Voucher Indosat

Berikut ini akan diulas mengenai tips memakai voucher Indosat supaya berhasil. Jika berhasil, pengguna tidak perlu repot mencari cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk ke nomornya. Ulasan tipsnya dapat disimak pada pemaparan di bawah ini.

1. Periksa Masa Aktif Voucher

Sebelum membeli voucher dari konter, periksa terlebih dahulu masa aktifnya. Masa aktif ini biasanya tertera di voucher, telitilah untuk memastikannya. Hal tersebut karena apabila masa aktif voucher telah habis, maka voucher pun tidak dapat digunakan sebab kodenya tidak lagi valid.

2. Periksa Kode Voucher

Setiap voucher pada umumnya dilengkapi dengan kode yang berisi 14 digit angka, termasuk Indosat. Pengguna harus benar dalam menginput kode voucher supaya berhasil. Penginputan kode voucher yang salah akan mengakibatkan voucher gagal dan pulsanya tidak masuk ke nomor yang digunakan.

3. Pastikan Kode MMI yang Diinput Benar

Kode MMI yakni kode spesifik yang dipakai untuk menginput kode voucher. Provider Indosat biasanya menggunakan kode MMI *556* lalu diikuti dengan kode voucher. Penginputan kode MMI yang salah juga akan menyebabkan voucher gagal karena kode voucher tergantung pada kode MMI.

4. Pakai Voucher dengan Benar

Kartu voucher biasanya telah dilengkapi dengan cara menggunakan voucher tersebut. Pengguna perlu membaca dan memahami langkah-langkahnya dengan cermat. Setelah memasukkan kode pada menu panggilan, tunggu notifikasi melalui SMS. Jika tidak ada notifikasi atau gagal, lakukan cara di bawah untuk mengatasinya.

Panduan Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk supaya Berhasil

Seandainya pengguna sudah memperhatikan syarat dan ketentuan serta menerapkan semua tips, tetapi belum berhasil simaklah uraian berikut. Uraian ini akan memaparkan secara lengkap tentang cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk supaya berhasil. Detail setiap caranya adalah seperti di bawah ini.

1. Atur Jaringan di Mode GSM

Cara pertama yang bisa dijalankan pengguna sebagai cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk supaya berhasil adalah dengan mengatur jaringan nomor. Pengguna bisa mengatur jaringan nomor Indosat menjadi mode GSM agar layanan internet berhenti dulu. Langkah-langkah secara lengkapnya yakni seperti berikut.

  • Akses menu “Setting” atau “Pengaturan” di telepon seluler.
  • Pilih pengaturan pada bagian “Koneksi”.
  • Kemudian, tekan “Jaringan Seluler”.
  • Tekan kartu SIM Indosat yang digunakan dan akan diisi voucher.
  • Ganti mode ke opsi 3G atau 2G (sambung otomatis).
  • Selanjutnya, masukkanlah kode voucher Indosat.

Selain mengakses menu Pengaturan, pengguna juga dapat mengatur jaringan telepon seluler melalui menu Panggilan. Langkah-langkahnya cukup mudah. Rincian langkahnya yang bisa dijalankan yakni seperti berikut.

  • Buka menu Panggilan yang ada di telepon.
  • Ketik *#*#4636#*#*.
  • Setelah itu, akan muncul opsi untuk mengatur jaringan pada kartu SIM yang terpasang di telepon.
  • Tekan opsi kartu SIM Indosat.
  • Akan muncul beberapa pilihan jaringan yang bisa diterapkan pada telepon.
  • Pilih jaringan “GSM Only” atau “GSM saja”.
  • Tunggu beberapa detik hingga jaringan berubah.
  • Jaringan pun telah berhasil diubah.

2. Akses Aplikasi MyIM3

Selain menggunakan cara manual untuk memasukkan kode voucher, pengguna juga bisa mengakses aplikasi MyIM3 untuk menggunakan voucher. Cara ini sekaligus menjadi cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk yang bisa dijalankan oleh pengguna. Rincian langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pasang aplikasi MyIM3 terlebih dahulu jika di telepon belum terinstall aplikasi ini.
  • Buka aplikasi MyIM3 yang telah terpasang di telepon.
  • Selanjutnya, tekan simbol tambah (+) yang ada pada kolom “Pulsa saat ini”.
  • Kemudian, tekan tombol “Gunakan Voucher”.
  • Pengguna dapat menginput kode voucher ataupun melakukan scanning voucher dengan menekan simbol scan.

3. Hubungi CS Indosat

Cara terakhir sebagai cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk adalah dengan menghubungi CS atau customer service jika seluruh cara gagal. Hal ini karena dimungkinkan ketidakberhasilan penggunaan voucher adalah sebab adanya masalah sistem Indosat. 

Pengguna bisa menghubungi CS di nomor 02130003000. Pengguna dapat menjelaskan keluhan atau permasalahan yang dialami terkait voucher Indosat. Customer service akan memeriksanya dan mencoba membantu menyelesaikan permasalahan pengguna. 

Tunggulah beberapa saat hingga pihak Indosat melakukan pengecekan masalah dan penyelesaiannya. Kemudian, ikuti langkah-langkah atau instruksi dari customer service.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk supaya berhasil. Pengguna perlu teliti sebelum membeli dan menggunakan voucher. Ketidakberhasilan penggunaan voucher bisa jadi karena kesalahan dari pengguna atau adanya masalah sistem provider. 

Ikuti cara yang telah diulas untuk mengatasinya. Pengguna harus merelakan vouchernya hangus apabila ketidakberhasilan penggunaan voucher berasal kesalahan dari pengguna, seperti masa berlaku voucher yang sudah habis. 

Sedangkan, jika ketidakberhasilan penggunaan voucher karena masalah jaringan biasanya customer service akan memberikan solusi dan arahan. Pengguna dapat mengikuti instruksi atau arahan dari customer service sehingga pulsa atau paket internet bisa masuk ke nomor pengguna. Tunggu beberapa menit sampai berhasil dan cek kembali apakah voucher sudah masuk sesuai nominal yang dibeli.