Kenali Penyebab Batrai HP Cepat Habis, Berikut Dengan Solusi Mengatasinya

Posted on

Seiring berjalannya usia smartphone, pembaca akan mulai merasakan bahwa baterai pada smartphone semakin cepat habis. Smartphone pun menjadi lebih sering dicas daripada digunakan. Lantas, seperti apa penyebab batrai HP cepat habis tersebut?

Tidak seperti baru dipakai, smartphone pembaca kini hanya dapat digunakan untuk keperluan sesaat. Hal ini tentunya cukup meresahkan, apabila jika pembaca menggunakan smartphone untuk berbagai aktivitas seperti bekerja atau gaming.

Ternyata, usia tidak selamanya menjadi penyebab mengapa baterai smartphone cepat habis. Penyebab dapat berasal dari kebiasaan yang pemiliknya lakukan pada smartphone, dan berasal dari faktor luar.

Maka dari itu, pembaca dapat melakukan berbagai hal untuk menghemat baterai smartphone.

Berbagai Macam Penyebab Low Battery dan Solusinya

Ada banyak hal yang dapat membuat baterai cepat habis. Pembaca akan mempelajari seperti apa yang menyebabkan baterai cepat habis, disertai dengan solusi yang tepat. Begini macam-macam penyebab batrai HP cepat habis yang pembaca perlu tahu:

1. Kerusakan dan Masa Usia Pada Baterai

Hal utama yang dapat menjadi penyebab cepat habisnya baterai, tentunya ada pada baterai itu sendiri. Sebagai komponen terpenting smartphone, kualitas baterai dapat menurun seiring berjalannya waktu. Berikut hal yang dapat merusak kualitas baterai:

  • Baterai terus digunakan ketika sedang dicas. Hal ini dapat merusak kualitas baterai, sehingga baterai menjadi aus dan cepat habis
  • Baterai dibiarkan dicas semalaman. Jika smartphone tidak memiliki fitur safe-charging, maka hal ini dapat merusak baterai.
  • Masa usia baterai yang telah habis. Meski baterai masih bisa digunakan, namun lama-kelamaan baterai akan cepat habis.

Untuk mengatasi masalah ini, pembaca harus mengganti dengan baterai yang baru. Pastikan jika baterai yang dibeli adalah baterai original dan cocok untuk model smartphone yang dipakai.

2. Fitur-Fitur Pada Aplikasi Yang Makan Baterai

Pembaca pasti tertarik dengan banyak aplikasi yang tersedia di smartphone. Tetapi, perlu disadari bahwa ada berbagai fitur pada aplikasi yang memakan baterai. Berikut macam-macam fitur atau aplikasi yang menguras baterai:

  • Permainan-permainan yang membutuhkan spesifikasi besar. Pembaca dapat mengatur pengaturan dan mengecilkan grafis untuk menghemat baterai.
  • Fitur picture-in-picture pada YouTube. Pembaca dapat mematikan fitur ini melalui pengaturan pada profil akun YouTube.
  • Aplikasi social media dengan fitur reel atau video. Pembaca dapat menggunakan versi Lite untuk menghemat baterai saat menggunakan social media.
  • Berbagai aplikasi background. Pastikan untuk selalu tutup paksa aplikasi background untuk menghemat baterai.
  • Aplikasi bloatware yang masih aktif. Nonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut melalui Pengaturan > Aplikasi.

Perlu diperhatikan jika ulasan ini tidak bermaksud untuk membuat pembaca menghindari aplikasi-aplikasi yang disebutkan. Hanya saja, untuk menghemat baterai, silahkan pakai aplikasi seperlunya saja.

3. Penggunaan Fitur Pada Smartphone Yang Terlalu Lama

Smartphone tidak dibekali dengan berbagai fitur yang canggih tanpa kekurangan. Terkadang fitur bawaan smartphone dapat menjadi penyebab batrai HP cepat habis. Berikut macam-macam fitur dan solusi untuk mengatasinya.

  • Push notifications. Pembaca dapat pergi menuju Pengaturan, lalu pilih Pemberitahuan untuk mematikan fitur push notifications.
  • Widget. Hanya gunakan widget apabila sedang dibutuhkan saja.
  • Pelacak lokasi seperti GPS. Aktifkan hanya jika pembaca ingin menggunakan aplikasi yang perlu melacak lokasi pembaca.
  • WiFi atau Bluetooth. Gunakan fitur tersebut hanya jika diperlukan saja.

4. Tampilan Brightness Yang Terlalu Terang

Jangan salah, tampilan layar yang terlalu cerah juga dapat menyebabkan baterai HP boros. Hal ini karena semakin terang layar, maka semakin banyak energi listrik yang dibutuhkan oleh smartphone. Ini dapat memicu baterai HP menjadi cepat habis.

Karena itu, gunakan layar yang terang hanya pada saat pembaca sedang menggunakan smartphone di luar rumah atau tempat tertentu. Gunakan layar yang redup apabila pembaca berada di dalam ruangan yang sudah dipasang lampu.

Jika tersedia, pembaca juga dapat menggunakan fitur dark mode pada beberapa aplikasi yang memiliki background putih. Selain hemat baterai, dark mode juga dapat mengurangi resiko kerusakan penglihatan pembaca.

5. Jaringan dan Sinyal Yang Bermasalah

Pembaca mungkin berpikir, apa hubungannya jaringan atau sinyal dengan baterai cepat habis? Setelah diusut, ternyata gangguan pada jaringan atau sinyal akan memaksa smartphone untuk mencari lebih keras.

Suhu smartphone yang menjadi lebih panas, dapat mengganggu baterai yang seharusnya tetap dingin. Karena itu, hal yang pembaca dapat lakukan adalah mencari lingkungan dengan sinyal yang lebih baik.

Jika pembaca sedang tidak menggunakan internet, pembaca disarankan untuk tidak terlalu memaksa smartphone untuk mencari jaringan.

6. Baterai Tidak Ditampilkan Secara Akurat

Para pengguna iPhone tentunya tidak asing dengan masalah ini. Jika pembaca pernah membeli iPhone dan ingin mengisinya, terkadang jumlah % pada baterai tidak ditampilkan secara akurat. Hal ini menyebabkan baterai terasa seperti cepat habis.

Sebagai pengguna iPhone, pembaca disarankan untuk melakukan kalibrasi pada baterai. Kalibrasi biasanya dilakukan dengan mengisi baterai yang dikosongkan beberapa kali hingga tampilan % baterai lebih akurat.

Namun apabila sudah melakukan kalibrasi tapi baterai tetap cepat habis, maka pembaca memang perlu mengganti baterai tersebut. Baterai yang sudah diganti, akan memerlukan proses kalibrasi lagi.

7. Masalah Pada Komponen Dalam Smartphone

Penyebab batrai HP cepat habis yang terakhir, berasal dari komponen pada smartphone. Pembaca mungkin belum menyadari bahwa smartphone pernah jatuh, terinjak, atau jatuh ke dalam aliran air. Hal-hal tersebut dapat merusak smartphone.

Apabila komponen dalam smartphone mengalami kerusakan, maka smartphone juga tidak bisa menerima hantaran listrik dengan optimal. Untuk mengatasi masalah ini, pembaca harus mengunjungi tempat servis untuk mengajukan perbaikan internal.

Tips-Tips Lain Yang Dapat Membantu Memperpanjang Penggunaan Baterai

Meski tips-tips ini tidak memperbaiki masalah baterai yang aus, namun setidaknya pembaca dapat menghindari penyebab batrai HP cepat habis. Berikut berbagai macam tips untuk memperpanjang kualitas baterai:

  • Gunakan Power-saving mode. Fitur pada smartphone ini akan menghemat penggunaan baterai dengan mematikan aplikasi dan penggunaan internet pada latar belakang.
  • Gunakan charger bawaan smartphone. Charger yang tidak sesuai dengan merk smartphone dapat mengurangi kualitas baterai dan smartphone
  • Hindari multi-tasking Penggunaan aplikasi yang berlebihan pada waktu yang bersamaan, akan membuat baterai lebih cepat habis.
  • Hindari menggunakan smartphone saat diisi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada baterai apabila sering dilakukan dalam waktu yang lama.
  • Lakukan restart sebelum isi baterai. Selain dapat memperpanjang usia baterai, metode ini juga dapat melegakan smartphone.
  • Gunakan safe charging saat mengisi baterai. Fitur ini akan membuat charger otomatis terlepas saat baterai smartphone mencapai 100%, sehingga tidak terjadi overcharging.
  • Gunakan airplane mode jika smartphone tidak digunakan. Hal ini akan menghindari munculnya spam notifikasi yang dapat menguras baterai.

Apakah sekarang pembaca sudah paham dengan penyebab batrai HP cepat habis? Dengan penjelasan di atas, pembaca diharapkan dapat menemukan solusi bagi baterai HP yang cepat habis.

Jujur saja, baterai yang rusak dapat berakibat apabila dibiarkan. Salah satu gejala baterai yang rusak yaitu menggembungnya baterai, hingga berakhir pada baterai meledak dan membahayakan pembaca dan sekitar.

Untuk menghindari hal itu, pembaca harus memastikan baterai tetap dalam kondisi prima. Hindari melakukan kebiasaan yang dapat merusak baterai smartphone, dan gunakan fitur yang dapat membantu memperpanjang umur baterai.

Selalu lakukan pengecekan berkala pada smartphone, baik dari komponen dalam atau internal memory pada smartphone milik pembaca.