Bagaimana Cara Mengatasi Sinyal 4G Tidak Muncul? Simak Penjelasannya

Posted on

Pembaca tentunya pernah mengalami masalah pada koneksi internet, khususnya sinyal 4G yang terkadang hilang begitu saja. Untuk mencari solusinya dapat membaca cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul dalam ulasan ini!

Disaat smartphone mulai dikembangkan untuk menerima sinyal 5G, 4G masih menjadi standar kecepatan internet di dunia. Karena itu, provider internet seharusnya memberikan kualitas 4G yang terbaik bagi para pelanggannya.

Sayangnya, tidak selamanya koneksi 4G stabil, sehingga tidak jarang ditemukan hilang sinyal. Hal ini tentunya cukup meresahkan bagi pengguna internet di Indonesia.

Dilansir dari berbagai pengalaman pengguna internet di Indonesia, ada berbagai alasan mengapa sinyal internet mendadak hilang, atau bermasalah.

Beberapa Alasan Mengapa Sinyal 4G Hilang atau Tidak Muncul

Sebelum mengetahui cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul, pembaca perlu memastikan apa penyebab hilangnya sinyal. Ada berbagai macam penyebab dibalik sinyal 4G yang tidak muncul. Berikut berbagai macam alasan yang sering disebutkan:

1. Kondisi Cuaca Yang Kurang Bersahabat

Terkadang, cuaca buruk seperti hujan angin dapat mengganggu stabilitas jaringan internet. Hal ini dapat diperparah jika daerah pembaca sedang mengalami badai.

Tidak hanya berimbas pada jaringan internet, badai juga dapat berimbas pada keselamatan pembaca dan sekitar.

2. Ada Pemadaman Listrik Yang Berimbas Pada Sinyal

Pernahkah pembaca tiba-tiba mengalami gangguan internet ketika daerah sekitar pembaca mengalami mati lampu? Ternyata, mati lampu juga dapat berimbas pada sinyal jaringan internet.

Hal ini karena daerah dimana menara Base Transceiver Station juga dipadamkan. Menara BTS inilah yang akan menghubungkan perangkat dengan jaringan internet.

3. Terjadi Gangguan Pada Penyedia Layanan Internet

Jika pembaca tiba-tiba kehilangan sinyal jaringan, baik dari 4G hingga 2G sekalipun, maka bisa saja terjadi gangguan pada operator seluler. Hal ini cukup menyusahkan karena terkadang proses perbaikan jaringan dapat terjadi hingga seharian.

Untuk kota metropolitan seperti ibu kota, kerusakan jaringan dapat menyebabkan kekacauan pada berbagai aktivitas yang serba digital.

4. Daerah Belum Tercover Jaringan 4G

Untuk mendapatkan jaringan sinyal tertentu, operator seluler perlu memberikan cover pada daerah tersebut. Saat ini, ada beberapa daerah yang sampai sekarang masih belum mendapatkan jaringan 4G.

Apabila pembaca sedang bepergian ke daerah pinggiran atau terpencil seperti kampung, maka ada kemungkinan daerah tersebut belum mendapatkan jaringan 4G.

5. Ada Kerusakan Pada Perangkat

Terakhir, pembaca perlu mengetahui bahwa perangkat dapat menjadi penyebab dari gangguan jaringan internet. Karena itu, pembaca perlu mengecek apakah perangkat masih dapat menangkap jaringan 4G atau tidak.

Begini Cara Mengatasi Masalah Pada Sinyal 4G Yang Dianjurkan

Untuk mengatasi ini, ada berbagai cara yang biasa dilakukan oleh pengguna internet di berbagai dunia. Jika pembaca mengalami salah satu dari penyebab yang dijelaskan, maka simak cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul berikut:

1. Gunakan Fitur Mode Pesawat Untuk Beberapa Saat

Mode pesawat atau airplane mode, merupakan fitur bawaan smartphone yang dipakai untuk mematikan seluruh jaringan atau sinyal yang ditangkap. Fitur ini dinamakan airplane mode karena fitur ini digunakan saat sedang bepergian dengan pesawat.

Ternyata, fitur ini dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul. Pembaca hanya perlu mengaktifkannya untuk beberapa menit, lalu matikan fitur mode pesawat. Hal ini dilakukan untuk melegakan sinyal 4G yang ditangkap.

2. Pindah Ke Jaringan 3G/2G Untuk Mengecek Koneksi

Pembaca tidak akan tahu apa yang menjadi penyebab hilangnya sinyal internet. Untuk memastikan apakah hanya sinyal 4G yang bermasalah, pembaca dapat berpindah ke jaringan 3G. Untuk itu, pembaca dapat mengikut langkah-langkah sebagai berikut:

  • Kunjungi Settings atau Pengaturan pada smartphone, lalu pilih opsi Koneksi.
  • Selanjutnya, pilih Jaringan Seluler. Pembaca akan melihat dua mode jaringan apabila smartphone mendukung dual SIM.
  • Pilih SIM yang digunakan untuk internet, lalu pilih opsi 3G/2G (sambung otomatis), atau opsi Hanya 3G/HSDPA.
  • Apabila pembaca sudah mengecek koneksi 3G, pindahkan kembali ke 4G/3G/2G (sambung otomatis) atau opsi yang dipilih sebelumnya.

3. Cobalah Restart Perangkat Yang Digunakan

Apapun layanan internet yang pembaca pilih, customer service akan selalu menyarankan untuk melakukan restart pada router atau smartphone. Hal ini karena restart dapat menjadi solusi cepat yang saat ini pembaca bisa lakukan.

Untuk melakukan restart pada smartphone, pembaca perlu menekan dan tahan tombol Power beberapa saat hingga muncul opsi untuk Restart.

Sedangkan pada perangkat lain seperti router, restart juga dapat dilakukan dengan mencabut kabel router lalu memasangnya kembali.

4. Periksa dan Pasang Ulang Kartu SIM Yang Digunakan

Kartu SIM memiliki peran penting pada berbagai perangkat internet. Untuk itu, pembaca perlu mengetahui apakah kartu SIM masih dalam keadaan bagus atau perlu diganti dengan yang baru. Berikut cara mengecek SIM card yang dianjurkan:

  • Cabut kartu SIM dari perangkat yang digunakan dengan hati-hati.
  • Gosok perlahan bagian kuning pada kartu SIM dengan menggunakan kain yang lembut. Pembaca juga dapat menggunakan penghapus, namun ini sangat beresiko jika tidak hati-hati digunakan.
  • Pasang kembali kartu SIM pada perangkat, dan segera cek sinyal 4G.
  • Lakukan restart pada perangkat apabila dibutuhkan saat mencabut dan memasang kartu SIM kembali.

5. Gunakan Kartu SIM Dari Operator Lain

Jika pembaca kurang berani dengan metode menggosok kartu SIM di atas, maka pembaca dapat mengganti kartu SIM operator lain. Untungnya, pembaca tidak perlu membongkar pasang smartphone Android yang sudah memiliki fitur dual SIM.

Apabila pembaca dapat mengakses sinyal 4G setelah mengganti kartu SIM lain, maka penyebabnya berasal dari kartu SIM. Jika kartu SIM apapun tidak dapat menangkap sinyal 4G, maka gangguan sinyal terjadi akibat perangkat yang digunakan.

6. Lakukan Reset Pada Pengaturan Internet

Selanjutnya, pembaca dapat melakukan reset pada pengaturan internet, khususnya pada smartphone. Dengan melakukan reset, smartphone diharapkan akan melakukan pengecekan sinyal ulang. Begini langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Kunjungi Settings atau Pengaturan pada smartphone pembaca.
  • Pilih Sistem/System atau Manajemen umum/General Management tergantung pada merk smartphone yang digunakan.
  • Scroll hingga pembaca menemukan opsi Reset, lalu pilih Reset pengaturan jaringan/Reset network settings.
  • Ikuti opsi yang diberikan, lalu pilih Reset pengaturan/Reset settings.
  • Tunggu beberapa saat hingga smartphone mendapatkan sinyal 4G kembali. Pembaca mungkin akan membutuhkan restart untuk mendapatkan efeknya.

7. Pindah Lokasi Dengan Sinyal Yang Lebih Bagus

Lokasi yang memadai, dapat menjadi solusi terakhir dari cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul. Apabila sinyal yang digunakan hilang saat menggunakan internet dari smartphone, cobalah untuk pindah ke area yang lebih terbuka.

Selain itu, hindari area yang terpencil karena sinyal 4G pada daerah-daerah tersebut belum merata dengan sempurna.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi sinyal 4G tidak muncul atau sedang mengalami gangguan. Jika semua opsi yang diberikan tidak berhasil, maka satu-satunya penyebab dari masalah ini, berasal dari perangkatnya.

Untuk memperbaiki perangkat yang rusak, pembaca harus membawa perangkat ke tukang servis, atau menelepon customer service untuk perbaikan. Biaya yang dikenakan akan tergantung dari jenis perangkat, dan layanan yang pembaca pilih.

Sebagai pengguna internet sehari-hari, gangguan pada jaringan 4G tentu akan membuat pembaca kesal. Terutama jika pembaca memiliki banyak aktivitas internet.

Pastikan pembaca sudah mencoba cara-cara yang dijelaskan di atas. Jangan sampai masalah ini mengganggu aktivitas online yang pembaca sangat geluti.