Efektif! Inilah Cara Agar YouTube Tidak Ada Iklan dan Ketahui Keuntungannya!

Posted on

Iklan di YouTube terkadang mengganggu pengalaman penontonnya ketika sedang menikmati tontonan yang seru. Informasi tentang cara agar YouTube tidak ada iklan banyak dicari oleh para penggunanya. Pengguna dapat menonaktifkan berbagai iklan YouTube yang mengganggu tersebut.

Cara-cara yang akan dijelaskan juga dapat menghilangkan iklan YouTube yang tidak dapat di skip atau dilewati. Maka dari itu, pengguna dapat lebih nyaman dalam menonton tayangan-tayangan favorit di kanal YouTube tanpa terganggu dengan adanya iklan yang bertebaran.

7 Cara Menghapus Iklan di YouTube

Seperti yang sudah diketahui bahwa jenis iklan di YouTube ada yang dapat di skip atau dilewati dan ada pula yang tidak. Hal ini sangat mengganggu bagi beberapa pengguna, karena iklan pada YouTube biasanya muncul di pertengahan video yang mana cukup mengganggu dan membuat gemas.

Beberapa pengguna YouTube mencari cara agar iklan pada YouTube dapat hilang. Berikut ini 7 cara agar YouTube tidak ada iklan yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Memasang Ekstensi Pada Browser

Jika pengguna membuka YouTube dengan menggunakan browser Google Chrome, maka cara praktis agar menonton video tanpa iklan adalah dengan memasang ekstensi. Pengguna dapat install ekstensi Adblock Plus yang dapat dicari di toko Google Chrome pada perangkat laptop atau HP pengguna.

Penggunaan Adblock Plus ini cukup ampuh untuk menghapus iklan pada video YouTube yang tonton oleh pengguna. Untuk panduan langkah detail, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Akses browser jenis Google Chrome.
  • Kunjungi toko Google Chrome.
  • Ketik “Adblock Plus” pada kolom pencarian.
  • Klik opsi “Add to Google Chrome”.
  • Buka YouTube dengan browser Google Chrome.
  • Tonton video tanpa ada iklan.
  • Selesai.

2. Menambahkan Titik Pada Link Situs

Cara agar YouTube tidak ada iklan selanjutnya adalah dengan menambahkan titik atau “dot” pada link video YouTube. Cara ini cukup praktis dan sederhana, karena pengguna tidak perlu memasang ekstensi atau menggunakan aplikasi tambahan apapun. Di dalam penggunaannya pun tidak repot.

Pengguna hanya perlu menambahkan titik setelah domain “.com”, misal https://www.youtube.com./watch?v=j61MEp2IMoc yang mana pengguna dapat melihat di belakang “.com” terdapat titik yang dapat menjadi penghapus iklan.

3. Menonaktifkan Fitur Monetisasi

Menonaktifkan fitur monetisasi pada YouTube menjadi cara ketiga agar menonton YouTube tidak terganggu dengan iklan. Monetisasi merupakan cara yang digunakan oleh sebagian pengguna yang ingin mendapatkan penghasilan dari unggahan video pada YouTube.

Khusus untuk cara ini, hanya dapat dilakukan oleh content creator atau pengunggah video YouTube. Karena dengan menonaktifkan fitur monetisasi, maka penonton video yang seorang content creator unggah tidak akan terganggu oleh iklan.

4. Berlangganan YouTube Versi Premium

Selanjutnya, cara agar YouTube tidak ada iklan paling efektif berikutnya adalah dengan berlangganan YouTube versi premium. Belakangan ini YouTube merilis fitur berbayar bagi pelanggannya yang ingin menikmati konten video tanpa ada iklan maupun konten eksklusif langsung dari YouTube.

Untuk melakukan langganan pada YouTube Premium, pengguna wajib mengeluarkan biaya dari  harga Rp 34.990-Rp 89.000 per bulan. Biaya tersebut tergantung paket apa yang akan diambil, karena tersedia 3 paket yaitu Reguler, Family dan Student. Untuk mengaktifkannya pengguna dapat mengikuti langkah berikut:

  • Login YouTube dengan akun pribadi.
  • Klik profil pribadi pada tampilan pojok kanan layar.
  • Klik opsi “GET YOUTUBE PREMIUM”.
  • Tekan pilihan “TRY IT FOR FREE”.
  • Pilih metode pembayaran yang digunakan.
  • Klik “BUY” untuk konfirmasi pembelian.

5. Memakai Browser Bebas Iklan

Menggunakan browser bebas iklan dapat menjadi alternatif agar menonton video YouTube tanpa ada iklan. Biasanya, pengguna memakai browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome atau Safari yang mana jenis browser tersebut tidak dapat membantu pengguna untuk menghapus iklan.

Pengguna dapat memilih browser seperti AVG, Opera Mini, Bromide dan Ghostery. Jenis-jenis browser tersebut sangat efektif sebagai cara agar YouTube tidak ada iklan. Kelebihan browser tersebut, yaitu pertama terdapat fitur layanan pemblokir iklan secara gratis, sehingga menonton YouTube lebih asik.

Kedua, kelebihan lainnya adalah adanya fitur VPN gratis yang dapat membantu pengguna mengakses berbagai situs dengan bebas. Maka dari itu, untuk lebih efektif dalam menghapus iklan ketika menonton YouTube, pilih browser yang efektif membantu menghilangkan iklan.

6. Menggunakan Situs ViewPure

Cara alternatif lain untuk menghilangkan iklan pada YouTube adalah dengan mengakses video YouTube menggunakan situs ViewPure. Situs ini cukup populer dan efektif dalam membantu pengguna ketika ingin menonton video tanpa terganggu dengan iklan.

Pengguna tidak perlu repot karena penggunaan situs ViewPure ini cukup mudah. Pertama, akses situs http://www.viewpure.com/, pada perangkat laptop atau HP pengguna. Kedua, buka YouTube dan pilih video yang ingin ditonton. Salin link video tersebut dan tempel ke dalam situs ViewPure.

Ketiga, klik opsi “Purify” dan pengguna dapat langsung memutar video dari YouTube tanpa harus terganggu oleh iklan. Cara tersebut sangat mudah dan efisien, serta yang paling penting adalah tidak membutuhkan aplikasi atau ekstensi sebagai pihak pembantu ketiga.

7. Mengunduh Video yang Ingin Ditonton

Cara agar YouTube tidak ada iklan terakhir adalah dengan mengunduh video yang ingin ditonton. Pengguna dapat mencoba cara alternatif ini jika video yang ditonton ingin disimpan di perangkat pribadi. Selain bebas iklan, cara ini berguna bagi penonton yang ingin menonton video berulang kali.

Jika menggunakan cara ini, pengguna dapat mencoba beberapa langkah alternatif. Pertama, pengguna dapat mengunduh video dengan bantuan aplikasi tambahan seperti Savefrom dan ClipGrab. Kedua, pengguna dapat menambahkan “ss” pada URL YouTube, misal https://www.ssyoutube.com.

Pengguna dapat memilih berbagai macam cara tersebut agar dapat mengunduh video favorit yang ingin ditonton. Keuntungan cara ini adalah tanpa tambahan biaya apapun, serta pengguna dapat secara bebas mengunduh video yang ingin ditonton berulang kali tanpa harus buffering dan ada iklan.

Keuntungan Menonton YouTube Tanpa Iklan

Setelah pengguna sudah mencoba berbagai cara agar YouTube tidak ada iklan, maka selanjutnya adalah informasi tentang keuntungan menonton YouTube tanpa iklan. Ternyata, menonton video YouTube tanpa iklan selain efektif dari segi waktu, terdapat hal menguntungkan lainnya.

Pertama, hemat kuota internet yang mana jika video YouTube yang banyak terdapat iklan akan menghabiskan kuota internet milik pengguna. Kedua, fokus pengguna pada tontonan tidak terganggu. Karena pada dasarnya, banyak pendapat bahwa banyaknya iklan cukup mengganggu fokus pengguna ketika menonton.

Ketiga, pengalaman menonton atau mendengarkan musik dengan YouTube tidak terganggu dan tetap seru. Karena keberadaan iklan yang terkadang muncul di tengah-tengah video dapat mengganggu pengalaman seru pengguna dalam mengakses YouTube.

Kesimpulannya adalah bahwa banyak cara agar YouTube tidak ada iklan dan tidak mengganggu pengalaman pengguna. Cara-cara tersebut ada yang praktis dan ada pula yang membutuhkan aplikasi tambahan. Namun, tujuan dari cara-cara tersebut sama yaitu meningkatkan pengalaman menonton yang lebih asik.

Cara agar menonton YouTube tidak terganggu iklan dengan aplikasi dapat dengan cara mengunduh aplikasi ViewPure dan aplikasi browser Opera dan sebagainnya. Selebihnya, pengguna dapat berlangganan YouTube Premium, menggunakan layanan ekstensi dari Google Chrome dan mengunduh video YouTube itu sendiri.