Fitur-Fitur Baru di MIUI13 yang Hadir di Indonesia

Posted on

Bagi pengguna ponsel Xiaomi yang mendapatkan MIUI 13, akan dapat mengupdate OS terbaru ini dalam waktu dekat. Xiaomi Indonesia sendiri menjanjikan MIUI 13 akan digulirkan di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2022, yang tentunya secara bertahap akan tersedia di ponsel Xiaomi tertentu.

Ponsel Xiaomi yang akan mendapatkan MIUI 13 adalah Mi 11 Ultra, Mi 11, Mi 11 Lite, Xiaomi 11T, Xiaomi 11T Pro, Mi 10, Xiaomi Pad 5, Redmi Note 10 Pro, Redmi Note 10 5G, Redmi Note 10s, Redmi Note 10 , Redmi 10, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 9 dan Redmi 9.

Calvin Nobel selaku Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia mengungkapkan bahwa fokus utama Xiaomi di MIUI 13 adalah pada peningkatan pengalaman pengguna. “Kami ingin memberikan pengalaman yang lebih lancar, lebih lancar, dan lebih optimal saat menggunakan MIUI,” katanya.

Untuk mendapatkannya, Xiaomi menawarkan fitur terbaru MIUI 13 yang berfokus pada empat optimasi software. Ini termasuk Liquid Storage, Atomized Memory, Focused Algorithm, dan Smart Balance.

Liquid Storage

Liquid Storage atau optimisasi sistem manajemen file memberikan optimalisasi dalam manajemen file, terutama di bagian penyimpanan. Dengan Liquid Storage, dapat membantu mengoptimalkan penggunaan storage untuk menghasilkan pembacaan dan penulisan yang jauh lebih baik yang diklaim hingga 60 persen lebih cepat.

 

Atomized Memory

Fitur lain dari MIUI 13 adalah Atomized Memory atau optimisasi RAM. Fitur ini dapat membantu pengguna mengelola kinerja aplikasi yang ada di ponsel, terutama kinerja aplikasi yang berjalan di latar belakang atau tidak lagi digunakan.

Selain mengoptimalkan RAM, fitur ini juga menutup aplikasi yang tidak lagi digunakan atau aplikasi background yang tidak aktif. Oleh karena itu, akan memberikan ruang tambahan untuk menjalankan aplikasi yang terbuka. Xiaomi mengklaim bahwa optimasi RAM akan menghasilkan efisiensi latar belakang yang lebih baik hingga 40 persen.

 

Focused Algoritm

Fitur ketiga adalah Focused Algorithm of Processor Focus dan Priority Optimization, yang dapat membantu pengguna mengalokasikan sumber daya yang baik berdasarkan prioritas yang mereka butuhkan.

Misalnya, ketika pengguna sedang bermain game dan ingin mendapatkan pengalaman terbaik, fitur Focused Algorithm akan memusatkan semua sumber daya seluler pada aplikasi, sehingga aplikasi dapat berjalan lebih lancar.

 

Smart Balance

Fitur keempat adalah Smart Balance of Performance dan Battery Optimization, yang menggabungkan kinerja tinggi dengan efisiensi. Dengan fitur ini, pengguna mendapatkan daya tahan hingga 10 persen lebih baik.

Pembaruan lain yang dibawa MIUI 13 ke perangkat seluler Xiaomi di Indonesia adalah sidebar di mana pengguna dapat dengan mudah mengakses aplikasi favorit mereka hanya dalam 1 swipe atau scroll.