6+ Aplikasi Stabilizer Video Android Terbaik 2022

Artikel ini terakhir diperbarui pada 12 Maret 2022.

Menggunakan aplikasi stabilizer video di Android sangat penting untuk meningkatkan perekaman video dari ponsel yang goyah atau tidak stabil. Ini biasanya terjadi jika kamera ponsel kamu tidak dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS), sehingga video terlihat goyang.

Menggunakan aplikasi video stabilizer di Android sangat penting untuk meningkatkan perekaman video dari ponsel yang goyah atau tidak stabil. Ini biasanya terjadi jika kamera ponsel kamu tidak dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS), sehingga video terlihat goyang.

Untungnya, masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan aplikasi stabilisasi video. Pilihan aplikasinya juga cukup beragam, membuat video goyang terlihat lebih stabil. Menariknya, menggunakan aplikasi video stabilizer di android juga cukup mudah.

6 Aplikasi Stabilizer Video Android Terbaik 2022

1. Open Camera

Aplikasi ini merupakan paket aplikasi berfitur lengkap yang dapat digunakan untuk tablet dan smartphone android. Tidak hanya dapat digunakan untuk mengedit foto, kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan stabilisasi video.

Stabilisasi video yang dilakukan pada aplikasi ini dapat mengurangi guncangan yang disebabkan oleh perubahan gerakan kamera saat mengambil gambar. Kamu dapat menggunakan fitur stabilisasi ini untuk menonton atau merekam video secara real time.

Jika kamu memiliki video dengan resolusi gambar yang goyah karena keterbatasan perangkat, kamu dapat melakukan proses pengeditan langsung dari ponselmu. Berkat dukungan algoritma yang digunakan dalam aplikasi, kamu dapat melakukan stabilisasi video dengan satu sentuhan tombol.

2. Deshake

Aplikasi Deshake menggunakan hasil pengembangan sistem algoritma untuk menganalisis kualitas video goyang. Tampilan layar di menu utama aplikasi menunjukkan antarmuka untuk melihat video asli dengan video yang distabilkan secara berdampingan.

Algoritma dalam aplikasi ini dapat melakukan proses stabilisasi video secara real time, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama. Aplikasi video ini disimpan langsung dengan menjaga kualitas resolusi gambar, audio, orientasi video dan juga FPS dari video aslinya.

3. Google Photos

Aplikasi Google Foto sudah menampung fungsi stabilisasi video dengan cara yang praktis. Kamu dapat menggunakan fitur ini di aplikasi Google Foto versi 2.13 di perangkat Android.

Jika kamu sudah memiliki aplikasi versi terbaru, yang perlu kamu lakukan hanyalah membuka video melalui aplikasi, lalu klik ikon tombol “Stabilize” di kiri bawah. Google Foto akan secara otomatis melakukan proses stabilisasi pada video. Kamu hanya perlu menunggu prosesnya beberapa saat dan kualitas video kamu akan menjadi lebih stabil.

4. Video Smoother Stabilizer

Video Smoother Stabilizer adalah aplikasi unik yang sangat sederhana. Kamu dapat memilih video dari galeri atau merekam video baru saat membuka menu utama. Tombol pengaturan dapat digunakan untuk mengurangi resolusi atau kualitas video yang dihasilkan. Hasil video yang distabilkan oleh aplikasi stabilizer video di android disimpan dalam format standar MP4.

Algoritma dalam aplikasi ini dapat meningkatkan pergeseran perspektif dalam video agar terlihat lebih stabil. Video Stabilizer tiruan movie stiller pada iOS. Fungsi algoritma ini dapat digunakan untuk berbagai simulasi gerak kamera yang optimal.

5. Quik

Saat kamu melakukan proses pengeditan video, kamu tidak hanya dapat melakukan stabilisasi video, tetapi juga menambahkan efek visual dan audio. Kamu dapat menambahkannya untuk membuat hasil video yang bagus hanya dengan beberapa ketukan.

Ciptakan momen indah dalam hitungan detik dengan menambahkan transisi, efek video, dan menyinkronkan semuanya dengan irama musik. Tidak hanya itu, kamu bahkan dapat menambahkan teks dan musik dan membagikannya dengan mudah kepada teman-teman.

6. Microsoft Hyperlapse

Kamu bisa menebaknya dari namanya saja. Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft untuk membuat video hyperlapse.

Menariknya, Microsoft Hyperlapse juga bisa digunakan untuk membuat video yang halus dan stabil! Caranya, kamu tinggal menggunakan mode stabilization yang sudah disematkan di aplikasi.

Ada dua metode yang dapat kamu gunakan untuk memanfaatkan mode stabilisasi. Pertama, kamu dapat mengimpor video dari galeri. Dengan kata lain, kamu dapat membuat video yang sudah direkam menjadi lebih stabil.

Cara kedua, kamu dapat merekam video secara langsung dan mengaktifkan mode stabilisasi. Nantinya, sistem akan mengurangi getaran yang ada.

 

Nah, itulah 6 aplikasi stabilizer video android terbaik di tahun 2022 ini. Kamu bisa memilih beberapa aplikasi di atas untuk menstabilkan video rekaman kamu agar terlihat lebih stabil. Selamat mencoba.