6+ Kelebihan Bisnis Digital

Artikel ini terakhir diperbarui pada 04 Maret 2022.

Saat ini, teknologi digital mendominasi kehidupan berbagai aspek kehidupan manusia. Dengan teknologi, aktivitas manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Misalnya, jika dulu kamu biasa berkomunikasi dengan orang lain, kamu harus menunggu lama, dengan teknologi sekarang kamu dapat bertemu secara virtual dan bertatap muka.

Kehadiran teknologi juga membawa perubahan dan kemudahan bagi bisnis. Bahkan untuk bertransaksi dengan nasabah, teknologi menawarkan berbagai kemudahan untuk transaksi jarak jauh melalui mobile banking atau e-wallet. Dengan metode transaksi ini, para pelaku bisnis dan pelanggan tidak perlu bertemu langsung.

Jika kamu masih ragu untuk terjun ke dunia bisnis digital, berikut beberapa keunggulan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Pilihan yang Beragam

Perkembangan teknologi diperkirakan tidak akan berhenti bahkan dalam beberapa dekade mendatang. Artinya, masih banyak inovasi yang bisa dihasilkan sebagai peluang bisnis. Kamu hanya perlu cermat mengamati kebutuhan pasar dan menciptakan produk yang dibutuhkan masyarakat.

2. Jangkauan Pasar yang Luas

Jika kamu memiliki bisnis digital yang dijalankan secara online, pangsa pasarnya pasti akan lebih luas. Ini karena kamu tetap bisa menjalankan bisnis di manapun kamu berada, 24 jam sehari. Ini tentu saja tergantung pada bisnis yang kamu geluti.

3. Bertujuan Jangka Panjang

Pengguna internet di Indonesia terus meningkat, mencapai 171 juta orang pada tahun 2018. Itulah sebabnya banyak perusahaan melakukan transformasi digital untuk mencapai potensi besar ini. Tidak hanya itu, berbisnis secara digital juga merupakan upaya membangun identitas online dengan tujuan jangka panjang. Tentu kamu menyadari bahwa kamu akan tertinggal jika tidak berpartisipasi.

4. Minim biaya pengeluaran

Adanya digital marketing juga memberikan keuntungan bagi kamu sebagai pelaku usaha, yaitu tarif minimal yang akan dikenakan. Di Internet, pemasaran yang dilakukan hanya membutuhkan biaya berupa paket data internet atau Wi-Fi untuk mengupload profil suatu produk.

Jika kamu menggunakan pemasaran melalui marketplace, komponen yang dibutuhkan selain paket data internet adalah aplikasi marketplace yang digunakan. Metode pemasaran ini dilakukan dengan sedikit usaha dan minim biaya, tetapi dapat meningkatkan peringkat produk.

5. Meningkatkan profit usaha

Dengan jangkauan pasar yang luas, kemudahan akses informasi bagi konsumen dan biaya promosi digital yang kecil, mengakibatkan keuntungan yang didapat pun semakin besar. Semakin besar jangkauan pasar perusahaan, semakin besar kemungkinan untuk mendatangkan konsumen.

6. Potensi Penghasilan Tanpa Batas

Inilah yang penting. Bisnis digital yang dipasarkan secara online memiliki potensi penghasilan yang tidak terbatas. Bayangkan bahwa pelanggan kamu datang dari seluruh dunia. Tentu saja, omsetmu akan berlipat ganda semakin banyak.

Dengan kemudahan dan keunggulan teknologi digital, bisnis perlahan bergerak menuju modernisasi. Akibatnya, persaingan perusahaan digital ke depan akan semakin ketat, seperti halnya banyak perusahaan yang melakukan digitalisasi bisnisnya.

Persaingan digitalisasi bisnis yang perlahan tapi pasti semakin ketat menuntut kamu untuk terus menciptakan strategi digital marketing yang kreatif dan inovatif untuk menarik pasar. Mendigitalkan bisnismu lebih awal tidak menjamin kamu akan memenangkan persaingan bisnis digital di masa depan.

Untuk bertahan dalam pertarungan, kamu harus terus belajar perkembangan teknologi digital marketing. Dimulai dengan meningkatkan pemahaman tentang bisnis itu sendiri, mengembangkan teknik digital marketing terbaru dan belajar dari mereka yang telah berhasil mendigitalkan bisnisnya.