3+ Cara Mencegah Jamur Kaca Mobil Selama Musim Hujan

Artikel ini terakhir diperbarui pada 01 Februari 2023.

Penumpukan jamur pada kaca mobil menjadi momok yang menjengkelkan bagi pemilik mobil, terutama di musim hujan. Untuk alasan ini, sangat penting untuk mencegah pembentukan jamur di kaca mobil.

Jamur di kaca mobil dapat mengaburkan pandangan saat berkendara. Selain itu, munculnya jamur juga dapat mengurangi estetika mobil.

3 Tips mencegah jamur pada kaca mobil

1. Rajin Mencuci Mobil

Usahakan rajin mencuci mobil sehabis hujan. Karena air hujan mengandung kandungan asam yang cukup tinggi. Cara terbaik untuk menghilangkan asam adalah dengan mencuci dan mengeringkan mobil. Kemudian lap hingga kering dan jangan sampai ada sisa air yang menempel.

2. Pembersih Jamur

Cara kedua bisa dengan menggunakan cairan pembersih kaca khusus. Pembersih ini dapat ditemukan di banyak toko mobil. Namun perlu diingat bahwa pembersih jamur yang baik memberikan hasil yang optimal. Untuk mobil Eropa sebaiknya menggunakan pembersih kaca khusus untuk mobil Eropa.

3. Poles Kaca

Jika jamur yang menempel terlalu sulit untuk dihilangkan, yang terbaik adalah membawanya ke tempat pemoles. Pilih layanan pemolesan kaca untuk menghilangkan jamur. Tempat pemoles biasanya menggunakan obat khusus yang jauh lebih efektif menghilangkan jamur kaca. Cara menggunakannya juga perlu menggunakan mesin poles.

Biaya yang dikeluarkan tentunya akan berbeda-beda di setiap tempat. Biayanya berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta untuk poles kaca mobil.

Nah, itulah 3 cara untuk mencegah kaca mobil berjamur. Jamur dapat mengurangi visibilitas dan mengurangi estetika kendaraan. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan pencegahan kaca berjamur pada mobil kesayangan.