5+ Penyebab Ban Tubles Sering Kempes

Artikel ini terakhir diperbarui pada 31 Januari 2023.

Apa penyebab ban tubles bocor? Ban tubles atau ban tubeless memiliki keunggulan daya tahan dan kekuatan jika tiba-tiba tertusuk benda tajam. Ya, ban ini tidak cepat habis anginnya.

Namun sayangnya ada saja masalah dengan ban tubeless yang sering kempes. Jika demikian, itu pasti sangat menjengkelkan.

5 Penyebab ban tubles sering kempes

1. Tekanan Angin Memang Sudah Berkurang

Ban tubeless sering kempes, salah satu faktornya adalah tekanan angin yang menurun. Hal ini biasa terjadi pada ban yang menggunakan udara bertekanan sebagai komponen utamanya.

Udara bertekanan di ban dapat menyusut atau memuai saat suhu berubah. Ketika suhu tinggi, udara mengembang. Sebaliknya, ketika suhu dingin, udara menyusut. Mobil yang sudah lama tidak digunakan juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Akhirnya inilah yang sering menyebabkan ban tubeless menjadi kempes.

2. Kondisi Pentil Ban Rusak

Pentil ban yang terbuat dari karet dapat mengeras dan menjadi rapuh seiring waktu. Ini menciptakan celah di sekitarnya. Udara di dalam ban keluar, menciptakan masalah kempes.

Masalah yang dimulai dengan pentil ban juga dapat disebabkan oleh pemasangan yang tidak tepat. Sedangkan penutup pentil berfungsi untuk melindungi pentil ban dari terpaan debu. Jika tidak ditutup dengan benar, kotoran akhirnya bisa masuk dan merusaknya.

Oleh karena itu, kamu harus mengecek apakah pemasangan pentil sudah benar atau belum agar tidak mudah rusak. Pemasangan pentil harus benar dari ujung pentil hingga tutupnya, jangan sampai kurang rapat.

3. Kondisi Karet Ban Sudah Getas

Karet ban yang sudah getas menjadi salah satu penyebab masalah ini. Pada dasarnya, ban memiliki batas waktu pemakaian setelah diproduksi.

Jangan gunakan ban yang diproduksi 6 tahun lalu. Meski masih tebal, namun bagian sampingnya mungkin terlihat retak. Itu artinya kondisi karet ban sudah keras dan getas. Tidak disarankan untuk digunakan.

4. Ban Tertusuk Benda Tajam yang Tetap Menempel

Seperti yang sudah dijelaskan, ban tubeless yang tertusuk benda tajam memang bisa mengempis. Namun, jika kamu tidak menyadari bahwa benda tajam itu masih menempel padanya, maka masalah ban kempers terjadi terus menerus.

Meski kondisi ini tergolong kebocoran halus karena benda tajam masih bisa menahan kebocoran udara dalam jumlah besar, bukan berarti harus dibiarkan begitu saja. Sebaiknya segera lepaskan benda tajam yang ada di tambalan ban agar tusukan dapat diperbaiki.

5. Masalah Pada Velg

Masalah velg yang sering menyebabkan ban bocor adalah kondisinya yang kurang baik dan berkarat. Peyang di bagian velg menyebabkan dudukan ban tidak dapat menempel rapat sekaligus mengisolasi udara di dalamnya.

Mengapa velg bisa peyang? Biasanya disebabkan oleh mobil yang sering menabrak lubang dengan kecepatan tinggi. Lambat laun, roda pasti akan menjadi peyang.

Dari sekian banyak penyebab ban tubeless yang sering kempes, mana yang sering kamu alami? Jadi jangan lupa untuk rutin mengecek kondisi ban. Meskipun teknologi ban bagus, kontrol tetap wajib. Hindari juga untuk kendaraan melaju di daerah berbatu atau berkerikil.