5 Aplikasi Pelacak Nomor Handphone Terbaik 2022

Artikel ini terakhir diperbarui pada 24 Januari 2023.

Apakah kamu sering mengalami panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal? Panggilan dari nomor tak dikenal memang menyebalkan, apalagi jika ternyata si penelepon adalah scammer alias penipu. Untuk mencegah penipuan, kamu bisa melacak nomor HP tersebut menggunakan aplikasi.

5 Aplikasi pelacak nomor handphone terbaik 2022

1. TrueCaller, langsung blok nomor gelap

Aplikasi TrueCaller tersedia untuk pengguna Android dan iOS. TrueCaller memiliki fitur yang terkait dengan database global nomor telepon untuk melacak nomor telepon yang tidak dikenal. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bahkan tidak perlu mengunggah kontakmu secara online. Kamu dapat mengetahui nama penelepon yang meneleponmu meskipun kamu tidak menyimpan nomor teleponnya.

Jika kamu dihubungi oleh nomor telepon yang tidak dikenal, kamu dapat segera memblokir nomor telepon tersebut agar tidak mengganggumu. Apakah kamu sering mendapat tawaran telepon dari telemarketing produk? Jika iya, kamu juga dapat memblokir nomor telepon dari daftar kontakmu.

2. GetContact, punya database sangat besar

Salah satu aplikasi pelacak nomor handphone terpercaya yang bisa kamu gunakan adalah GetContact. Kamu dapat menggunakan aplikasi di ponsel Android, iPhone dan Huawei.

Sebelum menggunakan aplikasi GetContact, kamu akan diminta untuk menyetujui pembagian database kontak. Ya, informasi nomor HP di aplikasi ini berdasarkan kumpulan database pengguna. Semakin banyak pengguna, semakin besar database GetContact. GetContact sendiri mengklaim sudah ada 100 juta pengguna yang menggunakan aplikasi tersebut.

Kamu dapat langsung mencari nomor ponsel misterius dengan GetContact. Jika ada pengguna GetContact lain yang telah menyimpan nomor misterius tersebut, kamu dapat mengetahui nama pemilik nomor ponsel tersebut. Jika ada nomor telemarketer juga bisa langsung ditemukan, asalkan tersimpan di database pengguna lain.

Menariknya, kamu bisa mengetahui nama mana saja yang tersimpan dalam bentuk #tags. Sekedar iseng, coba cari sendiri nomor hp kamu dan lihat #tagname apa yang digunakan untuk menyimpan nomor kamu.

GetContact sendiri sebenarnya bisa digunakan secara gratis. Namun, penggunaannya cukup terbatas. Jumlah nomor ponsel yang dicari tidak sebanyak versi premium atau berbayar.

3. HLR Lookup, langsung mendeteksi lokasinya

Aplikasi HLR Lookup merupakan aplikasi yang umum digunakan oleh pengguna Android di Indonesia. Aplikasi ini dapat mendeteksi lokasi seseorang melalui nomor teleponnya. Basis data yang digunakan mengakomodasi jaringan operator seperti Telkomsel, Indosat, XL dan layanan channel berbasis kode area.

Untuk melacak penelepon, kamu dapat memasukkan nomor telepon atau memasukkan kontak dari daftar kontak di ponselmu. Jika sudah, aplikasi HLR Lookup akan melakukan pencarian lokasi yang akan muncul dalam bentuk peta. Kamu dapat memprediksi siapa yang akan meneleponmu dari lokasi tersebut. Fungsi deteksi lokasi juga memungkinkan kamu untuk mendeteksi keberadaan ponselmu jika dicuri atau tertinggal saat beraktivitas.

4. Mobile Number Tracker Pro, cepat dan cukup akurat

Aplikasi Mobile Number Tracker Pro dapat diakses oleh pengguna Android dan iOS. Cakupan layanan aplikasi ini dapat mengidentifikasi nomor telepon dari seluruh dunia, mulai dari Amerika Serikat, Kanada, Eropa, dan Asia.

Akses identifikasi pada aplikasi ini dapat memberikan informasi yang detail dalam waktu yang cepat. Kamu dapat mengetahui siapa yang meneleponmu, operator mana yang digunakan dan bahkan lokasi pengguna nomor telepon.

Tampilan aplikasi ini dibuat dengan desain yang simple dan mudah dipahami. Selain itu, kamu bahkan dapat mengubah warna huruf dan aplikasi sesuai keinginan.

5. Whoscall, mampu mendeteksi basis data dari seluruh dunia

Whoscall adalah aplikasi Gogolook yang paling dikenal. Aplikasi ini memiliki fungsi identifikasi pemanggil otomatis dengan mendeteksi database dari seluruh dunia. Layanan aplikasi ini sudah tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Sayangnya, sejak diluncurkan di Taiwan, cakupan layanan aplikasi ini baru menyebar ke Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Thailand, dan Brasil.

 

Demikianlah beberapa aplikasi pelacan nomor handphone terbaik di tahun 2022. Kamu bisa memimilih salah satu aplikasi yang cocok untuk mencegah gangguan dari nomor telpon yang tidak dikenal.