5+ Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik 2023

Artikel ini terakhir diperbarui pada 22 Januari 2023.

Pernahkah kamu merasa komputermu lambat, data di komputer tidak dapat diakses atau bahkan hilang, atau komputer restart dengan sendirinya? Hati-hati karena komputermu mungkin memiliki virus.

5 Rekomendasi antivirus gratis terbaik untuk kamu.

1. Kaspersky Security Cloud Free

Kaspersky selalu menjadi nama besar di industri antivirus komputer. Dalam laporan independen baru-baru ini dari SE Labs, Kaspersky menduduki puncak daftar untuk perlindungan (pada komputer Windows). Untuk menggunakan perangkat lunak antivirus gratis terbaik ini, kamu dapat menginstal versi gratis atau versi berbayar dari perangkat lunak Kaspersky Security Cloud ini.

Dengan paket gratis, kamu mendapatkan perlindungan antivirus inti, termasuk perlindungan untuk file, email dan ancaman berbasis web, pembaruan otomatis, karantina, dan banyak lagi. Untuk mengakses fitur kontrol orang tua atau keamanan pembayaran online, pengelola kata sandi atau VPN, kamu perlu mengakses versi berbayar. Tidak hanya untuk komputer, Kaspersky juga menawarkan versi Android dengan perlindungan antivirus untuk ponsel, yang telah menerima nilai tinggi dalam pengujian terbaru dari lab pengujian independen tepercaya AV-Test.

2. Avast One Essential

Selain perlindungan dasar, Avast Free Antivirus memberikan perlindungan terhadap ancaman yang tidak diketahui menggunakan Behavior Shield. Fitur ini dapat mencegah perangkat lunak yang sebelumnya berperilaku baik tiba-tiba melakukan tindakan yang tidak dapat dipercaya yang dapat membahayakan identitas dan datamu. Ada juga pengelola kata sandi yang praktis, sehingga kamu bisa membuka situs lebih cepat di browsermu. Versi gratisnya juga dapat memindai jaringan Wi-Fi dan memperingatkanmu jika ada penyusup di perangkatmu. Perlindungan ransomware juga tersedia untuk pelanggan yang membayar.

Avast Free Antivirus adalah perangkat lunak antivirus gratis terbaik untuk menghentikan malware. Perangkat lunak antivirus gratis terbaik ini tersedia untuk Windows, MacOS, Android dan iOS. Perangkat lunak mereka mendapat nilai tertinggi dari AV-Test, sementara SE Labs menempati peringkat ketiga untuk perlindungan total yang mereka berikan.

3. AVG Antivirus Free

AVG adalah perusahaan milik Avast, jadi kedua produk antivirus gratis terbaik ini menggunakan engine yang sama dan memiliki tingkat perlindungan yang sama. Paket gratis AVG mencakup antivirus, ransomware, spyware, dan bentuk perlindungan lainnya terhadap malware. AVG Antivirus Free menawarkan enam jenis pemindaian yang berbeda, termasuk pemindaian perangkat, USB/DVD, pemindaian file atau folder tunggal, dan pemindaian waktu booting. Program antivirus gratis terbaik ini berjalan sebelum Windows diaktifkan sepenuhnya sehingga mereka dapat memata-matai dan melindungi perangkatmu sebelum malware memiliki kesempatan untuk membahayakan komputermu.

Selain itu, AVG juga memperingatkan kamu tentang tautan web yang tidak aman dan memblokir lampiran email yang tidak aman. Jika kamu menginginkan perlindungan lebih, kamu dapat memperbarui versi berbayar dari perangkat lunak AVG Antivirus ini. AVG tersedia untuk Windows, MacOS, Android, dan iOS.

4. Bitdefender Antivirus Free Edition

Software antivirus terbaik ini tersedia gratis untuk Windows 10, MacOS, Android dan iOS untuk satu PC. Kamu juga dapat membeli Bitdefender Total Security 2020 versi berbayar seharga $40 per tahun untuk lima PC (harga promosi untuk tahun pertama, $90 setelah itu). Antivirus gratis terbaik dari Bitdefender ini menawarkan fitur pemantauan waktu nyata untuk perlindungan terhadap virus, malware, spyware, dan ransomware.

Bitdefender Antivirus Free Edition sangat ramah pengguna dan memiliki perlindungan berbasis AI yang baik. Ukuran software ini juga ringan, sehingga tidak akan memperlambat komputermu dalam penggunaan PC sehari-hari. Bitdefender secara konsisten mendapat nilai tertinggi untuk perlindungan antivirus dan kegunaannya dari AV-Test. Dalam laporan baru-baru ini, Bitdefender mendapat skor 100% untuk perlindungan dan hanya kehilangan setengah dari skor karena lambatnya waktu yang dibutuhkan untuk meluncurkan perangkat lunak saat perangkat lunak sedang berjalan.

5. Sophos Home Free

Sophos Home Free adalah antivirus gratis terbaik yang tersedia untuk Windows dan MacOS. Dengan perlindungan virus untuk 3 PC Windows ditambah uji coba 330 hari untuk alat penghapus malware perusahaan. Mereka juga menawarkan versi berbayar seharga $42 pertahun untuk 10 PC. Pada versi gratis, mereka menawarkan fitur identifikasi dan blokir malware yang belum pernah dilihat sebelumnya – termasuk kemampuan pembelajaran mendalam. Fitur gratisnya menawarkan perlindungan dari virus komputer, malware, Trojan, worm, bot, aplikasi yang mungkin tidak diinginkan (PUA), ransomware, dan banyak lagi.

Kamu juga dapat mengontrol konten yang dilihat anak-anak secara online. Cara kerja mereka adalah dengan memanfaatkan database daftar hitam SophosLabs yang luas untuk memblokir situs web yang berbahaya. Sehingga dapat mengamankan beberapa PC dan Mac di lokasi manapun dari antarmuka web sederhana.