3+ Tips Investasi Tanah yang Menguntungkan

Artikel ini terakhir diperbarui pada 15 Januari 2022.

Investasi tanah mungkin dianggap sebagai jenis bisnis yang paling menguntungkan. Karena harga sebidang tanah terus meningkat. Penyebutan kata jual beli sama sekali tidak menunjukkan penurunan harga tanah. Hal inilah yang pada saat itu menggiring individu-individu dengan modal tinggi untuk menyisihkan uang sebagai tanah. Apalagi jika tanah tersebut bisa menjadi tanah esensial, tentu biayanya akan jauh dari harga resmi.

Padahal, jelas bahwa tanah adalah keputusan yang panjang. Karena menjual tanah tidak berarti kamu menjual barang atau emas, kamu akan menghasilkan uang pada hari itu. Ini sama sekali bukan rentang waktu yang umumnya berkepanjangan bagi kamu untuk mendapatkan manfaat paling ekstrem. Jangka waktu terbaik untuk menerima imbalan dari usaha tanah ini adalah 5 tahun. Tentu saja selama masa menunggu kamu dapat membuat lahan untuk usaha atau budidaya.

Investasi tanah juga membutuhkan modal yang umumnya besar, tentunya sesuai dengan keuntungan yang bisa diperoleh nantinya. Hal inilah yang nantinya menjadi daya tarik tersendiri dari usaha tanah tersebut karena dengan sedikit ketekunan kamu akan mendapatkan hasil berupa pundi-pundi rupiah yang menggiurkan. Kita tentu mengharapkan kesuksesan dalam bisnis, petualangan, atau investasi apa pun.

Tips investasi tanah yang menguntungkan

1. Perhatikan lokasi tanah

Untuk alasan apa sangat penting untuk fokus pada area tanah karena area ini akan mempengaruhi harga jual tanah di kemudian hari. Ada beberapa tempat yang mungkin akan ramai dikunjungi 5-10 tahun mendatang. Misalnya, bisa menjadi tempat mekanik, komunitas pribadi, atau bahkan fokus bangunan retret. Pasalnya, kawasan ini akan memiliki harga jual tanah yang lebih tinggi dibandingkan kawasan lainnya. Karena semakin vital area propertimu, semakin mahal pula harga jualnya.

Mungkin tempatnya tidak sibuk saat ini tetapi jika ada potensi atau menjadi pusat perhatian tim maka kamu tentu harus mempertimbangkan hal ini. Karena dalam investasi ini kamu harus memiliki patokan untuk 5 tahun ke depan. Selain itu, selain perubahan peristiwa dan perkembangan penduduk yang cepat, pertama harga tanah yang sederhana sekarang menjadi mahal dan akan menjadi semakin mahal. Ini adalah kesempatan yang harus kamu manfaatkan. Sebab, tempat yang ramai, pusat kota, padahal dulunya hanya tempat sepi.

2. Legalitas atau kelengkapan surat tanah

Dari semua hal, hal terpenting dalam urusan pertanahan adalah konsisten fokus pada pemenuhan legalitas tanah. Hal ini karena ini adalah nilai jual dari investasi tanah. Usahakan jangan sampai investasi ini nantinya berujung pada kemalangan melalui sengketa tanah karena tidak adanya legitimasi. Jadi teliti semua puncak dari wasiat tanah. Sehingga kedepannya tidak akan menimbulkan masalah. Berdasarkan bukti, atau akta tanah, retribusi tanah dan bangunan dan kepatuhan hukum lainnya.

3. Harga tanah saat dibeli

Tips investasi tanah berikut ini adalah dengan mengandalkan harga tanah yang akan dibeli. Karena jika banderol harganya terlalu mahal dan tidak sesuai dengan nilai jual, keuntungan kamu akan terdiskon atau bahkan sulit untuk mendapatkan keuntungan. Pikirkan tentang biaya yang masuk akal dengan cara ini. Maka jangan membeli terlalu mahal. Akibatnya, keuntungannya kecil.