Langkah Awal Memulai Bisnis Online Agar Sukses

Artikel ini terakhir diperbarui pada 18 Januari 2023.

Bisnis atau usaha online merupakan jenis bisnis yang banyak diminati di era modern seperti sekarang ini. Dengan jumlah pengguna internet yang begitu banyak, peluang bisnis online sangat besar untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Apalagi dengan adanya berbagai media sosial dapat memudahkan kita untuk mempromosikan bisnis online kita sehingga semakin menarik pelanggan di seluruh tanah air bahkan luar negeri.

Dengan modal yang relatif kecil membuat bisnis online banyak diminati banyak orang, dengan beberapa bisnis offline harus mengeluarkan budget yang banyak, termasuk untuk tempat di lokasi ramai.

Berbeda dengan berbisnis online yang bisa dilakukan dengan berani dan saat ini ada banyak platform yang menawarkan lapak gratis dan kita bisa membuat toko online sendiri melalui platform ini tanpa mengeluarkan uang.

Langkah Awal Memulai Bisnis Online

Mendapatkan peluang besar untuk sukses di bisnis online, banyak orang berlomba-lomba membangun bisnis online dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Namun semua itu harus dimulai dari bawah ke atas dan melalui berbagai fase dan juga hambatan dalam membangun bisnis.

Jika kamu tidak yakin dengan langkah awal yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online, berikut ini saya akan memberikan beberapa tips bagaimana membangun bisnis online agar kamu bisa memulai bisnis online, terus berkembang kedepannya.

 

Menentukan Produk atau Jasa

Untuk memulai bisnis online pasti ada namanya produk atau jasa yang kita tawarkan, jika ingin menjual suatu produk harus mengetahui kebutuhan konsumen kedepannya apakah peminatnya tinggi atau rendah, lihat juga sejarah peminatnya dalam produk dalam beberapa bulan atau tahun terakhir, apakah trennya stabil atau hanya dijual pada waktu-waktu tertentu.

Dan kita juga perlu mengetahui kebutuhan dan audiens yang kita targetkan, misalnya jika targetnya adalah laki-laki maka tidak mungkin kamu menjual produk kecantikan kepada mereka bukan? Sebagai penjual, kamu juga perlu mengetahui tren terkini agar apa yang kamu jual dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Jika kamu membuka bisnis online dalam bentuk jasa, maka kamu harus sesuaikan dengan keterampilan yang kamu miliki. Karena jika kamu tidak memiliki keahlian, kamu tidak dapat mengembangkan bisnis tersebut.

 

Pembuatan Nama Yang Cocok

Setelah kamu menentukan ide bisnis, kamu perlu menentukan nama bisnis yang akan kamu bangun. Menentukan nama harus sangat hati-hati karena nantinya nama ini akan menjadi identitas bisnis yang kamu miliki.
Gunakan nama unik yang belum pernah dipakai oleh orang lain, jangan meniru nama perusahaan besar, karena nantinya menjadi masalah jika pemilik nama tersebut menggugat bisnis kita.

Dalam memilih nama sebaiknya disesuaikan dengan bisnis yang akan kita jalani agar orang lain mengetahui produk yang kita jual, walaupun hanya mendengar namanya saja. Jangan sampai nama bisnis kita tidak sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan, misalnya nama perusahaan “Beauty Skincare” tentu tidak sesuai jika produk yang kita jual adalah makanan.

 

Membuat Logo Yang Menarik

Setelah menentukan nama bisnis, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat logo bisnis yang akan kamu bangun. Logo ini menjadi identitas bisnismu, sehingga dapat dengan mudah dikenali dan diingat oleh pelanggan kami nantinya.

 

Membuat Kemasan Yang Menarik

Setelah menentukan produk, nama dan logo, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat desain kemasan produk, atau jika kamu menawarkan produk jasa, kamu dapat membuat desain penawaran agar orang lain dapat dengan mudah memahami apa yang kita jual.

Membuat desain untuk barang atau jasa manufaktur akan menjadi proses yang sangat panjang. Oleh karena itu, hasil desain atas barang atau jasa yang dihasilkan merupakan hal terpenting bagi perusahaan. Bahkan desain pada produk itu sendiri sangat sensitif. Karena itu menentukan sukses tidaknya suatu bisnis.

 

Tentukan Harga

Hal terpenting dalam bisnis online adalah keuntungan yang kamu peroleh, untuk itu kamu harus menentukan berapa harga yang tepat untuk produk yang kamu jual. Jumlahkan total modal yang dikeluarkan dalam proses produksi produk tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa harga tersebut sesuai dengan produk yang kamu jual.

Tentu ada perbedaan antara menjual barang dan jasa, kamu perlu meneliti harga produk sejenis di pasaran agar harga produk yang kamu jual dapat bersaing dengan kompetitor yang menjual produk sejenis.

Namun berbeda dengan harga jasa, tidak ada patokan harga karena ada hal yang memungkinkan penjual memberikan harga tinggi, yaitu kualitas hasil pelayanan. Dimana semakin tinggi harga maka semakin baik kualitasnya.