Aplikasi Scan Foto dan Dokumen di HP Android Terbaik 2022

Artikel ini terakhir diperbarui pada 12 Januari 2023.

Kecanggihan perangkat mobile kini telah mempermudah beberapa kebutuhan, termasuk scan foto dan dokumen. Memiliki aplikasi scan foto atau dokumen di ponselmu sudah menjadi salah satu aplikasi penting yang harus kamu unduh. Apalagi jika kamu seorang pekerja kantoran atau mahasiswa yang masih kuliah.

Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google PlayStore dan AppStore untuk kebutuhan khusus scan dokumen dan foto, tetapi di antara banyak, tentu saja, ada beberapa aplikasi yang paling banyak digunakan karena efektivitas dan kecanggihannya.

5 aplikasi scan foto dan dokumen terbaik untuk ponsel android

1. Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator

Adobe Scan adalah salah satu aplikasi pemindai dokumen paling populer karena telah digunakan oleh lebih dari 1,6 juta unduhan. Dalam aplikasi Adobe Scan, pengguna dapat menandai semua data penting seperti memindai dokumen bahkan struk.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan lebih mudah membaca dokumen yang dibutuhkan. Kamu juga dapat mengirim dokumen melalui email atau cadangan melalui Cloud.

Adobe Scan dapat memindahkan berbagai jenis dokumen. Namun, aplikasi ini cukup berat dan alat yang tersedia tidak ramah bagi orang yang tidak begitu akrab dengan Adobe.

 

2. PhotoScan by Google Foto

Aplikasi ini tidak hanya sempurna untuk memindai foto, tetapi juga bagus untuk memindai dokumen. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah dapat menghasilkan gambar yang sempurna dan tidak silau dengan alur perekaman langkah demi langkah yang sederhana.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur cropping otomatis berdasarkan deteksi tepi, pemindaian persegi lurus dengan koreksi perspektif dan rotasi cerdas, sehingga foto pengguna tetap menghadap ke atas. Tak heran jika pengguna aplikasi PhotoScan by Google Photos telah melewati 145 ribu peringkat 4 bintang.

 

3. Microsoft Office Lens – PDF Scanner

Office Lens adalah aplikasi dari Microsoft yang khusus digunakan untuk memindai dokumen. Aplikasi ini cocok untuk keperluan sekolah atau bisnis.

Office Lens juga memberikan hasil berkualitas baik untuk hal-hal seperti kuitansi, papan tulis, sketsa, kartu nama, catatan, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, aplikasi pemindai dokumen di iPhone dan Android ini juga tersedia dalam bahasa Mandarin, Inggris, Spanyol, dan Jerman.

Kekurangannya adalah aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga tidak cocok digunakan oleh smartphone kelas menengah ke bawah.

 

4. ScanPro App – PDF Document Scanner

ScanPro – Pemindai Dokumen PDF yang dirancang oleh Doo GmBH berukuran sekitar 23 MB dan telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Aplikasi ini merupakan pemindai gambar atau dokumen yang hasilnya bisa berupa file JPG atau PDF. Kamu juga dapat mengedit teks dalam dokumen secara langsung dengan aplikasi ini.

Ukurannya yang ringan namun kamu juga bisa melakukan editing secara langsung merupakan kelebihan dari aplikasi ini. Namun, aplikasi ini tidak mendukung semua format gambar.

 

5. Simple Scan

Simple Scan adalah aplikasi untuk memindai dokumen PDF dengan tampilan yang sederhana, namun aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat file dalam format PDF atau JPEG.

Aplikasi pemindai terbaik di ponsel ini juga menawarkan beberapa mode pemrosesan gambar untuk kamu pilih, dan hasil akhirnya lebih jelas.

Pengguna juga mengupgrade ke versi pro seharga Rp73.000, namun dengan versi gratisnya sebenarnya banyak sekali fitur yang tersedia Aplikasi ini mudah digunakan walaupun fitur yang tersedia banyak. Untuk saat ini, aplikasi ini hanya dapat menyimpan file dalam format PDF dan JPG.

 

Nah itulah aplikasi scan foto dan dokumen yang bagus dan terbaik untuk hp android tahun 2022.