iPhone 15 Dilengkapi Lensa Periskop Bisa Zoom 10X

Artikel ini terakhir diperbarui pada 10 Januari 2023.

Apple iPhone 15 kabarnya akan hadir dengan lensa periskop yang mendukung 10x optical zoom. Teknologi ini telah dikabarkan selama dua tahun.

Analis Ming-Chi Kuo telah meramalkan pada tahun 2020 bahwa iPhone 13 akan mendapatkan lensa periskop. Namun, prediksi itu tidak pernah menjadi kenyataan.

Dan pada tahun 2021, Kuo menyatakan bahwa Apple akan meluncurkan lensa periskop di iPhone 15. Sekarang, sepotong informasi menarik menunjukkan bahwa lensa periskop akan tersedia di setidaknya satu model iPhone 15 yang akan datang.

Lensa periskop mengacu pada pengaturan telefoto panjang yang ditempatkan di modul kamera ponsel. Ini meningkatkan kemampuan zoom keseluruhan perangkat.

Dalam laporan baru dari MacRumors, analis Jeff Pu menggemakan spekulasi Kuo. Menurut Pu, setidaknya salah satu iPhone yang diluncurkan pada 2023 bisa memiliki lensa periskop.

Lensa tersebut kabarnya akan menawarkan kemampuan zoom yang lebih baik dari pendahulunya. Selain itu, analis menyarankan bahwa lensa periskop akan menawarkan kemampuan zoom 10x yang mengesankan.

Sebagai pengingat, iPhone 13 hadir dengan 3x zoom. Industri smartphone tidak asing dengan lensa periskop. Flagship Android telah memiliki lensa telefoto sejak lama. Faktanya, ini adalah salah satu fitur paling menonjol dari Samsung Galaxy S21 Ultra.

IPhone 15 diharapkan menjadi resmi pada tahun 2023. Ini memberi Apple banyak waktu untuk mempersiapkan peluncuran iPhone pertama yang dilengkapi dengan lensa periskop di pasar.

Sayangnya, masih belum jelas model iPhone 15 mana yang akan menyertakan lensa periskop. Namun, 91mobiles berspekulasi bahwa itu bisa menjadi model iPhone 15 Pro atau iPhone 15 Pro Max, atau keduanya.

Hingga saat ini, detail tentang seri iPhone 15 masih sangat minim. Namun laporan sebelumnya bahkan mengklaim bahwa raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino itu akan membuang slot kartu SIM di iPhone 15 Pro.

Perkembangan baru mengungkapkan bahwa iPhone yang akan datang akan menggantikan punch cutout. Selain itu, iPhone 14 kemungkinan akan memiliki kamera utama 48MP. Panel belakang menampung dua kamera 12MP.

Di bagian depan, ponsel kemungkinan akan menampilkan penembak 12MP untuk selfie dan panggilan video.

IPhone 15 dapat memiliki layar 6,1 inci dan kemungkinan akan menyertakan chip Apple A14 Bionic, dipasangkan dengan RAM 8GB. Sedangkan kapasitas baterainya diperkirakan 4200mAh.