Aplikasi Speed Test WiFi Terbaik di Januari 2022

Artikel ini terakhir diperbarui pada 04 Januari 2023.

Terkadang kita penasaran dengan kecepatan internet atau layanan WiFi yang kita gunakan. Nah ternyata ada aplikasi tes kecepatan WiFi yang bisa kita install untuk mengecek kecepatannya.

Internet telah menjadi kebutuhan sentral untuk menunjang aktivitas manusia di era digital. Tidak jarang internet membuat semakin banyak orang yang bergantung pada internet untuk pekerjaannya.

Dalam sistem kerjanya, jaringan internet memiliki kecepatan koneksi untuk memudahkan proses pencarian, semakin cepat semakin efektif fungsi internet.

Kecepatan internet biasanya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Koneksi internet yang lambat tentu bisa menjadi masalah.

Maka untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet dari jaringan wifi tempatmu aktif secara digital, kamu memerlukan aplikasi network meter atau tes kecepatan wifi.

Aplikasi speed test terbaik untuk cek speed koneksi internetmu

1. Speedtest.net

Pengecekan kecepatan internet tanpa aplikasi online dapat dilakukan melalui website speedtest.net. Syaratnya kamu hanya perlu terkoneksi dengan koneksi internet atau sinyal yang stabil untuk mengakses website init.

Kamu melakukan ini dengan membuka situs web speestest.net dan memilih opsi “GO” di tengah halaman untuk menguji kecepatan internet.

Speedtest.net menghitung kecepatan internet secara real time. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat hingga hasil perhitungan selesai.

Jangan membuka media atau situs lain saat mengecek kecepatan internet agar hasilnya lebih akurat. Hasil tes internet menunjukkan ukuran berapa MB kecepatan data saat mengunduh atau mengunggah file.

Speedtest juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang mudah diunduh di situs speedtest.net, tersedia iOS, Android, Windows, Mac dan versi lainnya.

2. SpeedTest SpeedSmart

SpeedTest SpeedSmartt adalah aplikasi untuk mengukur kecepatan internet di berbagai sistem operasi, termasuk iOS dan Android, baik melalui seluler (3G, 4G, LTE) dan koneksi Wi-Fi.

3. Aplikasi Speed Test Wifi FAST.com

FAST.com adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet pada mobile atau broadband di seluruh dunia. Dengan aplikasi gaya sederhana dan sederhana yang efektif dan mudah digunakan, serta bebas iklan.

FAST.com dapat diunduh dan diinstal di iOS dan Android dan diberi peringkat 4,9 dari 5 oleh Apple Apps dan 4,5/5 oleh Google Play Store.

4. Bandwidth Place

Situs Bandwidth Place dapat digunakan untuk memeriksa kecepatan wifi online di rumah atau kantor. Kamu hanya perlu pergi ke situs web dan pilih menu Start.

Tunggu Bandwidth Place untuk menyelesaikan proses perhitungan. Hasilnya ditampilkan dalam bentuk ping, kecepatan unggah dan unduh.

5. CBN Speed Test

CBN Speed ​​Test adalah penyedia layanan yang sangat akurat untuk pengecekan kecepatan internet, tes kecepatan internet di Wifi juga bisa dilakukan dengan website CBN Speed ​​Test.

Kunjungi website CBN Speedtest dan pilih menu “Begin Test” untuk memulai proses.

Speedtest CBN akan secara otomatis menjalankan proses perhitungan untuk menguji koneksi internet Wi-Fi kamu. Proses selesai ketika CBN Speedtest menampilkan hasil pemeriksaan di layar.

Hasil perhitungan tersebut antara lain kecepatan upload, download, ping dan lain sebagainya. Dengan hasil tersebut, kamu dapat memperkirakan kecepatan internet rata-rata yang kamu gunakan saat ini.

 

Nah itulah aplikasi tes kecepatan wifi atau internet yang bisa kamu coba.