5 Tanda Ban Mobil Harus di Spooring dan Balancing

Artikel ini terakhir diperbarui pada 03 Januari 2023.

Spooring dan Balancing pada roda mobil sangat diperlukan untuk kestabilan kendaraan saat berkendara. Di kedua cara tersebut, roda kendaraan akan lurus dan seimbang sehingga mobil tidak mudah goyang.

Indikasi mobil harus di spooring dan balancing

1. Setir Bergetar

Roda yang bermasalah biasanya memengaruhi kemudi. Kamu akan merasakan getaran pada roda kemudi jika roda mengalami masalah. Hal ini dapat membuat mobil tidak stabil saat digunakan.

Roda kemudi yang bergetar biasanya menunjukkan putaran roda yang tidak seimbang. Jika pengemudi merasakan ini berulang kali selama beberapa perjalanan, itu adalah tanda bahwa roda mobil perlu mulai melacak dan menyeimbangkan.

2. Mobil Berbelok sendiri Saat Jalan Lurus

Karena ketidakseimbangan roda, mobil akan berbelok dengan sendirinya. Situasi ini tentu sangat berbahaya, karena mobil berbelok dengan sendirinya, meski berada di jalan lurus. Ini menandakan ada yang tidak beres dengan roda mobil.

Biasanya putaran roda yang tidak seimbang menyebabkan roda kemudi bergerak sendiri karena roda tidak bergerak lurus atau searah. Jika kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya periksa dan lacak serta seimbangkan mobil.

3. Setir Berat

Gejala lain dari roda bermasalah adalah setir yang terasa berat. Kemudi yang berat biasanya membuat pengemudi tidak nyaman dan menghabiskan lebih banyak tenaga. Hal ini biasanya dirasakan saat setir diputar, setir akan cenderung meilintir dan memutar kembali dengan arah yang berlawanan.

4. Goncangan Mobil

Roda mobil perlu mendapatkan spooring dan balancing, ketika ada goncangan yang terjadi pad amobil walaupun jalan yang dilalu tidak bergelombang dan cenderung baik dan mulus. Guncangan ini terjadi karena ban yang bekerja tidak seimbang.

5. Mobil Hilang Keseimbangan

Performa ban yang bermasalah akan menyebabkan mobil menjadi tidak seimbang saat digunakan. Dan ini sangat berbahaya ketika mobil melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi. Biasanya mobil bisa tidak stabil saat melaju di jalan bergelombang. Ketika ini terjadi, saatnya roda untuk spooring dan balancing.