7+ Ide Bisnis dari Ban Bekas

Artikel ini terakhir diperbarui pada 02 Januari 2023.

Dalam menjalankan bisnis, seorang pebisnis harus dapat melihat segala macam kemungkinan yang ada di sekitarnya, selain itu para pebisnis harus selalu dapat berpikir kreatif dan inovatif ketika melihat sumber daya yang ada.

Salah satu ide bisnis yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan daur ulang ban bekas. Apa saja ide bisnis potensial ban bekas? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Ide Bisnis Ban Bekas

Prinsip seorang wirausahawan adalah mengeluarkan modal sesedikit mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, salah satu cara menerapkannya dalam kehidupan adalah dengan mendaur ulang barang-barang yang masih layak pakai.

Ban bekas merupakan salah satu bahan yang bisa di daur ulang, berikut ide bisnis ban bekas yang paling potensial:

1. Lampu Hias

Ide bisnis ban bekas yang pertama adalah lampu hias, lampu hias dengan bahan dasar ban bekas akan terlihat lebih unik. Kamu dapat menggunakan lampu hias ini sebagai dekorasi ruangan yang dapat meningkatkan estetika ruangan.

2. Pot Bunga

Ide bisnis kedua seperti kotak bunga karena tren mengoleksi tanaman hias sebagai hobi tidak akan pernah hilang sehingga pengusaha dapat melihatnya sebagai potensi bisnis yang cukup menguntungkan.

3. Serbuk Karet

Ide bisnis ban bekas selanjutnya adalah supply rubber powder, perlu diketahui bahwa rubber powder memiliki banyak keunggulan. Beberapa di antaranya adalah bahan dasar bola, sarung tangan, lapangan futsal, karpet dan sepatu.

4. Kursi dan Meja

Ide bisnis keempat adalah memanfaatkan ban bekas sebagai bahan dasar furniture seperti kursi dan meja. Menjamurnya kedai kopi di Indonesia dapat dilihat sebagai peluang untuk membuat furnitur seperti kursi dan meja.

5. Wadah Serbaguna

Beberapa contoh container serbaguna yang menggunakan ban bekas sebagai bahan dasarnya adalah container payung, rak sepatu, gantungan kunci, dll.

6. Patung

Balke McFarland adalah contoh seniman yang menggunakan ban daur ulang sebagai bahan pembuatan patung. Di tangannya, bahan ban daur ulang menjadi sebuah karya yang fenomenal, setiap detail yang ia buat dalam gambar benar-benar mempesona setiap mata.

7. Pohon Buatan

Selain patung, kamu juga bisa menggunakan ban bekas untuk membuat pohon buatan sebagai penghias taman atau ruangan di sekitarmu.

 

Demikian sekilas tentang 7 ide bisnis ban bekas paling potensial, semoga bisa dijadikan referensi bagi kamu yang ingin memulai bisnis menggunakan ban bekas sebagai bahan dasar.