Periode Dukungan Resmi BlackBerry Berakhir

Artikel ini terakhir diperbarui pada 01 Januari 2023.

Sebelum perangkat Android masuk ke Indonesia, saat ini perangkat BlackBerry bisa dibilang salah satu merek ponsel yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan terutama karena perlindungan dan privasi datanya.

Tetapi era ponsel BlackBerry tampaknya akan segera berakhir karena baru saja mengumumkan bahwa mereka akan sepenuhnya menghentikan beberapa dukungan intinya mulai 4 Januari 2022.

Berdasarkan laporan dari Ubergizmo, BlackBerry secara resmi menghentikan dukungan dan layanan untuk BlackBerry OS 7.1 dan di bawahnya, perangkat lunak BlackBerry 10 dan BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan di bawahnya. Oleh karena itu, perangkat BlackBerry yang menggunakan sistem operasi atau perangkat lunak terkait tidak dapat digunakan untuk komunikasi, termasuk data, panggilan telepon, SMS, dan panggilan darurat.

Hal yang sama juga akan terjadi dengan beberapa layanan aplikasi BlackBerry, seperti BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager dan BlackBerry Blend akan dibatasi fungsinya.

Namun, juga dinyatakan dalam FAQ perusahaan bahwa BlackBerry Android tidak akan terpengaruh oleh infrastruktur layanan EOL (End of Life) kecuali mereka menerima email yang menyatakan bahwa perangkat mereka juga terpengaruh oleh penghentian shift.

Dalam FAQ yang sama, BlackBerry juga menyebutkan bahwa bagi pengguna BlackBerry yang layanannya akan segera dihentikan, sebaiknya mentransfer datanya ke perangkat lain sebelum 4 Januari 2022.