Sistem Operasi MIUI 13 Memiliki Sistem Keamanan Berlapis

Posted on

Kemarin pada upacara peresmian MIUI 13 yang dipimpin oleh Lei Jun, pendiri Xiaomi, sistem keamanan yang ditingkatkan diperkenalkan karena memiliki tiga lapisan otentikasi.

Nantinya, fitur yang dibuat bisa menjamin pengguna perangkat Xiaomi yang sudah menjalankan sistem MIUI 13 terbaru, karena bukan hanya smartphone yang bisa update ke OS.

Ini juga memungkinkan penggelaran beberapa perangkat Xiaomi dalam satu jaringan, termasuk smartphone, tablet, TV, perangkat smart wearable, perangkat rumah pintar, dan asisten suara XiaoAI.

Xiaomi mulai memperhatikan privasi sebagai hal yang penting bagi pengguna smartphone karena Xiaomi menerapkan proses otentikasi tiga lapis, meskipun fitur ini belum disebutkan dan akan dapat diakses di bagian mana pun di negara ini.

Selanjutnya, tiga lapisan keamanan dasar MIUI 13 terdiri dari lapisan pertama pengenalan wajah, diikuti dengan membaca tanda air ID pengguna, dan lapisan terakhir hingga yang disebut “perlindungan penipuan elektronik”.

Ini dapat memecahkan masalah yang dimiliki Xiaomi dengan keamanan minimal, karena seorang peneliti Lituania menemukan bahwa smartphone Xiaomi dapat mengirim data terenkripsi dari pengguna ke server di Singapura.

Cara kerja ketiga lapisan, yang dimulai dengan pengenalan wajah, adalah pengenalan tubuh bagian atas. Pengguna menyesuaikan wajah, namun nantinya kamera AI akan merekam semuanya dari pinggang ke atas sehingga orang lain dengan struktur tubuh berbeda tidak bisa masuk meski memiliki wajah yang mirip.

Lapisan berikutnya dari “perlindungan penipuan elektronik” bekerja dengan melacak situs web dan perangkat yang mungkin berisi malware. Ada juga buku telepon yang penuh dengan nomor yang disimpan dengan maksud jahat, dan pengguna telepon akan diberitahu sebelum dia menerima panggilan.

Tidak hanya fitur keamanan, ada juga beberapa warna yang berubah juga. Semua smartphone dengan OS MIUI 13 akan mendapatkan opsi wallpaper baru dengan interaksi yang baik, seperti wallpaper bunga yang akan mekar di satu sisi layar saat dihidupkan. Ada juga banyak widget yang telah didesain ulang untuk menyelaraskan lebih baik di grid.