Panduan Pemula Untuk Metaverse (Dan Menghasilkan Uang Di Dalamnya)

Posted on

Mengapa metaverse menjadi kata kunci yang begitu panas? Apakah itu benar-benar overhyped? Ada apa sebenarnya? Kami menjawab pertanyaan Kamu.

Facebook telah mengubah namanya menjadi Meta dan menyatakan metaverse sebagai masa depan internet. Awal tahun ini Epic, pembuat game multiplayer online Fortnite, mengumpulkan dana $1 miliar yang menunjukkan bahwa investor bersedia menginvestasikan banyak uang untuk pengalaman online yang imersif.

Tiba-tiba metaverse telah menjadi kata kunci terbesar dalam teknologi dan setiap investor menginginkannya. Tapi apa sebenarnya metaverse itu? Apakah ini hanya tentang kacamata VR dan bermain game? Apakah sudah benar-benar overhyped? Dan apa saja peluang menghasilkan uang yang besar di dalamnya? [Baca ini untuk melihat pratinjau perusahaan metaverse Eropa yang menurut investor layak untuk ditonton]. Kami menangani beberapa pertanyaan ini dalam panduan pemula ini.

Apa Itu Metaverse ?

Penulis fiksi ilmiah Neal Stephenson menciptakan istilah “metaverse” dalam bukunya tahun 1992 Snow Crash, menggunakannya untuk mengartikan alam semesta yang dihasilkan komputer. Secara umum dipahami sebagai dunia virtual bersama yang sangat mendalam di mana orang berkumpul untuk bermain game, bersosialisasi, dan bekerja.

Ini juga terkait dengan pengembangan Web 3.0, yang diyakini beberapa orang akan menjadi babak berikutnya dari keberadaan internet — yang dibangun di atas blockchain yang, secara teoritis, akan mendemokratisasikan akses dan kekuatan serta melemahkan cengkeraman perusahaan teknologi terbesar.

Konsepnya sebenarnya tidak baru. Kembali di awal 2000-an ada banyak pelopor metaverse, termasuk Second Life (diluncurkan oleh Linden Lab pada tahun 2003) dan Habbo Hotel, yang dibuat oleh Sulake dari Finlandia. Mereka telah menurunkan banyak radar orang sejak saat itu tetapi keduanya masih berjalan — Second Life masih memiliki 200.000 pengguna aktif setiap hari.

Mengapa Menurut Kami Metaverse Akan Lepas Landas Kali Ini ?

Perusahaan-perusahaan teknologi besar mengerahkan segala dayanya di metaverse. Mark Zuckerberg siap, sementara Microsoft ingin membangun metaverse perusahaan.

Sementara itu, game multipemain online seperti Fortnite, Minecraft (dimiliki oleh Microsoft) dan Roblox telah menjadikan game sosial sebagai fenomena arus utama dan telah menciptakan platform yang dapat menjadi blok bangunan untuk mengembangkan metaverse. Beberapa pengembang game percaya bahwa Roblox — ya, game berbentuk kotak yang disukai oleh anak-anak berusia 7 hingga 12 tahun — bisa menjadi platform metaverse paling kuat di masa depan. Minecraft, sementara itu, berjalan pada perangkat lunak cloud Hadean yang dapat meningkatkan hingga ribuan pengguna per dunia.

 

Panduan Pemula Untuk Metaverse (Dan Menghasilkan Uang Di Dalamnya) (1)

Kekuatan komputasi untuk menskalakan realitas virtual ke skala besar baru sekarang muncul. Perusahaan seperti Hadean dan Improbable, yang mengkhususkan diri dalam menciptakan komputasi terdistribusi skala besar bisa mendapatkan 10.000 pemain di server yang sama secara bersamaan. Banyak perusahaan metaverse berbicara tentang mengadakan konser dan acara olahraga untuk 50.000 orang secara bersamaan — sesuatu yang tidak terpikirkan hanya beberapa tahun yang lalu.

Cryptocurrency dan non-fungible token (NFT) memudahkan untuk membeli dan menjual barang-barang di dalam metaverse, membuka peluang komersial. Tetapi yang lebih penting, token yang dapat ditukar ini pada akhirnya akan memungkinkan untuk memindahkan identitas dan barang virtual Kamu di antara dunia metaverse yang berbeda — Kamu dapat mengambil pedang pixelated Kamu dari game Roblox dan mengubahnya menjadi senjata yang kuat di Fortnite, misalnya.

Ini adalah saat metaverse menjadi benar-benar “meta” dan Kamu dapat melompat dengan mulus di antara platform seperti yang dibayangkan oleh novel fiksi ilmiah seperti Snow Crash dan Ready Player One. Anggap saja seperti saat di tahun 1990-an ketika ponsel mulai memungkinkan orang untuk mengirim pesan teks satu sama lain melalui jaringan yang berbeda, dan tiba-tiba pesan seluler meledak di luar dugaan siapa pun.

Apakah Metaverse Hanya Tentang Bermain Video Game ?

Tidak. Game adalah titik awal yang jelas, tetapi jika Kamu mengambil tampilan Web 3.0, yang lebih luas, metaverse lebih dari itu. Fortnite telah menyelenggarakan konser oleh Ariana Grande dan Travis Scott, sementara konser Roblox Lil Nas X tahun lalu mendapat 33 juta tampilan.

Inilah mengapa startup seperti Stage11 yang berbasis di Paris menarik. Stage 11, yang baru saja mengumpulkan $5 juta dari Otium Capital, sedang membangun pengalaman musik yang imersif untuk metaverse dan memiliki kemitraan dengan artis seperti David Guetta, Snoop Dogg, Ne-Yo, dan Akon.

Panduan Pemula Untuk Metaverse (Dan Menghasilkan Uang Di Dalamnya) (2)

Sejumlah besar kreatif, dari musisi hingga perancang busana, akan membangun bisnis seputar penyediaan barang dan jasa untuk metaverse. Gravity Sketch yang berbasis di London baru-baru ini meluncurkan ruang kolaborasi virtual di mana para desainer dapat bekerja sama dari jarak jauh pada proyek desain 3D yang sama.

Di sisi yang lebih fokus pada bisnis, ada potensi untuk pertemuan, pendidikan, dan perawatan kesehatan. Startup Swedia Warpin, misalnya, sedang membangun video pelatihan VR untuk perusahaan dan melakukan proyek percontohan dengan layanan dokter digital Kry, di mana pasien yang cemas secara sosial dapat mengatasi ketakutan mereka dengan masuk ke skenario sosial virtual yang imersif bersama dengan seorang terapis.

Bahkan Omniverse Nvidia yang menciptakan kembaran digital dari pabrik BMW adalah bagian dari semacam metaverse. Ini mungkin metaverse yang membosankan tetapi tetap diperhitungkan, karena teknisi akan dapat berkolaborasi satu sama lain di dalamnya.

Panduan Pemula Untuk Metaverse (Dan Menghasilkan Uang Di Dalamnya) (3)

Secara umum, setiap perusahaan cenderung memiliki semacam kehadiran metaverse, kata Mike Allender, kepala eksekutif dan salah satu pendiri di Talewind Studios, yang mengembangkan game untuk platform Roblox. “Setiap perusahaan memiliki situs web 2D sekarang. Di metaverse itu akan memiliki versi 3D itu. ” Ratusan perusahaan, mulai dari tahap awal hingga raksasa teknologi, sudah menemukan tempat mereka di ekosistem metaverse.

Apakah Saya Harus Memakai Kacamata VR?

Tidak. Beberapa pengalaman metaverse sangat bergantung pada headset VR — misalnya, rapat dan pelatihan yang imersif. Jadi perusahaan seperti Varjo dan Magic Leap, yang membuat kacamata VR, dan perusahaan seperti Ultraleap dan Gleechi, yang mengembangkan pelacakan tangan dan cara memanipulasi objek virtual, sangat layak untuk ditonton.

Panduan Pemula Untuk Metaverse (Dan Menghasilkan Uang Di Dalamnya) (4)

Tetapi sangat sedikit anak-anak yang bermain Roblox atau Minecraft yang melakukannya dengan kacamata VR. Mereka sebagian besar ada di perangkat seluler.

“Sebelum kita akan menggunakan kacamata, kita akan menggunakan telepon, mengalami AR dalam arti yang berbeda, misalnya, mencoba sepatu sebelum membelinya, mencoba riasan,” kata Emma Ridderstad, kepala eksekutif dan salah satu pendiri Warpin.

Apa Risiko Utama Dari Metaverse?

Pengacara memperingatkan bahwa metaverse akan melihat perselisihan tentang kekayaan intelektual dan kepemilikan, perlindungan data, lisensi konten, serta risiko di sekitar aset kripto. Banyak tuntutan hukum yang harus diperjuangkan untuk menetapkan aturan — pada bulan September, misalnya, Roblox menyelesaikan gugatan dengan Asosiasi Penerbit Musik Nasional AS yang membuka jalan bagi artis untuk dapat memulai debut musik mereka di metaverse.

Panduan Pemula Untuk Metaverse (Dan Menghasilkan Uang Di Dalamnya) (5)

Tetapi bagi investor, risiko terbesar adalah mencari tahu perusahaan mana yang benar-benar tahu bagaimana membangun metaverse yang menarik yang membuat orang ingin bergabung dan kembali, kata Isabel Fox, mitra umum di Outsized Ventures, yang baru-baru ini berinvestasi di Hadean.

“Beberapa pendiri akan mengambil pendekatan ‘membangunnya dan mereka akan datang’ dan gagal. Sukses atau gagal akan cepat. Tim terbaik akan menang, ”kata Fox.

Risiko lain, kata Antoine Moyroud, pemimpin ventura di EQT Ventures, adalah bahwa metaverse tetap terlalu terfragmentasi dan orang tidak dapat mengambil identitas virtual mereka di berbagai platform.

“Banyak bisnis berjuang untuk menjadi perekat antara dunia virtual yang berbeda, tetapi risiko yang saya lihat adalah tidak ada pemenang kuat yang muncul yang mengarah ke komunitas yang terfragmentasi.”

Apakah Itu Akan Didominasi Oleh Raksasa Teknologi Besar Seperti Facebook Dan Microsoft Dan Apakah Itu Penting?

Pertarungan sedang terjadi mengenai apakah metaverse akan diperintah oleh satu perusahaan seperti Facebook, atau memiliki beberapa perusahaan yang berkolaborasi.

“Apa yang diusulkan Facebook di metaverse adalah kontrol terpusat atas seluruh ekosistem. Model alternatif diwujudkan oleh apa yang kita lihat di ruang blockchain di mana banyak mata uang digital akan hidup berdampingan dan beberapa perusahaan berkolaborasi, ”kata Jean-Philippe Vergne, profesor di UCL School of Management dan penulis makalah terbaru tentang metaverse. prospek. “Saya pikir ini adalah perang yang akan berlangsung selama 10 tahun ke depan.”

Panduan Pemula Untuk Metaverse (Dan Menghasilkan Uang Di Dalamnya) (6)

Sebagian besar pengamat metaverse meragukan bahwa Facebook akan mampu mendominasi metaverse.

“Saya yakin ini tidak mungkin terjadi,” kata Moyroud. “Sebagian besar individu yang membangun metaverse tampaknya setuju dengan keinginan kolektif akan keterbukaan dan desentralisasi; untuk mewujudkannya, komunitas dan kompetisi yang beragam sangat penting. Jadi, kecuali para pemain besar itu menemukan cara untuk memecahkan distribusi dunia dan produk digital, saya tidak percaya mereka akan muncul sebagai pemenang.”

“Seperti yang ditunjukkan Twitch kepada kami di masa lalu, pemimpin pasar di metaverse akan datang dari seorang penantang”

Olivier Martret, prinsipal di perusahaan VC Prancis Serena, mengatakan: “Sangat menarik melihat Facebook atau Microsoft untuk pindah ke metaverse karena mereka tahu itu akan menjadi peluang yang cukup besar bagi mereka, tetapi seperti yang ditunjukkan Twitch kepada kita di masa lalu, saya berasumsi pemimpin pasar di pasar metaverse akan datang dari seorang penantang.” Perusahaannya berinvestasi di perusahaan game metaverse Powder awal tahun ini.

Apakah Metaverse Benar-Benar Overhyped Sekarang?

Tidak juga. Ada banyak berita utama saat ini, tetapi investasi di bidang ini masih rendah. Pada bulan April perusahaan game AS Epic mengumpulkan putaran pendanaan $ 1 miliar yang dipimpin oleh Sony, dan minggu lalu The Sandbox, sebuah studio game yang dimiliki oleh VC Animoca Brands Hong Kong, mengumpulkan putaran pendanaan Seri B $93 juta yang dipimpin oleh SoftBank, tetapi putaran besar ini masih outlier.

“Dalam hal uang tunai, investasi dalam cryptocurrency dan Web 3.0 menjadi berita, tetapi sebagian besar karena ini adalah ruang yang baru lahir di mana kasus penggunaan sedang dikembangkan setiap hari; jumlahnya sendiri jarang sangat tinggi,” kata Moyroud.

Panduan Pemula Untuk Metaverse (Dan Menghasilkan Uang Di Dalamnya) (7)

Investor masih, sebagian besar, memainkan permainan menunggu dan melihat untuk melihat startup muda mana yang layak didukung. Sebagian besar putaran pendanaan telah menjadi unggulan dan Seri A.

“12 bulan ke depan akan sangat penting,” kata Georgina Felce, chief operating officer dan salah satu pendiri di Talewind. “Investor besar seperti Sequoia dan Coatue sedang menonton ini dan akan melakukan cek besar. Mereka mengawasi perusahaan yang telah mengumpulkan putaran benih, dan akan ada tiga atau empat perusahaan yang mereka masukkan cek besar.”

“Ketika kita benar-benar bisa menciptakan bersama… itu akan benar-benar meledak.”

Kami masih beberapa tahun lagi untuk benar-benar melompat dengan mulus antar aplikasi, kata Ridderstad dari Warpin. “Tetapi ketika kita benar-benar dapat menciptakan dan bertemu orang-orang di seluruh dunia, bekerja sama dengan proyek yang berbeda, saya pikir itu akan benar-benar meledak.”

Kami memberi anggota Sifted preview sekilas dari 15 perusahaan metaverse Eropa. yang menurut investor dan pendiri patut diperhatikan.