Cat Motor Pudar dan Kusam? Ini Penyebabnya

Posted on

Fakta umum, lama kelamaan warna cat bodi akan memudar. Cepat atau lambat, tergantung perlakuan dan perawatan pemiliknya.

Menjaga keremajaan warna body motor tidak cukup dengan menjaga kebersihan motor.

Penyebab warna cat body motor cepat pudar

1. Sinar matahari

Paparan langsung radiasi ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak cat sepeda motor sehingga menyebabkan cat tampak kusam. Oleh karena itu, usahakan untuk memarkir sepeda motor di tempat yang teduh agar terhindar dari sinar matahari langsung.

2. Air hujan

Kandungan air hujan seperti asam nitrat (HNO3) dapat merusak cat bodi sepeda motor. Kondisi ini dapat mempercepat kerusakan cat mesin. Oleh karena itu perlu segera membilas atau mencuci sepeda motor dengan air bersih setelah terkena air hujan.

3. Debu

Meski terlihat sepele, debu yang menempel di bodi terlalu lama akan mengurangi kilap cat bodi sepeda motor. Untuk mencegah cat memudar karena debu, cucilah secara teratur. Biasakan membilasnya dengan air bersih sebelum mencucinya dengan kain.

4. Penggunaan sabun cuci

Penggunaan sabun atau sampo juga berpengaruh pada cat bodi mesin, jika tidak tepat juga bisa cepat memudarkan warna cat mesin. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia keras dalam sabun atau sampo yang dapat mempercepat proses pemudaran warna cat. Karena itu, kamu bisa menggunakan sampo mobil khusus saat mencuci.

5. Tumpahan minyak

Oli yang tumpah atau menetes pada bodi dapat merusak cat, karena mudah meresap ke permukaan cat. Bahan bakar minyak dan thinner juga dapat merusak cat mesin. Oleh karena itu, segera lap dengan kain bersih jika permukaan cat motor terkena oli atau sejenisnya.