6+ Ide Usaha yang Cocok Untuk Pensiunan

Posted on

Saat memasuki masa pensiun, sebaiknya kamu segera mulai mencari ide bisnis untuk para pensiunan. Jika kamu bekerja hari ini, tetapi akan segera pensiun, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnismu.

Di masa pandemi seperti ini, berbisnis juga menjadi cara banyak orang untuk tetap produktif. Selain itu, pensiunan juga akan memiliki kegiatan yang tidak terlalu melelahkan, namun tetap mendapatkan penghasilan.

Pensiun biasanya dialami oleh seseorang yang sudah memasuki usia 60 tahun. Jika kamu telah menemukan ide bisnis pensiun yang tepat untukmu, maka kamu harus segera memulai bisnis tersebut jauh sebelum masa pensiun tiba.

Ada banyak pensiunan yang menemukan ide bisnis pensiun yang tepat, dan mereka yakin bisa lebih produktif, menghasilkan, dan menginspirasi pensiunan lainnya.

Kriteria Usaha yang Cocok bagi Pensiunan

Perlu diingat bahwa ada beberapa kriteria bisnis yang harus dipenuhi oleh para pensiunan sebelum kamu mulai menjalankan ide bisnis pensiunan. Beberapa kriteria tersebut tentunya bisa menjadi standar bagi kamu saat memilih perusahaan pensiunan.

Kriteria usaha yang cocok untuk pensiunan adalah:

Bukan Usaha yang Membutuhkan Tenaga dan Pikiran yang Berat

Pensiun berarti kamu berusia 60 tahun. Saat itulah kamu harus tahu bahwa energi dan pikiranmu sudah tidak bisa optimal lagi di masa pensiun ini. Pastikan ide bisnis untuk pensiunan ini tidak terlalu menyita tenaga dan pikiran kita.

Bisnis yang continue, bukan bisnis yang Musiman

Pilih ide bisnis yang berkelanjutan untuk pensiun. Kamu dapat menjalankan bisnis setiap hari kecuali hari libur dan hari libur nasional. Tidak boleh memilih bisnis musiman karena akan mempengaruhi pendapatan.

Bisnis yang Mudah

Saat pensiun, jangan memilih bisnis yang sulit dijalankan. Pilih bisnis yang mudah, mudah dijalankan, mudah menghasilkan, dan mudah dipromosikan.

 

6+ Ide Bisnis untuk Pensiunan

Setelah kamu mengetahui kriteria bisnis pensiunan di atas, saatnya mempertimbangkan dan memilih ide bisnis pensiunan mana yang tepat untukmu. berikut ulasan lengkapnya:

1. Bisnis Waralaba

Ide bisnis pertama bagi para pensiunan adalah bisnis franchise. Bisnis seperti ini banyak dijalankan oleh anak muda saat ini. Namun karena sistem bisnisnya yang sederhana, para pensiunan juga bisa memulai bisnis ini.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal yang tidak terlalu banyak. Pilih bisnis waralaba yang banyak diminati, seperti minuman kopi atau toko makanan Korea.

2. Usaha Kelontongan

Jenis kelontong ini tampaknya sangat populer di kalangan pensiunan. Pasalnya, memulai bisnis ini juga tidak mengeluarkan modal yang terlalu banyak. Apalagi kita tidak perlu khawatir untuk melakukan promosi, karena pelanggan datang secara alami.

Jika kamu ingin menjadi toko kelontong yang berkembang, kamu perlu menjual kebutuhan dasar. Setelah modal bertambah, bukan tidak mungkin kamu juga bisa membuka grosir.

3. Usaha Persewaan Kontrakan atau Kos

Aktivitas di sektor real estate juga tetap menjanjikan bagi para pensiunan. Jika kamu seorang pensiunan PNS atau BUMN, kamu bisa memulai perusahaan rental guest house dengan fasilitas yang lengkap.

Pastikan untuk memperhitungkan biaya-biaya lain yang mungkin dikeluarkan dalam pemeliharaan sewa kamu.

4. Menjadi Konsultan

Ide bisnis untuk pensiunan ini bisa lebih sulit daripada jenis bisnis lain untuk pensiunan. Namun, sebagai konsultan tentunya kamu memiliki waktu istirahat yang lebih banyak dibandingkan saat masih bekerja di kantor.

Bagi kamu yang pensiun dari firma akuntansi, hukum, dan pajak dapat melanjutkan masa pensiunmu dengan menjadi konsultan di bidang ini. Bermitra dengan perusahaan yang terkait dengan keahlianmu.

5. Usaha Makanan

Siapa yang tidak suka makanan? Salah satu ide bisnis untuk para pensiunan yang pasti memiliki banyak pelanggan adalah bisnis makanan. Saat ini juga terdapat permintaan yang tinggi terhadap berbagai jenis makanan tradisional yang dijual dalam kemasan.

Kamu dapat membuka toko kecil di rumahmu dan mungkin menjual menu-menu yang nyaman dan kekinian, seperti Ayam Geprek atau Steak.

6. Usaha Peternakan

Bagi kamu yang menyukai peternakan dan memiliki hobi, kamu bisa menjalankan ide bisnis ini untuk para pensiunan dengan cukup mudah.

Upaya ini juga tidak akan menyita banyak waktumu. Memelihara unggas tampaknya masih menjadi bisnis yang menguntungkan karena hewan ini adalah makanan bagi manusia.

 

Buat bisnis kamu dikenal secara online

Sehingga ketika kamu pensiun tidak perlu repot dengan promosi untuk setiap bisnis barumu , lakukan saja promosi secara online.

Ide bisnis untuk pensiunan terintegrasi online tentunya dapat diketahui banyak orang dan tentunya dapat memaksimalkan penghasilanmu setelah pensiun.