TikTok Kalahkan Google, Jadi Web Paling Populer di Dunia Tahun 2021

Artikel ini terakhir diperbarui pada 28 Desember 2022.

TikTok telah melampaui raksasa teknologi seperti Google, Twitter, Meta, dan Apple untuk menjadi situs web paling populer di dunia. Menurut laporan terbaru dari kinerja web dan perusahaan keamanan Cloudflare, TikTok mengalahkan Google dalam hal lalu lintas internet untuk menjadi platform yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2021.

10+ Situs Web Paling Populer di tahun 2021

Dalam laporan Tahun Peninjauan Lalu Lintas Internet resminya, Cloudfare mencantumkan 10 domain atau situs web paling populer di tahun 2021. Sementara Google, bersama dengan platform lain seperti Maps, Photos, Translate, Books, tetap menjadi pemimpin yang tak terkalahkan pada tahun 2020, TikTok.com naik dari posisi ke-7 ke atas untuk mengalahkan raksasa Mountain View. Kamu dapat melihat daftar 10 Teratas Cloudflare di bawah ini.

  1. TikTok.com
  2. Google.com
  3. Facebook.com
  4. Microsoft.com
  5. Apple.com
  6. Amazon.com
  7. Netflix.com
  8. YouTube.com
  9. Twitter.com
  10. WhatsApp.com

TikTok menjadi situs web paling populer di dunia

Menurut laporan, TikTok awalnya menduduki peringkat teratas lalu lintas global pada 17 Februari tahun ini. Peron kembali mengalami puncak lalu lintas pada bulan Maret dan Juni. Setelah ini, platform video pendek uber-people menempatkan posisinya di #1. Dan karena perusahaan induk TikTok, ByteDance, adalah organisasi yang berbasis di China, platform tersebut adalah satu-satunya situs web non-AS dalam daftar.

Meskipun dilarang secara permanen di India dan menghadapi reaksi keras di AS, TikTok mengalahkan Facebook awal tahun ini untuk menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia. Selain itu, menurut laporan New York Times baru-baru ini, platform video pendek telah menjadi “cawan suci pemasaran” bagi pengiklan untuk menarik perhatian populasi Gen-Z. Dan dengan tagar seperti #TikTokMadeMeBuyIt mengumpulkan 7 juta posting di platform, pengiklan berinvestasi lebih banyak di sana daripada di Instagram atau Facebook Meta.

Sekarang jika kamu bertanya-tanya bagaimana TikTok dapat menghasilkan lalu lintas internet dalam jumlah besar, itu karena beragam konten yang dibagikan oleh berbagai komunitas di seluruh dunia. Jika kamu pernah menggunakan TikTok di wilayahmu, kamu tahu bahwa kamu dapat menemukan konten tentang setiap topik mulai dari meme, kiat-kiat memasak, kimia, dan banyak lagi. Keragaman konten ini telah memikat pengguna dari setiap industri, komunitas, dan kelompok umur.

Di masa depan, TikTok ingin lebih memperluas jangkauannya di pasar untuk melayani lebih banyak audiens dan pengguna. Perusahaan bahkan telah mulai menguji layanan streaming desktopnya yang disebut TikTok Live Studio dan layanan pengiriman makanannya di pasar.