Metaverse Bukan Teknologi yang Menarik, Ini Alasan Elon Musk

Artikel ini terakhir diperbarui pada 26 Desember 2022.

Miliarder dan salah satu pendiri perusahaan luar angkasa SpaceX, Elon Musk, menganggap teknologi metaverse tidak menarik. “Saat ini saya tidak melihat situasi metaverse yang menarik,” kata Musk. Musk mengakui bahwa dia mungkin terlalu tua untuk memahami kemajuan teknologi, karena tidak semua orang memahami internet pada tahun 1995.

Musk menyatakan dalam kasus ini bahwa dia adalah salah satu yang memahami potensi Internet pada tahun 1995. Kritiknya terhadap metaverse adalah bahwa dia belum menemukan contoh aplikasi yang menarik untuk teknologi tersebut. “Saya tidak berpikir siapa pun ingin memasang layar di wajah mereka setiap hari dan pergi ke mana-mana. Rasanya seperti – tidak mungkin,” kata Musk.

Pendiri Tesla juga mengkritik Web3, layanan internet berbasis blockchain dan cryptocurrency. Menurutnya, teknologi itu “lebih berorientasi pemasaran daripada nyata”. Teknologi metaverse telah banyak dibahas tahun ini sejak Facebook Inc mengubah nama mereka menjadi Meta Inc karena mereka ingin mengembangkan platform metaverse.