3 Cara Memulihkan Foto dari Ponsel yang Hilang

Posted on

Kamu dapat membeli telepon baru jika kamu kehilangan ponselmu. Namun kini semua orang menganggap ponsel sebagai perangkat yang paling berharga karena data yang tersimpan di dalamnya. Dan jika kamu kehilangan ponsel, kamu tentu berharap datanya kembali.

Ternyata ada beberapa cara untuk memulihkan file foto dan video dari ponsel yang hilang atau dicuri. Berikut ulasannya.

1. Coba akses Google Foto dengan akun yang sama dari ponsel yang hilang

Google Foto adalah harapan terbaik bagi kamu untuk mendapatkan kembali akses ke foto dan video lama dari ponselmu yang hilang. Aplikasi ini memiliki fitur untuk secara otomatis mengunggah file media ke cloud secara default.

Artinya, foto dan video kamu mungkin masih tersedia di akun Googlemu. Caranya cukup sederhana, cukup login dengan akun yang sama dan foto favorit Anda akan tersedia. Namun, dalam beberapa kasus, Google Foto tidak akan menyinkronkan data Anda jika: pabrikan ponsel telah menonaktifkan sinkronisasi otomatis, pengunggahan hanya dilakukan melalui koneksi Wi-Fi dan Anda tidak memiliki koneksi Wi-Fi, atau Anda telah mematikan sinkronisasi secara manual.

Jika demikian, data Google Foto kamu mungkin tidak lengkap atau tidak tersedia sama sekali. Sementara itu, pengguna iPhone dapat memeriksa iCloud untuk mendapatkan foto dan video dari perangkat.

2. Coba gunakan Dropbox

Selain Google Foto, beberapa aplikasi seperti Dropbox, OneDrive, atau Foto Amazon memiliki fitur unggah otomatis saat berada di jaringan Wi-Fi. Jika kamu pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya, coba masuk ke layanan lagi dan lihat apakah foto Anda masih tersedia.

Jika kamu telah menggunakan satu atau beberapa aplikasi ini, coba akses akunmu lagi. Mungkin kamu bisa mendapatkan kembali foto dan video lamamu yang hilang. Namun sayangnya, jika fitur sinkronisasi dinonaktifkan, kamu tidak akan menemukan apa pun.

3. Kirim pesan ke ponsel kamu yang hilang

Benar, metode ini sangat tidak mungkin. Apalagi jika ponsel kamu hilang karena dicuri. Karena tentu saja tidak ada pencuri yang mau mengaku. Namun, ada beberapa orang yang cukup beruntung untuk mendapatkan kembali ponselnya meski berada di tangan pencuri. Ini terjadi pada seorang pria di Delhi, India, yang mendapatkan ponselnya kembali melalui kurir setelah meminta pencuri untuk mengembalikannya.

Namun dalam situasi darurat seperti ini, segala cara harus dicoba. Kirim pesan, baik itu SMS, WhatsApp, atau apa pun yang dapat dibaca oleh orang yang menemukannya, dan minta mereka untuk mengembalikannya. Tidak ada salahnya menjanjikan hadiah bagi siapa saja yang mengembalikan ponsel dan datanya.

Dengan demikian, kamu dapat memulihkan fotomu atau bahkan ponselmu yang hilang. Tidak ada jaminan bahwa metode yang disebutkan di atas akan berhasil, tetapi patut dicoba.