Tren Bisnis 2022: Go Digital Raih Profit Maksimal

Posted on

Menjelang akhir tahun, sebagian masyarakat akan bersiap menyambut peluang yang muncul di tahun depan. Misalnya memanfaatkan peluang bisnis pasca pandemi.

Jika kamu seorang pemula yang tertarik untuk memulai bisnis atau seorang pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis maka kamu berada di tempat yang tepat karena kami akan membahas tren bisnis 2022 yang tepat untuk kamu coba.

Mengingat penggunaan teknologi yang meningkat pesat sejak pandemi, tren bisnis diperkirakan akan bergeser ke sepenuhnya digital pada tahun 2022. Apa saja peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2022?

Tren bisnis paling menjanjikan untuk tahun 2022

Berikut beberapa tren bisnis digital tahun 2022 yang berpeluang besar memaksimalkan keuntungan untuk kamu:

Bisnis dekorasi dan kerajinan tangan

Dekorasi dan kerajinan adalah produk bisnis yang tidak lekang oleh waktu, bahkan di masa pandemi. Karena kamu bisa memulainya dengan bahan yang sederhana kemudian membuatnya dengan nilai jual kembali yang tinggi.

Misalnya, mengurus paket dekorasi untuk penyelenggaraan pernikahan dan ulang tahun. Paket yang dikirimkan bisa berupa hiasan dinding dan meja. Untuk kerajinan tangan, kamu bisa menjual produk rajutan, lukisan, tas jinjing unik dan aksesoris wanita.

Bisnis laundry kiloan

Bisnis laundry cocok untuk kamu yang baru memulai bisnis karena tidak membutuhkan banyak keahlian apalagi jika kamu memiliki mesin cuci otomatis. Kamu juga bisa menjalankannya sendiri dan hanya perlu mempekerjakan 1-2 karyawan untuk menyetrika dan kerja shift. Karena bisnis ini dimulai dari rumah, relatif mudah dijalankan.

Bisnis kuliner

Pandemi tidak menghilangkan peluang bisnis kuliner untuk berkembang. Ide bisnis kuliner milenial yang bisa dicoba adalah menjual makanan beku dan jajanan ringan, menyesuaikan dengan masyarakat pascapandemi yang sering “jajan online”. Kamu bisa berkreasi dengan menjual makanan lengkap dengan tempat memasaknya. Menarik bukan?

Bisnis fashion

Pemanfaatan digitalisasi dalam pemasaran membuktikan bahwa industri fashion mampu bertahan di tengah pandemi bahkan mengalami peningkatan. Kamu bisa memulainya dengan produk sehari-hari, seperti homewear kasual, sandal, dan hoodies. Maksimalkan potensi pasar dan layanan antar paket, hemat anggaran kamu untuk membuka toko offline. Lebih cuan!

Bisnis coffee shop

Dengan memanfaatkan peluang bisnis di kafe, misalnya membangun kedai kopi, kamu berpeluang mendapatkan keuntungan yang maksimal. Karena menikmati kopi sudah menjadi kebiasaan di berbagai kalangan masyarakat mulai dari pelajar, pekerja hingga masyarakat umum. Di pasar kedai kopi yang besar, kamu dapat melakukan penjualan setiap hari, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Bisnis wedding organizer

Bisnis WO cukup menjanjikan di Indonesia seiring berlanjutnya pesta. Meski ada batasan jumlah pengunjung selama masa pandemi, hal ini tidak menghentikanmu untuk berbisnis. Kamu bisa berinovasi dengan menawarkan paket pernikahan intim bersama keluarga dengan harga terjangkau. Jangan lupa gunakan media sosial untuk mempromosikan bisnismu.

 

Daftar Aplikasi Digital untuk Menunjang Tren Bisnis

Untuk menjalankan bisnis yang sukses, kamu perlu mengetahui produk apa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Kemudian rencanakan bagaimana menjangkau konsumen dan memasarkan produk yang unik. Cobalah beberapa aplikasi bisnis online berikut untuk mendukung bisnismu:

Aplikasi marketplace

Marketplace adalah platform yang menghubungkan kamu dengan pembeli. Keunggulannya adalah kemudahan pembuatan akun, penggunaan dan keamanan transaksi. Makanya marketplace di Indonesia semakin menjamur, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan lain sebagainya. Kamu dapat memiliki toko online sendiri dan memasarkan produkmu di semua wilayah.

Aplikasi catatan digital

Untuk membuat catatan dengan cepat dan aman, kamu dapat menggunakan aplikasi pencatat digital seperti Google Keep. Fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti memo, memo gambar, suara, gambar dan checklist. Kamu dapat meningkatkan tampilan catatan dengan mengatur warna tema dan label untuk memo grup.

Aplikasi desain grafis

Salah satu langkah pertama untuk membuat calon pembeli mengetahui produk kamu adalah dengan menampilkan unggahan dan poster produk yang menarik. Kamu tidak perlu khawatir menggunakan jasa desain karena kamu bisa melakukannya sendiri dengan mendownload aplikasi desain grafis yang ramah pemula, seperti Canva. Edit template yang ada jika perlu, dan jadilah itu!

Aplikasi manajemen media sosial

Jika kamu memasarkan produkmu di banyak media sosial, pasti akan merepotkan karena kamu membuka dan menutup setiap aplikasi setiap saat. Namun, dengan menggunakan aplikasi manajemen media sosial, seperti Hootsuite, kamu dapat mengatur semuanya dalam satu dasbor! Yang perlu kamu lakukan adalah menjadwalkan konten dan memeriksa kata kunci populer dan kinerja media sosial kamu.

Aplikasi absensi dan timesheet digital

Kamu memerlukan kartu absen digital dan aplikasi absen digital seperti Hadirr untuk mengelola karyawan seperti mendaftarkan kehadiran, mengelola kolaborasi dan pembagian tugas dalam proyek, memantau produktivitas karyawan, dan menghitung kompensasi yang adil bagi karyawan.

Aplikasi payroll

Jika kamu sudah memiliki banyak karyawan, maka pekerjaan administrasi untuk administrasi penggajian akan merepotkanmu, maka gunakanlah aplikasi gaji seperti Gadjian agar perhitungan dan pembagian gaji karyawan dilakukan secara otomatis dan online.