5 Tanda Oli Transmisi Manual Perlu Diganti

Artikel ini terakhir diperbarui pada 17 Desember 2022.

Dibandingkan oli transmisi otomatis, pemilik mobil cenderung mengabaikan kondisi oli transmisi manual. Mungkin karena anggapan bahwa oli transmisi ini tidak bekerja sekeras oli matic.

Di sisi lain, banyak pemilik yang lebih mementingkan penggantian oli mesin karena oli transmisi manual dianggap tidak berkurang. Faktanya, sementara volumenya tetap, kualitasnya telah turun secara signifikan. Karena volume itu, tidak bisa dijadikan patokan.

Berikut 5 indikasi oli transmisi manual perlu diganti:

Pindah Gigi Terasa Berat

Indikasi ini paling mudah dan paling terasa. Kadang-kadang juga bisa terasa seperti pergeseran berdebar-debar.

Kondisi ini bisa menjadi indikasi bahwa oli transmisi manual perlu segera diganti. Penyebab lain juga bisa karena lapisan kopling yang tipis.

Muncul Bunyi Dengung

Suara dengungan yang muncul mirip dengan dengung mesin. Terkadang suara ditambahkan sebagai ketukan benda tumpul.

Kebisingan ini disebabkan oleh benturan beberapa komponen karena mekanisme pergerakan terhambat. Disarankan untuk segera mengganti oli agar kerusakan tidak semakin parah.

Warna Oli Gelap

Seperti oli motor, oli transmisi manual juga akan berwarna lebih gelap. Oli transmisi baru biasanya berwarna kemerahan cerah atau cokelat.

Oli roda gigi yang sudah keruh biasanya juga menimbulkan bau terbakar. Biasanya hal ini juga membuat mobil terlihat smoky (ngebul).

Sudah Sampai Jarak Tempuhnya

Ingatlah bahwa oli transmisi juga memiliki masa pakai dan perlu diganti secara berkala. Dengan transmisi manual, perubahan biasanya dilakukan setiap 20.000 km hingga 40.000 km.

Angka ini bervariasi karena tidak semua jenis mobil sama, begitu pula dengan kondisi penggunaan. Cara termudah adalah dengan mengikuti instruksi di manual.

Lampu Check Engine Menyala

Lampu Periksa Engine yang menyala bukanlah indikasi mutlak bahwa kamu perlu mengganti oli. Tapi anggap itu sebagai tanda untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan.

Mobil-mobil terbaru sudah memiliki sensor pada mesin kendaraan yang memudahkan pengendalian melalui sistem otomatis. Pergi saja ke bengkel dengan pemindai khusus untuk mengetahui kondisi transmisi.