Segera Hapus Aplikasi Ini dari HP Android Kamu, Resiko Dirampok!

Smartphone Android kini menjadi incaran para hacker. Caranya adalah dengan menyuntikkan virus malware berbahaya ke dalam aplikasi yang terdaftar di Google Play Store. Jadi Kamu harus berhati-hati.

Polisi Belgia baru-baru ini menemukan delapan aplikasi Android berbahaya di Play Store karena mengandung virus malware Joker. Malware adalah perangkat lunak yang dirancang untuk merusak komputer, jaringan komputer, dan telepon seluler. Sedangkan malware Joker dikatakan mampu merampok korbannya.

Sedang Trending:  Samsung S21 Ultra : HP Kamera Terbaik Tahun 2021

Malware membuat perangkat korban berlangganan layanan. Namun, langganan dilakukan tanpa persetujuan pemilik perangkat dan korban sama sekali tidak mengetahui aktivitas tersebut. Ujung-ujungnya, keberadaan aplikasi ini bisa berbahaya bagi penggunanya.

Sedang Trending:  15 Aplikasi Kamera Terbaik Di Dunia Untuk Android, Hasilnya Profesional

Menurut laporan, semua aplikasi yang diidentifikasi oleh polisi Belgia telah dihapus dari Google Play Store. Namun, mereka yang menginstal aplikasi tersebut diminta untuk segera menghapusnya agar tidak menjadi korban virus.

Sedang Trending:  5+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark Gratis di Android

Daftar Aplikasi Smartphone Android Berbahaya

Berikut daftar delapan aplikasi yang mengandung virus berbahaya:

  1. Auxiliary Message
  2. Element Scanner
  3. Fast Magic SMS
  4. Free CamScanner
  5. Go Messages
  6. Super Message
  7. Super SMSTravel Wallpapers.
Sedang Trending:  5 HP Android Dengan Hasil Kamera Terbaik

Malware Joker ditemukan pada tahun 2017 dan diyakini telah menemukan ribuan aplikasi di Play Store. Google juga mencoba memindai aplikasi berbahaya dan menghapusnya dari toko aplikasinya.

1.700 aplikasi telah ditemukan dan akhirnya dihapus oleh Google. Sementara itu, September 2020 lalu, 24 aplikasi Android dengan malware Joker juga dihapus, yang diunduh 500.000 kali.

Sedang Trending:  3 Metode Mudah Cara Mengirim Foto Dari HP ke Laptop

Malware Joker dikabarkan telah menyebar ke 30 negara di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat (AS), Brasil, dan Spanyol