Beli MacBook Air M1 2020 Sekarang atau Tunggu Seri Baru?

M1 MacBook Air tidak memiliki perubahan desain eksternal dibandingkan model sebelumnya. Itu terus dibuat dari paduan aluminium rancangan Apple yang menggunakan 100 persen aluminium daur ulang dan tersedia dalam warna Perak, Abu-abu Luar Angkasa, dan Emas.

Fitur MacBook Air 2020

Fitur MacBook Air memiliki bentuk baji, meruncing dari tebal ke tipis ke arah depan perangkat. Pada titik paling tebalnya, MacBook Air berukuran 0,63 inci, dan pada titik tertipisnya, berukuran 0,16 inci. Hanya sedikit lebih tebal dari MacBook Pro 2019, yaitu 0,61 inci pada titik tertebalnya.

Ketika datang ke dimensi, MacBook Air memiliki panjang 11,97 inci dan lebar 8,36 inci, dan beratnya 2,8 pound, 0,2 pound lebih rendah dari MacBook Pro 13 inci.

M1 MacBook Air memiliki layar 13 inci dengan bezel hitam tipis, yang merupakan desain yang mirip dengan desain MacBook Pro.

Sedang Trending:  Haruskah Kamu Beli MacBook Air 2020 Tahun Ini?

Tampilan Layar MacBook Air M1 2020

Sejak 2018, MacBook Air telah menggunakan layar Retina yang lebih tajam, lebih tajam, dan lebih jernih daripada layar non-Retina sebelumnya. MacBook Air memiliki resolusi 2560 x 1600 dengan 227 piksel per inci dan total lebih dari 4 juta piksel, dengan kecerahan maksimum 400 nits.

Layar di MacBook Air mendukung True Tone, yang dirancang untuk menyesuaikan warna layar agar sesuai dengan pencahayaan di dalam ruangan. True Tone bekerja melalui sensor cahaya sekitar multi-saluran yang disertakan dalam model MacBook Air, yang mampu menentukan kecerahan ruangan dan suhu warna.

Setelah mendeteksi white balance, MacBook Air dapat menyesuaikan warna dan intensitas tampilan agar sesuai dengan pencahayaan ruangan untuk pengalaman menonton yang lebih alami seperti kertas yang juga mengurangi kelelahan mata.

Yang baru tahun ini adalah dukungan warna P3 Wide, yang menghadirkan warna yang lebih hidup dan nyata dan merupakan peningkatan dari warna sRGB pada model sebelumnya. Warna lebar menawarkan 25 persen lebih banyak warna daripada sRGB.

Sedang Trending:  Haruskah Kamu Beli MacBook Air 2020 Tahun Ini?

Performa Keyboard MacBook M1 2020

M1 MacBook Air menggunakan Magic Keyboard yang didesain ulang sama yang pertama kali diperkenalkan di MacBook Pro 16 inci dan MacBook Air generasi sebelumnya. Keyboard Ajaib menghilangkan mekanisme kupu-kupu yang telah digunakan Apple sejak 2015 karena penuh dengan masalah yang menyebabkan kegagalan kunci karena debu dan partikel kecil lainnya.

Mekanisme gunting di keyboard MacBook Air menawarkan jarak tombol 1mm dan rasa tombol yang stabil, ditambah lagi menggunakan kubah karet rancangan Apple yang menyimpan lebih banyak energi potensial untuk penekanan tombol yang lebih responsif.

Apple mengubah keyboard M1 MacBook Pro untuk mengubah tombol fungsi yang tersedia. Launchpad dan kontrol kecerahan keyboard telah diganti dengan pencarian Spotlight, dikte, dan Jangan Ganggu, plus ada tombol Fn emoji.

Sedang Trending:  Haruskah Kamu Beli MacBook Air 2020 Tahun Ini?

Keyboard ini juga dilengkapi tombol backlit yang dikontrol oleh sensor cahaya sekitar untuk menerangi tombol di ruangan gelap.

Touch ID pada MacBook Air M1 2020

M1 MacBook Air memiliki sensor sidik jari Touch ID yang terletak di sebelah tombol fungsi di bagian atas keyboard. Touch ID didukung oleh Enklave Aman yang menjaga keamanan data sidik jari dan informasi pribadi Kamu.

Touch ID di MacBook dapat digunakan sebagai pengganti kata sandi, membuka kunci Mac saat jari diletakkan di sensor. Ini juga menggantikan kata sandi untuk aplikasi yang dilindungi kata sandi, dan dapat digunakan untuk melakukan pembelian Apple Pay di Safari.

Trackpad

MacBook Air dilengkapi dengan trackpad Force Touch besar yang tidak memiliki tombol tradisional dan sebagai gantinya ditenagai oleh serangkaian Sensor Kekuatan, yang memungkinkan pengguna menekan di mana saja pada trackpad untuk mendapatkan respons yang sama.

Sedang Trending:  Haruskah Kamu Beli MacBook Air 2020 Tahun Ini?

Taptic Engine yang ditenagai oleh magnet memberi pengguna umpan balik taktil saat menggunakan trackpad, menggantikan nuansa penekanan tombol fisik.

Trackpad Force Touch mendukung penekanan ringan, yang digunakan sebagai klik biasa, bersama dengan penekanan yang lebih dalam atau “klik paksa” sebagai gerakan terpisah yang melakukan hal-hal seperti menawarkan definisi untuk kata yang disorot.

USB Port

Dua port USB-C Thunderbolt 3/USB-4 disertakan di MacBook Air. Dengan Thunderbolt 3, MacBook Air dapat mendukung tampilan 4K, 5K, dan 6K serta terhubung ke eGPU untuk kemampuan grafis yang lebih cepat bila diperlukan.

Layar 6K memungkinkan M1 MacBook Air bekerja dengan Pro Display XDR dan layar 6K lainnya. MacBook Air mendukung satu monitor 6K, satu monitor 5K, atau dua monitor 4K.

Sedang Trending:  Haruskah Kamu Beli MacBook Air 2020 Tahun Ini?

Apple mengatakan bahwa M1 MacBook Pro terbatas pada satu layar hingga resolusi 6K atau dua dengan resolusi 4K, tetapi menggunakan adaptor DisplayPort, model M1 MacBook Air dan MacBook Pro dapat menjalankan hingga lima layar eksternal. Ini hanya mungkin bila menggunakan campuran tampilan 4K dan 1080p karena port Thunderbolt tidak memiliki bandwidth untuk menjalankan lima tampilan 4K.

Bersama dengan dua port Thunderbolt 3, ada jack headphone 3,5 mm di sisi lain perangkat. Selain itu, tidak ada port tambahan di MacBook Air, dengan Apple telah melepas port USB-A dan slot kartu SD yang terlihat pada model MacBook Air sebelum 2018.