iPhone 13 Pro: Fitur, Update, dan Harga

Diperkenalkan pada 14 September, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max adalah iPhone unggulan pro-level terbaru Apple dan dijual bersama iPhone 13 dan iPhone 13 mini yang lebih terjangkau.

IPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max ideal untuk mereka yang menginginkan iPhone dengan fitur dan kamera terbaik.

iPhone 13 Pro berukuran 6,1 inci merupakan penerus iPhone 12 Pro, sedangkan iPhone 13 Pro Max berukuran 6,7 inci merupakan pengganti iPhone 12 Pro Max.

Kedua model iPhone 13 Pro baru memiliki desain yang hampir identik dengan model iPhone 12 Pro, menampilkan tepi datar, bingkai baja tahan karat, bagian belakang kaca matte bertekstur, dan sedikit peningkatan ketebalan (7,65mm).

Tampilan Layar dan Desain iPhone 13

IPhone 13 Pro tersedia dalam warna Silver, Gold, Sierra Blue, dan Graphite.

Kedua model baru ini menampilkan OLED Super Retina XDR Displays yang mendukung teknologi ProMotion dengan kecepatan refresh adaptif mulai dari 10Hz hingga 120Hz, sama seperti model iPad Pro.

Tampilannya hingga 25 persen lebih terang di luar ruangan.

IPhone 13 Pro memiliki resolusi 2532×1170 dengan 460 piksel per inci, sedangkan iPhone 13 Pro Max memiliki resolusi 2778×1284 dengan 458 piksel per inci.

Kedua iPhone memiliki kecerahan maksimal 1200 nits untuk HDR, bersama dengan True Tone untuk menyesuaikan suhu warna layar dengan cahaya sekitar, Wide Color untuk warna yang kaya dan hidup, dan Haptic Touch untuk umpan balik.

Sedang Trending:  iPhone 13 dan iPhone 13 Mini: Fitur dan Perkiraan Harga

Sistem kamera TrueDepth yang menghadap ke depan telah diperbarui dan takik ID Wajah sekarang lebih kecil, sehingga menghabiskan lebih sedikit ruang secara keseluruhan. Seperti model tahun lalu, iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max menampilkan kaca penutup Ceramic Shield yang diresapi dengan kristal nano-keramik untuk perlindungan yang lebih baik dari tetesan.

Tahan air dan debu IP68 disertakan, dan iPhone baru dapat bertahan hingga perendaman dalam air 6 meter hingga 30 menit.

Performa iPhone 13 Pro

Chip Bionic A15 yang ditingkatkan memberi daya pada iPhone baru. Ini fitur CPU 6-core dengan 2 core kinerja dan 4 core efisiensi, GPU 5-core, yang merupakan satu lebih banyak inti GPU daripada yang tersedia di model iPhone 13.

Ada juga Neural Engine 16-core. GPU 5-core menawarkan kinerja grafis 50% lebih cepat daripada chip smartphone lainnya.

Ada kamera belakang tiga lensa yang ditingkatkan dengan lensa Telefoto f/2.8, lensa Lebar f/1.5, dan lensa Ultra Lebar f/1.8.

Lensa Wide memiliki aperture yang memungkinkan cahaya 2,2x lebih banyak dan sensor terbesar di iPhone, sedangkan lensa Ultra Wide memungkinkan cahaya 92 persen lebih banyak untuk kinerja cahaya rendah yang lebih baik.

Sedang Trending:  5 Smartphone Terbaru Dengan Kamera Terbaik Saat Ini

Lensa Telefoto 77mm memiliki fitur zoom optik 3x, naik dari 2,5x pada 12 Pro Max, dan dengan tambahan lensa Ultra Wide, terdapat rentang zoom optik 6x dan dukungan untuk zoom digital 15x.

Ada juga Pemindai LiDAR, yang tidak tersedia di iPhone 13‌ dan 13 mini. Kedua model Pro memiliki pengaturan kamera yang sama tahun ini, tanpa perbedaan antara Pro dan Pro Max.

Performa Kamera iphone 13 Pro

Seiring dengan Mode Potret standar, Mode Malam, Selang Waktu, dan kemampuan fotografi lainnya, model iPhone 13 Pro mendapatkan Mode Sinematik, fitur yang menggunakan fokus rak untuk mengalihkan fokus dengan mulus dari satu subjek ke subjek lainnya, mengaburkan latar belakang secara artistik dan membuat film -efek kedalaman berkualitas.

Pemotretan mode sinematik dalam Dolby HDR dan kedalaman bidang serta keburaman dapat disesuaikan menggunakan aplikasi kamera iPhone. Perekaman video 4K hingga 60 fps juga didukung.

Smart HDR 4 mengenali hingga empat orang dalam satu foto dan mengoptimalkan kontras, pencahayaan, dan warna kulit untuk masing-masing orang, dan Deep Fusion, penerusan dari iPhone 12, diaktifkan dalam pemandangan cahaya sedang hingga rendah untuk menonjolkan tekstur dan detail.

Gaya Fotografi adalah jenis filter yang ditingkatkan yang diterapkan secara selektif pada gambar, mematikan warna, atau meningkatkan ketajaman tanpa memengaruhi warna kulit.

Sedang Trending:  5 Smartphone Terbaru Dengan Kamera Terbaik Saat Ini

Ada opsi Vibrant, Rich Contrast, Warm, dan Cool, panjang dengan pengaturan untuk Nada dan Kehangatan untuk penyesuaian dan penyempurnaan.

Ada beberapa kemampuan fotografi Pro-only yang terbatas pada sistem kamera tiga lensa termasuk fotografi makro dan videografi untuk bidikan makro close-up dengan fokus pada 2cm, dukungan Mode Malam untuk lensa Telefoto, potret Mode Malam yang memerlukan Pemindai LiDAR , dan perekaman video ProRes yang memungkinkan pengguna merekam video ProRes dalam 4K hingga 30 bingkai per detik. Video ProRes diluncurkan akhir tahun ini.

Apple iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max dapat dibuka kuncinya dengan sistem pengenalan wajah ID Wajah, yang bekerja dengan kamera depan 12 megapiksel yang mendukung Smart HDR 4, Deep Fusion, Mode Malam, Mode Sinematik, Selfie Mode Malam, dan lagi.

Konektivitas iPhone 13 Pro

Konektivitas 5G disertakan untuk streaming video berkualitas lebih baik, panggilan FaceTime definisi lebih tinggi, dan peningkatan permainan, tetapi kecepatan mmWave super cepat sekali lagi terbatas pada kota-kota besar di Amerika Serikat.

Kecepatan 5G sub-6GHz yang lebih lambat tersedia di lebih banyak area pedesaan di AS dan di negara lain, dan ada dukungan untuk lebih banyak pita 5G untuk konektivitas 5G di lebih banyak tempat.

Sedang Trending:  iPhone 13 dan iPhone 13 Mini: Fitur dan Perkiraan Harga

Gigabit LTE didukung saat 5G tidak tersedia, dan untuk menghemat masa pakai baterai saat menggunakan 5G, Mode Data Cerdas beralih ke koneksi LTE saat kecepatan 5G tidak diperlukan.

Model iPhone 13 baru menawarkan dukungan eSIM ganda dan tidak dilengkapi dengan SIM fisik secara default, tetapi masih ada slot nano-SIM.

IPhone 13 Pro dan 13 Pro Max mendukung WiFi 6 dan Bluetooth 5.0, ditambah chip U1 Ultra Wideband untuk kesadaran spasial

Daya tahan baterai telah meningkat secara signifikan berkat baterai yang lebih besar dan chip A15 yang lebih efisien.

iPhone 13 Pro menawarkan masa pakai baterai hingga 1,5 jam lebih lama daripada iPhone 12 Pro, dan iPhone 13 Pro Max menawarkan masa pakai baterai hingga 2,5 jam lebih lama daripada iPhone 12 Pro Max.

 

Ruang penyimpanan mulai dari 128GB dan naik hingga 1TB di kelas atas. Ada gyro tiga sumbu bawaan, akselerometer, sensor jarak, sensor cahaya sekitar, dan barometer.

Seperti iPhone tahun lalu, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max memiliki magnet internal dan kompatibel dengan aksesori MagSafe, mengisi daya hingga 15W dengan Pengisi Daya MagSafe Apple.

IPhone juga mendukung pengisian cepat, yang menyediakan pengisian 50 persen dalam 30 menit dengan adaptor daya 20W

Sedang Trending:  iPhone 13 dan iPhone 13 Mini: Fitur dan Perkiraan Harga

Tidak ada adaptor daya atau EarPod yang disertakan dengan iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max, dan aksesori ini harus dibeli secara terpisah.

Mereka mengirim dengan kabel USB-C ke Lightning untuk tujuan pengisian daya.

Harga dan Ketersediaan iPhone 13 Pro

Harga iPhone 13 Pro mulai dari $999, sementara harga iPhone 13 mulai dari $1099, dan tidak ada kenaikan harga tahun ini. Pra-pemesanan untuk model iPhone 13 Pro baru dimulai pada hari Jumat, 17 September pukul 5:00 Waktu Pasifik, dengan peluncuran resmi menyusul pada hari Jumat, 24 September.

Perkembangan iPhone di masa depan

Model iPhone 13 akan digantikan oleh iPhone 14, dan kami sudah mendengar desas-desus tentang perangkat 2022. Apple diharapkan menghilangkan takik untuk setidaknya beberapa model, mengadopsi kamera depan berlubang dan ID Wajah di bawah layar.

Model iPhone 14 juga dapat menampilkan desain baru yang menghilangkan tonjolan kamera, alih-alih memperkenalkan desain kamera rata untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Untuk lebih lanjut tentang apa yang diharapkan dari iPhone 14, kami memiliki pengumpulan iPhone 14 khusus.