iPhone 13 dan iPhone 13 Mini: Fitur dan Perkiraan Harga

Posted on

Rilis pada 24 September, iPhone 13 dan iPhone 13 mini adalah iPhone andalan terbaru Apple dengan harga yang lebih terjangkau, dan dijual bersama iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max yang lebih mahal.

IPhone 13 dan iPhone 13 mini ideal untuk mereka yang tidak membutuhkan fitur kamera tingkat profesional.

iPhone 13 mini 5,4 inci adalah penerus iPhone 12 mini, sedangkan iPhone 13 6,1 inci adalah pengganti iPhone 12.

Kedua model iPhone 13 baru ini memiliki desain yang hampir identik dengan model iPhone 12, menampilkan tepi rata, penutup aluminium kelas kedirgantaraan, kaca belakang, dan sedikit peningkatan ketebalan (7,65mm).

Model iPhone 13 tersedia dalam warna Pink, Blue, Midnight (hitam), Starlight (perak/emas), dan (product)red.

Kedua model baru ini menampilkan Layar Super Retina XDR yang 28 persen lebih terang. IPhone 13 mini memiliki resolusi 2340×1080 dengan 476 piksel per inci, sedangkan iPhone 13 memiliki resolusi 2532×1170 dengan 460 piksel per inci.

Kedua iPhone memiliki kecerahan maksimal 1200 nits untuk HDR, bersama dengan True Tone untuk menyesuaikan suhu warna layar dengan cahaya sekitar, Wide Color untuk warna yang kaya dan hidup, dan Haptic Touch untuk umpan balik.

Sistem kamera TrueDepth yang menghadap ke depan telah diperbarui dan takik ID Wajah sekarang lebih kecil, sehingga menghabiskan lebih sedikit ruang secara keseluruhan.

Seperti model tahun lalu, iPhone 13 dan 13 mini menampilkan kaca penutup Perisai Keramik yang diresapi dengan kristal nano-keramik untuk perlindungan yang lebih baik dari tetesan.

Tahan air dan debu IP68 disertakan, dan iPhone baru dapat bertahan hingga perendaman dalam air 6 meter hingga 30 menit.

Performa iPhone 13 dan iPhone 13 Mini

Chip Bionic A15 yang ditingkatkan memberi daya pada iPhone baru. Ini fitur CPU 6-core dengan 2 core kinerja dan 4 core efisiensi, GPU 4-core (satu inti GPU kurang dari model Pro), dan 16-core Neural Engine.

Ada kamera belakang dua lensa diagonal baru dengan kamera Wide dan Ultra Wide 12 megapiksel.

Kamera Wide memiliki apertur f/1.6 yang ditingkatkan yang memungkinkan 47 persen lebih banyak cahaya dan Stabilisasi Sensor-Shift, sedangkan kamera Ultra Wide memiliki apertur f/2.4 yang ditingkatkan untuk meningkatkan kinerja cahaya rendah.

Seiring dengan Mode Potret standar, Mode Malam, Selang Waktu, dan kemampuan fotografi lainnya, model iPhone 13 mendapatkan Mode Sinematik, fitur yang menggunakan fokus rak untuk mengalihkan fokus dengan mulus dari satu subjek ke subjek lainnya, mengaburkan latar belakang secara artistik dan membuat film- efek kedalaman kualitas.

Pemotretan mode sinematik dalam Dolby HDR dan kedalaman bidang serta keburaman dapat disesuaikan menggunakan aplikasi kamera iPhone. Model iPhone 13 juga mendukung perekaman video 4K hingga 60 fps.

Smart HDR 4 mengenali hingga empat orang dalam satu foto dan mengoptimalkan kontras, pencahayaan, dan warna kulit untuk masing-masing orang, dan Deep Fusion, penerusan dari iPhone 12, diaktifkan dalam pemandangan cahaya sedang hingga rendah untuk menonjolkan tekstur dan detail.

Gaya Fotografi adalah jenis filter yang ditingkatkan yang diterapkan secara selektif pada gambar, mematikan warna, atau meningkatkan ketajaman tanpa memengaruhi warna kulit.

Ada opsi Vibrant, Rich Contrast, Warm, dan Cool, panjang dengan pengaturan untuk Nada dan Kehangatan untuk penyesuaian dan penyempurnaan.

IPhone 13 dan 13 mini Apple dapat dibuka kuncinya dengan sistem pengenalan wajah ID Wajah, yang bekerja dengan kamera depan 12 megapiksel yang mendukung Smart HDR 4, Deep Fusion, Mode Malam, Mode Sinematik, Selfie Mode Malam, dan banyak lagi.

Konektivitas 5G disertakan untuk streaming video berkualitas lebih baik, panggilan FaceTime definisi lebih tinggi, dan peningkatan permainan, tetapi kecepatan mmWave super cepat sekali lagi terbatas pada kota-kota besar di Amerika Serikat.

Kecepatan 5G sub-6GHz yang lebih lambat tersedia di lebih banyak area pedesaan di AS dan di negara lain, dan ada dukungan untuk lebih banyak pita 5G untuk konektivitas 5G di lebih banyak tempat.

Konektivitas iPhone 13 dan iPhone 13 Mini

IPhone 13 dan 13 mini mendukung WiFi 6 dan Bluetooth 5.0, ditambah chip U1 Ultra Wideband untuk kesadaran spasial

Gigabit LTE didukung saat 5G tidak tersedia, dan untuk menghemat masa pakai baterai saat menggunakan 5G, Mode Data Cerdas beralih ke koneksi LTE saat kecepatan 5G tidak diperlukan.

Model iPhone 13 baru menawarkan dukungan eSIM ganda dan tidak dilengkapi dengan SIM fisik secara default, tetapi masih ada slot nano-SIM.

Daya tahan baterai telah meningkat secara signifikan berkat baterai yang lebih besar dan chip A15 yang lebih efisien.

IPhone 13 mini menawarkan daya tahan baterai hingga 1,5 jam lebih lama daripada iPhone 12 mini, dan iPhone 13 menawarkan daya tahan baterai hingga 2,5 jam lebih lama daripada iPhone 12.

Ruang penyimpanan mulai dari 128GB dan naik hingga 512GB di kelas atas. Ada gyro tiga sumbu bawaan, akselerometer, sensor jarak, sensor cahaya sekitar, dan barometer.

Seperti iPhone tahun lalu, iPhone 13 dan iPhone 13 mini memiliki magnet internal dan kompatibel dengan aksesori MagSafe, mengisi daya hingga 15W dengan Pengisi Daya MagSafe Apple.

IPhone juga mendukung pengisian cepat, yang menyediakan pengisian 50 persen dalam 30 menit dengan adaptor daya 20W

Tidak ada adaptor daya atau EarPod yang disertakan dengan iPhone 13 dan 13 mini, dan aksesori ini harus dibeli secara terpisah. Mereka mengirim dengan kabel USB-C ke Lightning untuk tujuan pengisian daya.

Harga iPhone 13 mini mulai dari $699, sementara harga iPhone 13 mulai dari $799, dan tidak ada kenaikan harga tahun ini.

Pra-pemesanan untuk model iPhone 13 baru dimulai pada hari Jumat, 17 September pukul 05:00 Waktu Pasifik, dengan peluncuran resmi menyusul pada hari Jumat, 24 September.

Harga dan Ketersediaan iPhone 13 dan iPhone 13 Mini

Harga iPhone 13 mini mulai dari $699, sementara harga iPhone 13 mulai dari $799, dan tidak ada kenaikan harga tahun ini. Pra-pemesanan untuk model iPhone 13 baru dimulai pada hari Jumat, 17 September pukul 05:00 Waktu Pasifik, dengan peluncuran resmi menyusul pada hari Jumat, 24 September.

Nasib iPhone di Masa Depan

Model iPhone 13 akan digantikan oleh iPhone 14, dan kami sudah mendengar desas-desus tentang perangkat 2022. Apple diharapkan menghilangkan takik untuk setidaknya beberapa model, mengadopsi kamera depan berlubang dan ID Wajah di bawah layar.

Model iPhone 14 juga dapat menampilkan desain baru yang menghilangkan tonjolan kamera, alih-alih memperkenalkan desain kamera rata untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Untuk lebih lanjut tentang apa yang diharapkan dari iPhone 14, kami memiliki pengumpulan iPhone 14 khusus.