Cara Membuat Google Cardboard Sederhana Dengan Mudah + Video Tutorial

Kamu pasti sudah pernah mendengar apa itu Google Cardboard? penasaran bagaimana cara membuat Google Cardboard sederhana tanpa mengeluarkan banyak biaya? berikut informasi lengkapnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita bahas terlebuh dahulu, apa itu Google Cardboard?

Menurut Wikipedia, Google Cardboard adalah, sebuah headset virtual reality (VR) ringan yang dikembangkan oleh Google yang konfigurasi bentuknya dipatenkan atas nama Google dan telah diperbolehkan dimanfaatkan oleh publik. VR Viewer ini digunakan pada perangkat telepon seluler (ponsel) pintar.

Program ini dikembangkan untuk mendorong minat pengguna dan pengembang untuk mengembangkan VR (virtual reality) agar bisa dinikmati dengan cara yang sederhana, terjangkau dan lebih menyenangkan.

Sedang Trending:  Cara Membuat Link Download Dari Google Drive

Untuk membuat Google Cardboard ini tidak lah sulit, cukup menggunakan komponen – komponen dengan harga murah sesuai petunjuk Google atau jika tidak ingin kesulitan, kamu bisa membeli versi pre manufaktur.

Untuk kamu yang tertarik membeli Google Cardboard tanpa harus susah payah membuatnya, silahkan ke link berikut ini : Get Cardboard – Google VR

Untuk kamu yang tertarik membuatnya sendiri, bisa mengikuti panduan tentang bagaimana cara membuat Cardboard dibawah ini.

Sedang Trending:  Cara Membuat Link Download Dari Google Drive

Cara Membuat Google Cardboard Sendiri Dengan Bahan Seadanya

bahan-dan-alat-untuk-membuat-google-cardboard-wood-min

Persiapan Bahan dan Alat

Langkah awal, kamu bisa melakukan persiapan terlebih dahulu dengan menyiapkan beberapa bahan dan alat seperti dibawah ini:

  1. Kardus Bekas yang masih layak pakai, kokoh dan tidak rusak
  2. Lensa
  3. Magnet
  4. Velcro
  5. Karet Gelang
  6. Smartphone android dengan ukuran layar minimal 5,5 inch (Sudah memiliki sensor Gyroscop)
  7. Memiliki aplikasi Cardboard (bisa download di playstore)
  8. Gunting

Pembuatan Google Cardboard

pembuatan-google-card-board-classic
Google Cardboard Classic V2 by Google VR Dev

Gunting

Gunting yang digunakan adalah gunting yang besar dan tajam karena kardus yang akan di gunting lumayan tebal atau juga sediakan Cutter. Dalam pengguntingan harus hati – hati, bila perlu sebelum digunting di buat gambar atau garis terlebih dahulu di atas kardusnya. Untuk yang bingung harus membentuk dan memotong kardus, silahkan gunakan template yang sudah ada melalui lini : Download Template Rangkaian kaca mata VR

Sedang Trending:  Cara Membuat Link Download Dari Google Drive

Untuk bentuk potongannya kurang lebih seperti dibawah ini

Bentuk Potongan Kardus Google Cardboard
Bentuk Potongan Kardus Google Cardboard

Lensa VR

lensa VR
lensa VR

Untuk bahan yang satu ini kamu bisa membelinya di toko – toko kacamata dengan ketentuan lensa harus berbentuk bulat serta cembung, ingat cembung bukan cekung. Lensa cembung berfungsi untuk mencegah terjadinya distorsi. Atau jika kamu ingin lebih hemat lagi, kamu bisa membuat lensanya menggunakan Botol bekas air mineral. Potong boto tersebut lalu isi dengan air, untuk lebih jelas tentang cara pembuatannya silahkan tonton pada video tutorial di akhir artikel.

Sedang Trending:  Cara Membuat Link Download Dari Google Drive

Magnet

magnet
magnet

Gunakan magnet dengan ukuran berdiameter 0.75 in atau 19mm serta memiliki ketebalan 0.12in atau 3mm. Magnet harus berbentuk bulat tipis seperti cincin, kamu bisa dapatkan magnet dengan kriteria seperti ini pada tas wanita yang menggunakan magnet sebagai penutup tasnya.

Sedang Trending:  Cara Membuat Link Download Dari Google Drive

Velcro dan Karet Gelang

velcrow
velcro

Bahan ini akan digunakan sebagai perekat antar kardus serta sebagai pengikat kamera agar tidak jatuh. Jika semuanya sudah siap, kalian tinggal rangkai semuanya menjadi satu. apabila bingung bagaimana cara merangkainya bisa kalian lihat video di bawah ini dan kurang lebihnya seperti itu.

Video Tutorial

Berikut video tutorial membuat google carboard sederhana.

Tinggalkan Balasan