Link Daftar CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/SMK, Cek Syaratnya

Posted on

Sejumlah instansi telah mengiklankan lowongan untuk lulusan SMA CPNS 2021. Informasi pendaftaran CPNS 2021 akan diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam konferensi pers pendaftaran CPNS-PPPK 2021 pada besok, Selasa (29.06.2021).

Nantinya, rekrutmen CPNS akan terdiri dari tiga jenjang seleksi yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi CPNS yang keduanya menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Seleksi CPNS hanya dipersyaratkan bagi warga negara Indonesia yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar. Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan, beberapa instansi memiliki jabatan untuk Lulusan CPNS 2021 SMA atau sederajat, Diploma, S1 sampai S2, disesuaikan dengan kebutuhan formasi jabatan di instansi tersebut.

Sejauh ini terkonfirmasi dari sejumlah formasi yang dibuka setidaknya ada dua instansi yang membuka lowongan bagi lulusan SLTA CPNS 2021.

Salah satunya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang telah mencanangkan kebutuhan hingga 2.445 formasi CPNS pada tahun 2021. Dimana untuk syarat pendidikan, yaitu terbuka dari SMA atau Abitur (SMA) sampai master pengrajin.

Selain itu, ada pula Basarnas yang membuka lowongan bagi lulusan CPNS 2021 untuk berbagai formasi jabatan. Dari total 27 formasi yang dibuka, terdapat sejumlah formasi jabatan yang akan menampung lulusan SMA/sederajat CPNS 2021 seperti penolong pemula, nahkoda, komandan, pengemudi, teknisi perminyakan, masinis, pelaut, bahkan Markonis. Namun, beberapa dari pelatihan ini memerlukan sertifikat khusus.

Namun, ada sejumlah persyaratan kelayakan untuk lulusan SMA CPNS 2021. Selama ini diketahui bahwa ada sejumlah persyaratan umum dan khusus yang berbeda-beda tergantung dari agen lowongan pekerjaan.

Di Basarnas, lulusan sekolah menengah atas dapat mendaftar untuk berbagai kursus pelatihan, asalkan mereka memiliki sertifikasi yang diperlukan untuk kursus pelatihan tersebut. Sedangkan untuk Kementerian Perhubungan, kelengkapan aplikasi yang akan dibuat meliputi ijazah, KTP dan lain-lain sesuai persyaratan.

Selain itu, secara umum calon pelamar CPNS lulusan SMA tahun 2021 terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:
1. tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;
2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat, baik atas permintaan sendiri maupun karena hormat, sebagai perwira/prajurit TNI/Polri;
3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta;
4. tidak bertempat tinggal sebagai CPNS, pegawai negeri sipil, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
5. Tidak menjadi anggota/pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis;
6. Memiliki kualifikasi pendidikan yang memenuhi persyaratan jabatan;
7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang diiklankan;
8. Siap ditampung di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditunjuk oleh instansi pemerintah.

Maka dari itu lowongan CPNS lulusan SMA tahun 2021 yang perlu diketahui pelamar. Bagi yang ingin melamar diminta untuk mempersiapkan terlebih dahulu persyaratan yang diperlukan, baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus untuk formasi jabatan yang dimaksud.

Silakan klik laman resmi SSCASN untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran CPNS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *