Cara Membuat Halaman About Us di Blog

Posted on

Untuk kamu yang menggeluti dunia tulis menulis di sebuah blog atau bahasa gaulnya itu “blogging” pasti sudah tahu cara membuat halaman about us yang baik dan benar.

Perlu kamu ketahui, halaman about us pada sebuah blog ataupun situs itu sangat penting, terlebih lagi untuk kamu yang membangun blog yang memang akan dikelola secara professional.

Halaman about us memiliki peran penting untuk kamu memperkenalkan atau menjelaskan mengenai seperti apa blog kamu, topik apa saja yang akan kamu bahas hingga mencerminkan seperti apa blog yang kamu kelola.

Semakin professional halaman about us sebuah atau sebuah situs semakin baik juga blog kamu dimata pembaca, terutama pembaca yang mencari informasi yang relevan, akurat dan terbaru.

Oke untuk lebih jelas tentang apa saja manfaat dari halaman about us, simak penjelasannya berikut ini yang kami kutip dari GetCraft.

Manfaat Halaman About Us

Menjelaskan pada audiens tentang cerita perusahaan/bisnis yang kamu kelola

Saat pengunjung blog kamu mengunjungi dan membaca halaman about us, hal tersebut menandakan bahwa mereka mulai tertarik untuk lebih jauh mengenal tentang blog yang kamu kelola.

Oleh karena itu, isi pada sebuah halaman about us perlulah ditulis semenarik mungkin, berikan pmbaca blog kamu fakta-fakta menarik tentang hal yang sedang kamu kelola.

Kebanyakan pembaca, sangat senang dengan hal-hal yang sifatnya historis, seperti cerita atau kisah perjalanan sebuah brand. Melalui hal itu kamu bisa menarik para pembaca blog kamu ke level yang lebih tinggi, misal menjadi pembeli produk yang kamu buat.

Menjadi alasan mengapa masyarakat lebih memilih brand kita

Halaman about us juga bisa dijadikan sebuah media untuk meyakinkan para pembaca untuk memilih blog yang kamu kelola. Para pengunjung situs biasanya kerap dihadapkan pada permasalahan, mengapa mereka memilih untuk membaca di blog yang kita kelola? apa kelebihan dibandingkan dengan blog atau situs lainnya?

Kalau kamu perhatikan, banyak sekali diluar sna blog-blog yang menawarkan hal yang sama seperti blog yang kamu buat. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menunjukan bagaimana kamu bisa memberikan pemecahan masalah melalui blog yang kamu buat.

Melalui halaman About Us ini, kamu bisa menjelaskan  secara lengkap, jelas mengenai apa tujuan blog kamu dibuat, hal apa saja yang kamu berikan kepada pengunjung dan berbagai hal positif lainnya yang bisa kamu bagikan kepada mereka.

Mengenalkan blog kamu kepada masyarakat

Harus kamu ingat baik-baik, tidak semua pengunjung blog atau situs itu hanya berkunjung karena artikel yang mereka butuhkan. Lebih jauh lagi, saat mereka merasa terbantu, dan mendapatkan manfaatnya, mereka akan mencari tau lebih banyak mengenai blog kamu, siapa orang dibaliknya, hingga mungkin akan langsung menghubungimu melalui email yang tertera pada halaman about us.

Menimbulkan emosi

Melaui halaman about us juga kamu bisa membangun kedekatan emosional kepada para pengunjung blog atau situs kamu.

Maka itu penting di dalam sebuah halaman About Us untuk mencantumkan ekspektasi yang dapat kamu berikan kepada mereka.

Meningkatkan konversi

Seperti yang diungkapkan di atas, halaman ini memiliki fungsi untuk meningkatkan kepercayaan para pengunjung situs. Karena itu dalam membuatnya hal yang penting diperhatikan adalah berkonsentrasi kepada kebutuhan dan juga berbagai pertanyaan audiens.

Kita dapat memberikan berbagai informasi yang dapat memberikan nilai tambah kepada para audiens, dan juga memberi tahu mereka aspek positif bahwa bisnis yang kita kelola memiliki manfaat dan dapat memecahkan permasalahan mereka.

Dengan begitu, nilai konversi blog yang kamu kelola pun dapat meningkat. Inilah sebabnya, penting bagi kamu untuk menyajikan halaman About Us ini secara menarik.

Cara Membuat Halaman About US

Untuk membuat halaman about us ini cukup mudah, kamu bisa membuat sebuah halaman baru pada situs kamu lalu kamu beri judul “About Us” atau Tentang.

Lalu bagaimanakah cara membuat halaman about us yang menarik bagi para pengunjung situs? Dibawah ini adalah tips dan trik untuk kamu.

Tulislah Berbagai Hal yang Mampu Membangkitkan Minat Pengunjung

Kamu bisa menuliskan berbagai hal-hal lucu, unik dan tidak biasa ketika mengenalkan mengenai tentang seperti apa blog kamu itu.

Kamu bisa membuat headline untuk mempertegas dan memperjelas sesuatu yang erat kaitannya dengan identitas Website yang kamu kelola.

Semakin menarik penjelasan yang kamu buat, semakin penasaran juga para pengunjung blog kamu untuk menelusuri semua hal yang ada pada blog yang kamu buat.

Sajikan Konten Halaman Lebih Informatif

Kalau pada umumnya, halaman about us hanya sekedar tulisan saja yang dibuat, kamu bisa membuatnya lebih informatif. Bisa menggunakan infografik atau video penjelasan yang kamu buat dengan narasi dan motion yang unik.

Tunjukan bahwa blog yang kamu buat itu memiliki nilai dan memang sebuah pilihan tepat bagi mereka berkunjung ke blog yang kamu buat.

Hindari kalimat-kalimat yang tidak penting dan cenderung buang-buang waktu para pengunjung situs blog kamu.

Berikan Informasi yang Jujur

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, halaman about us bisa menjadi media untuk mengkonversi para pengunjung menjadi sesuatu yang lebih baik, contohnya dikonversikan menjadi sales kalau blog kamu memang memiliki produk.

Oleh sebab itu, pada halaman about us, usahakan berikan informasi yang ringkas dan juga jujur. Hindari hal-hal yang negatif seperti melebih-lebihkan pernyataan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan Website perusahaan atau blog pribadi tersebut.

Ceritakan Riwayat Mengenai Lingkup Bisnis

Untuk lebih meyakinkan para pengunjung blog, kamu bisa menceritakan perjalanan atau kisah kamu dalam membangun blog yang kamu kelola. Berikan informasi-informasi mengenai hal-hal yang telah blog kamu capai. Ceritakan berbagai hal-hal menarik dengan dikemas semenarik mungkin.

Sabagai saran, ceritakan secara ringkas mengapa pemilik web bersedia untuk menjalankan jenis usaha seperti ini. Kemudian dilanjutkan dengan pengalaman jatuh bangun selama menjalani proses bisnis. Secara tidak langsung kisah tersebut menjadi sarana berbagi pengalaman dengan para pengunjung.

Cantumkan Informasi Kontak

Ini merupakan salah satu hal penting, kedatangan pengunjung pada sebuah blog ataupun situs bukan tanpa alasan yang jelas. Mereka akan mencari informasi mengenai suatu layanan dan hal pertama dilihat adalah informasi kontak. Maka peran ‘about us’ sebagai tempat menampilkan informasi terkait kontak itu sangat wajib.

Lakukan Pembaruan Mengenai Konten About Us

Seiring berkembangnya sebuah situs ataupun blog, pasti akan ada sebuah perubahan. Entah itu topiknya atau layanan bisnisnya. Hal-hal seperti itu sangat bagus kamu sampaikan kepada para pembca, sehingga mereka tahu bahwa tempat yang mereka kunjungi itu selalu di kembangkan.

Oleh sebab itu sangat wajib hukumnya bagi pemilik situs melakukan pembaharuan halaman about us ketika blog tersebut memiliki hal-hal baru yang memang bermanfaat untuk para pengunjung.

Tutup dengan Tagline yang Kuat

Setelah semua hal seperti, latar belakang, proses bisnis, ataupun topik yang dibahas pada blog, kamu bisa menutup halaman tersebut dengan sebuah tagline yang bisa membuat para pengunjung ingat dan memberikan penjelasan lebih tegas kepada para pembaca mengenai blog yang kamu buat.

Tujuan adalah memperjelas identitas karakter suatu individu maupun perusahaan. Disertai pula dengan merespon tanggapan secara cepat bagi siapapun pengunjung yang tidak ingin berlama-lama membaca keseluruhan konten.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *