Bisnis Usaha Percetakan: Kupas Tuntas Potensinya

Posted on

Apakah kamu sedang mencari bisnis dengan omset yang stabil? Atau mencari bisnis dengan modal yang ringan? Bisnis percetakan adalah pilihan yang tepat. Bagi kamu para pemula yang sedang membangun karir, bisnis usaha percetakan dapat kamu coba.

Bisnis usaha percetakan
Persiapkan 4 tahapan ini sebelum mulai bisnis usaha percetakan. | via teknologi24.com

Saat ini bisnis percetakan menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, jika dibandingkan dengan bisnis lainnya. Peluang sukses dalam bisnis ini pun cukup besar jika kamu mampu memanfaatkan waktu dan keadaan.

Peluang Bisnis Usaha Percetakan

Untuk dapat sukses pada usaha percetakan, kamu harus tau di lingkungan apa saja bisnis ini dapat berkembang pesat. Sebagai contoh kamu dapat mencari tempat yang akan kamu gunakan sebagai ladang bisnis percetakan.

Beberapa tempat yang dapat kamu coba untuk membangun bisnis percetakan, antara lain:

 Area Sekitar Kampus

Area kampus menjadi salah satu tempat yang sangat strategis untuk mengembangkan bisnis usaha percetakan. Tidak sedikit dari para mahasiswa yang membutuhkan jasa percetakan baik itu fotocopy, print, cetak malakah, jilid buku, cetak proposal, cetak skripsi, hingga cetak buku.

Modal awal yang digunakan akan tergantikan dengan cepat, sehingga penghasilan serta keuntungan yang didapatkan pun akan meningkat. kamu hanya perlu menyediakan peralatan di awal, seperti menyediakan kertas, tinta, gunting, isolasi besar, dan lain-lain.

Perkotaan

Jumlah penduduk perkotaan lebih padat jika dibandingakan dengan penduduk di pedesaan, kebutuhan penduduk kota akan percetakan tentu lebih besar dan lebih banyak. Untuk perkotaan,  kamu dapat memilih tempat percetakan yang dekat dengan jalan raya dan ramai dilewati warga.

Mengapa demikian? Agar bisnis percetakan kamu dapat tersebar luas, dan mudah dijangkau oleh banyak orang. Karena seseorang tentu akan memilih tempat yang mudah untuk dijangkau, termasuk yang dekat dengan jalan raya.

Dekat Perkantoran

Area lain yang dapat kamu jadikan tempat membangun bisnis usaha percetakan adalah dekat perkantoran, biasanya para pegawai sering kesulitan untuk menggkamukan berkas dalam jumlah yang banyak jika hanya mengkamulkan pada print kantor, sehingga para karyawan akan menggkamukannya pada tempat percetakan.

Area Sekolah

Wilayah sekitar sekolah menjadi area yang sangat strategis untuk mengembangkan bisnis percetakan, apakah di dalam sekolah tidak tersedia print? Tentu tersedia, namun tidak sedikit dari siswa yang mendapatkan tugas membuat makalah, laporan penelitian, dan lain-lain.

Untuk mencetak tugas, tidak mungkin jika menggunakan alat percetakan yang ada di sekolah. Karena print sekolah hanya diperuntukkan untuk keperluan sekolah atau pun dewan guru, untuk mengerjakan tugasnya para siswa tentu akan mencari tempat percetakan.

Macam-macam Bisnis Percetakan

Jika kamu ingin menekuni bisnis percetakan, ada beberapa macam bisnis percetakan yang dapat kamu dijalankan. Berikut diantaranya:

Bisnis Print out dan scan

Pada bisnis ini kamu hanya membutuhkan modal sekitar 3 juta untuk membeli alat print, tinta dan kertas dengan berbagai ukuran.

Bisnis fotokopi

Bisnis percetakan yang satu ini juga memiliki omset yang lumayan, apalagi jika kamu membuakanya pada salah satu dari 4 area di atas. Untuk bisnis fotocopy kamu juga dapat melakukannya dengan berjualan peralatan tulis, mulai dari pena, pensil, penghapus, spidol, kertas polio, map berkas dan masih banyak lagi.

Bisnis fotokopi dan jilid berkas

Bisnis fotocopy yang menyediakan jilid berkas akan lebih diminati dan memiliki banyak pengunjung, jika dibandingkan dengan bisnis fotocopy saja. Untuk peralatan menjilid berkas pun sangat sederhana, kamu hanya perlu menyediakan isolasi hitam, sampul mika dengan berbagai pilihan warna, dan staples besar.

Bisnis percetakan majalah

Salah satu bisnis percetakan lain yang tak kalah besar adalah percetakan majalah, Apa kamu tau mengapa? Karena dalam sekali percetakan majalah jumlah minimal yang ditetapkan adalah 100 buku, kemudian berlaku kelipatan.

Untuk memulai bisnis percetakan majalah memang membutuhkan modal yang besar jika dibandingkan engan percetakan lainnya. Namun setelah majalah dicetak dan dibayar, kamu akan mendapatkan omset ynag besar pula.

Bisnis percetakan kalender dan buku

Saat ini kalender menjadi salah satu media paling mudah dalam mempromosikan sekolah di masyarakat, melihat hal ini, tentu bisnis percetakan kalender juga sangat menjanjikan. Namun, setiap bisnis percetakan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pun dengan bisnis percetakan kalender.

Cetak kalender hanya terjadi sekali dalam satu tahun, namun jumlah cetakan yang diminta pun sangat banyak, sesuai dengan jumlah siswa dalam sekolah tersebut. Jika yang melakukan pemesana adalah universitas maka jumlah dan skala prmintaan pun akan semakin banyak.

Bisnis cetak undangan

Bisnis cetak undangan dapat dikatakan salah satu bisnis yang menjanjikan, namun sayangnya saat ini dengan adanya digitalisasi pada berbagai aspek kehidupan, banyak ditemui undangan digital, tentu hal ini akan semakin mempermudah, namun mempersulit bagi kamu pebisnis cetak undangan.

Namun jangan khawatir, karena meskipun undangan pernikahan telah tersebar secara digital, undangan pernikahan tetap dicetak secara hard file oleh pemiliknya.

Konsisi Pasar untuk Bisnis Usaha Percetakan

Saat ini memang telah tersebar banyak bisnis percetakan. Meskipun demikian, kebutuhan masyarakat akan percetakan pun semakin besar.

Hal ini dapat dikarenakan jumlah penduduk yang semakin banyak dan jumlah angka produktif yang banyak pula, dimana dalam beberapa tahun ke depan Indonesia akan mengalami bonus demografi, (jumlah penduduk dengan usia produktif yang sangat banyak).

Pendidikan yang semakin berkembang pesat, membuat bermunculannya dunia-dunia pendidikan baru, baik itu pada tingkat dasar, menengah atau pun atas. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa bisnis percetakan cenderung lebih stabil dari bisnis yang lainnya. karena kondisi pasar pada bisnis ini konstan.

Tips Memulai Bisnis Usaha Percetakan

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk memulai bisnis ini, berikut tips yang dapat kamu lakukan, diantaranya:

Mengerti akan dunia percetakan

Sebelum kamu berniat untuk terjun dalam dunia percetakan, alangkah baiknya jika kamu tau dan mengeti ilmu-ilmu seputar percetakan. Apalagi jika kamu tidak tau apa untung dan ruginya masuk dalam dunia percetakan. Setidaknya jika kamu mengetahui ilmunya akan membuatmu optimis dan tak mudah menyerah.

Memiliki rencana bisnis

Jika kamu telah mengetahui apa itu percetakan, untuk menjalankan sebuah bisnis kamu harus dapat merancang seperti apa bisnis yang ingin kamu jalankan. Membangun strategi dalam berbisnis, melakukan riset pasar dan peluang dimana bisnis akan berkembang pesat.

Persiapkan modal

Semua bisnis tentu membutuhkan modal, berapa banyaknya modal tergantung pada rencana bisnis yang telah kamu susun, tentunya berdasarkan pertimbangan yang matang.

Buka usaha percetakan

Setelah semua siap, maka tunggu apa lagi? Segera buka usaha percetakan. Jangan lupa untuk mengacu pada salah satu dari 4 area strategis di atas. Setelah kamu membukanya jangan lupa untuk tetap melakukan promosi di sosial media, atau dengan poster dan yang lainnya.

Tunggu apalagi? jangan tunda kesuksesan kamu. Segera mulai bisnis usaha percetakan dan raih omset jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *