Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Ponsel Pintar

Posted on

Smartphone umumnya memiliki aplikasi bawaan (bloatware) yang sudah terinstall sejak pertama kali dibeli. Terlalu banyak aplikasi bawaan bisa menganggu performa smartphone. Kamu bisa menghindari hal itu dengan cara menghapus aplikasi bawaan dengan cukup mudah.

Kenapa ada bloatware?

Bloatware atau aplikasi bawaan menjadi salah satu strategi marketing produsen pembuat smartphone, agar aplikasi buatannya digunakan oleh pengguna smartphone.

Bloatware memang tidak mengandung malware atau virus berbahaya, tapi jika terlalu banyak aplikasi bawaan, bisa membuat penyimpanan menjadi bengkak.

Buat kamu yang memiliki smartphone dengan aplikasi bawaan yang cukup banyak dan membuat kinerja smartphone menjadi lambat, kamu bisa menggunakan cara berikut ini untuk menghapus aplikasi bawaan.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Ponsel Pintar

Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

cara-menghapus-aplikasi-bawaan-di-android
Menghapus Aplikasi Bawaan Bloatware di Android | Image via unsplash.com
  1. Buka menu Setting, pilih menu Apps and notification.
  2. Pilih see all apps.
  3. Pilih  aplikasi yang ingin kamu hapus dan klik uninstall.
  4. Jika saat memilih aplikasi tidak bisa di Uninstall kamu bisa memilih disable.

Dilansir dari Nexpit, pilihan disable akan membantu meringankan kinerja smartphone dengan cara mencegah aplikasi berjalan di sistem yang akan mengonsumsi RAM.

Bagi Anda yang menginginkan agar aplikasi Bloatware lenyap, ada cara yang lebih rumit.

  1. Install aplikasi Android Studio developer tool di PC atau Laptop kamu.
  2. Masuk mode developer pada HP dengan cara akses ‘About Phone‘ di dalam menu Pengaturan. Lalu ketuk pada Build Number sebanyak 7 kali.
  3. Aktifkan USB debugging.
  4. Hubungkan HP Android ke komputer menggunakan kabel USB.
  5. Setelah HP Android tersambung, bukan PowerShell di Windows dari folder Android Studio di mana  Android Debug Bridge (ADB) berada.
  6. Windows Anda akan menuju ke C: Users AppData Local Android Sdk platform-tools. Kemudian tekan Shift + klik kanan di dalam folder dan pilih Buka jendela PowerShell.
  7. Setelah PowerShell atau jendela Terminal terbuka, jalankan command  “. adb devices” untuk memulai tautan dan kemudian “adb shell” untuk mendapatkan kendali atas perangkat Android yang terhubung PC atau Laptop.
  8. Perintah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah “pm uninstall -k –user 0 “. ” adalah nama paket aplikasi yang ingin kamu hapus. Untuk mendapatkan nama paket aplikasi menggunakan App Inspector.

Menghapus Aplikasi Bawaan di iOS

cara-menghapus-bloatware-di-iphone
Menghapus Bloatware di iPhone | Image via Unsplash.com

Untuk pengguna iPhone, kamu juga bisa menghapus aplikasi bawaan. Untuk bisa menghapus aplikasi bawaan iPhone kamu harus menggunakan iOS 10 ke atas.

Kenapa harus iOS 10?

Karena versi dibawah itu aplikasi tidak diperbolehkan atau tidak bisa dihapus.

Aplikasi bawaan yang bisa dihapus pada iPhone meliputi Calculator, Calendar, Compass, Contacts, FaceTime, Home, iBooks, iCloud Drive, iTunes Store, Mail, Maps, Music, News, Notes, Podcasts, Reminders, Stocks, Tips, Videos, Voice Memos, Watch dan Weather.

Seperti dikutip dari Wired, untuk cara menghapus bloatware pada iPhone itu sama dengan menghapus aplikasi pada umumnya.

  1. Tekan agak lama pada ikon aplikasi.
  2. Lalu pilih Delete App.
  3. Kemudian pilih Delete lagi untuk mengkonfirmasi perintah hapus.
  4. Selesai

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *