cara-menyembunyikan-aplikasi-di-hp-oppo

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

Artikel ini terakhir diperbarui pada 17 April 2023.

Kamu pasti pernah mencari cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo, biasanya aplikasi yang ingin disembunyikan ini rahasia atau menyimpan data penting. Sehingga butuh disembunyikan supaya tidak diketahui oleh orang lain.

Untuk menyembunyikan aplikasi pada sebuah smartphone terbilang mudah. Biasanya untuk melakukan hal itu, kamu butuh bantuan aplikasi. Tapi untuk kamu pengguna HP Oppo, untuk menyembunyikan aplikasi tidak butuh aplikasi tambahan.

Hal ini dikarenakan, Oppo memberikan fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Sehingga aplikasi penting yang menyimpan data kamu tidak dapat diakses oleh orang lain. Lalu bagaimana caranya? untuk kamu yang belum mengetahui caranya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Tanpa Aplikasi

Untuk menyembunyikan aplikasi pada HP Merek Oppo kamu butuh meng-enkripsi aplikasinya terlebih dahulu, begini caranya:

1. Buka menu [Pengaturan] > [Keamanan] > [Kunci Aplikasi], lalu masukkan kode verifikasi untuk masuk ke menu Enkripsi Aplikasi.

2. Pilih aplikasi, kemudian pilih menu [Mulai Verifikasi Kode Sandi], lalu pilih [Sembunyikan ikon layar utama].

3. Setelah itu akan ada Pesan nitifiaksi yang akan muncul di layar yang memintamu mengatur kode akses. Sesudah kamu menentukan kode akses, tap pada  Setel Nomor Akses.

4. Dimulai dengan memasukan angka dan diakhiri dengan “#” dan berisi satu hingga enam belas karakter, lalu tekan Selesai .

cara menyembunyikan aplikasi di HP oppo
cara menyembunyikan aplikasi di HP oppo | via support.oppo.com

Cara Menampilkan Aplikasi yang Disembunyikan di HP Oppo

Jika kamu merasa sudah tidak perlu menyembunyikan aplikasi tersebut, kamu bisa mengembalikannya seperti semula.

Caranya, buka aplikasi Telepon, kemudian masukkan kode akses yang sudah kamu atur sebelumnya dengan format seperti pada gambar diabwah ini. Maka aplikasi yang tadinya tersembunyi akan muncul kembali.

cara-menampilkan-kembali-aplikasi-yang-disembunyikan
cara menampilkan kembali aplikasi yang disembunyikan di HP Oppo | via support.oppo.com

Catatan penting:

  • Kode akses hanya bisa diatur sekali saja, yakni saat pertama kali kamu membuat kode tersebut. Jika lupa, kamu harus  me-reset ulang HP kamu ke pengaturan pabrik untuk mengatur ulang kode akses.