Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Yang Kotor

Posted on

Selain spesifikasi HP dan lensa kamera yang bagus, ada hal lain yang menentukan hasil foto sebuah kamera, yaitu masalah kebersihan lensa. Untuk itu kita perlu menjaganya, cara membersihkan lensa kamera HP juga termasuk mudah.

Kalau dulu, untuk memiliki sebuah kamera saja butuh mengeluarkan banyak sekali uang, sekarang justru kebalikannya. Dengan dana yang cukup terjangkau kamu sudah bisa mendapatkan kamera dengan kemampuan yang maksimal.

Bahkan untuk mendapatkan kemampuan kamera yang bagus, kamu tidak perlu membeli kamera DSLR. Cukup membeli smartphone kamera, kamu sudah bisa mendapatkan kamera dengan kemampuan yang setara dengan kamera DSLR.

Banyak merek HP diluaran sana yang menawarkan produknya yang sudah dibekali kamera berkemampuan tinggi. Sebut saja merek-merek seperti, Sony, Oppo, Xiaomi, Samsung dan Apple. Bahkan diantara merek tersebut ada yang menawarkan kemampuan fotografi yang menakjubkan, seperti Samsung S21 Ultra.

Tapi sebagus apapun HP Kamera nya, jika kamu tidak bisa merawatnya dengan benar, kamera HP kamu tidak akan memberikan hasil maksimal. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah masalah kebersihan lensa kamera.

Penyebab Kotornya Lensa Kamera HP

penyebab-lensa-kamera-hp-kotor
Lensa Kamera Eksternal Untuk HP | via Bukalapak.com

Ada beberapa hal yang menyebabkan lensa kamera menjadi kotor dan buram :

Debu

biasanya debu akan hinggap di lensa jika kamu menggunakan HP di ruangan yang kotor, atau memotret di luar ruangan yang berdebu. Debu yang ada pada lensa harus dibersihkan sebelum kamu menggunakan kamera, agar ketika mengambol foto, hasilnya tidak jelek.

Sidik Jari

penyebab lensa kamera menjadi buram adalah karena sidik jari. Hal ini biasanya terjadi jika tangan berkeringat dan berminyak lalu menyentuh lensa. Oleh sebab itu biasakan bersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh lensa kamera.

Goresan dan Benturan

Penyebab selanjutnya adalah karena adanya goresan. Goresan terjadi biasanya akibat ketidak sengajaan seperti ketika HP jatuh. Atau bisa dikarenakan meletakkan HP secara sembarangan, seperti di permukaan yang kasar.

Jamur

Penyebab yang terakhit adalah karena adanya jamur. Kenapa jamur bisa tumbuh? hal ini terjadi biasanya terjadi di negara-negara yang memiliki iklim tropis dan lembab.Jadi letakkan HP di ruangan yang memiliki suhu yang normal tidak panas dan tidak lembab. Jika terkena air segera dikeringkan.

Ada banyak sekali cara membersihkan lensa kamera HP yang bisa kamu coba. Hal terpentingnya adalah, untuk merawat lensa kamera pada HP tidaklah sulit dan biayanya pun sangat murah. Simak info lengkapnya berikut ini.

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP yang Berdebu

cara-merawat-lensa-kamera-hp
Membersihkan Lensa Kamera HP | via Vimvoxlab.com

Untuk membersihkan lensa kamera pada HP bisa menggunakan bahan dan alat yang ada di sekitar ktia. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Siapkan bahan dan peralatannya terlebih dulu seperti pasta gigi, cotton bud, lap microfiber, dan air bersih.
  2. Oleskan sedikit saja pasta gigi di lensa kamera (jangan sampai berlebihan)
  3. Ratakan menggunakan cotton bud secara searah.
  4. Setelah rata, diamkan beberapa saat.
  5. Setelah itu bersihkan pasta gigi menggunakan kain microfiber yang sudah diberi air. Bersihkan hingga bersih
  6. Pengguna tidak perlu khawatir lensa dari perangkat ponselnya akan rusak, karena sebenarnya kamera ponsel biasanya dilindungi dengan lapisan pelindung, seperti oleophobic coating, di bagian luarnya.

Menggunakan cara diatas, selain bisa membersihkan kotoran yang menempel pada lensa, juga bisa membantu menghilangkan goresan yang ada pada lapisan pelindung paling luar  sebuah lensa kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *