cara menambah ram hp android

Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Artikel ini terakhir diperbarui pada 15 April 2023.

Mungkinkah menambah RAM pada HP android tanpa root? Sampai dengan saat ini tidak ada cara untuk melakukan hal tersebut. Hal ini dikarenakan RAM adalah salah satu hardware yang tertanam pada smartphone.

Jadi jika kamu ingin menambah kapasitas RAM pilihannya adalah membeli smartphone baru yang punya kapasitas RAM lebih besar.

Untuk menangani kapasitas RAM yang kecil, jalan satu-satunya adalah dengan mengelola penggunaan kapasitasnya agar tidak habis.

Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Dengan penjelasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa menambah kapasitas RAM pada HP itu tidak mungkin dilakukan menggunakan bantuan software. Jadi harus melakukan upgrade hardware atau membeli smartphone baru.

Jadi untuk menambah RAM HP Android, hanya bisa dilakukan dengan cara mengelola penggunaannya supaya bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar walaupun kapsitas RAM terbatas.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

#1. Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Untuk memaksimalkan kinerja smartphone dan mengurangi penggunaan RAM, kamuh perlu menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang jarang bahkan tidak terpakai, contohnya adalah aplikasi bawaan (bloatware).

Saat pertama kali membeli HP baru, biasanya HP itu sudah dibekali aplikasi bawaan yang terinstal. Bahkan tidak jarang, aplikasi yang terinstall itu tidaklah banyak berguna.

Oleh sebab itu, daripada tidak terpakai, lebih baik di nonaktifkan saja atua dihapus jika memungkinkan.

Namun jika aplikasi bawaan tidak bisa dihapus, kamu cukup menonaktifkannya saja dengan cara dibawah ini:

  1. Buka Menu Pengaturan
  2. Pilih Menu Aplikasi
  3. Klik semua aplikasi di bagian bawah yang kamu rasa tidak terpakai.
  4. Tap pada pilihan menu “paksa berhenti dan nonaktifkan“.

#2. Hindari Menggunakan Widget dan Live Wallpaper

Cara kedua yang bisa kamu lakukan dalam penggunaan RAM yang berlebih adalah dengan cara menghindari penggunaan Widget seperti cuaca ataupun live wallpaper yang membuat layar smartphone terus menyala walaupun dalam kondisi terkunci.

Kedua hal tersebut memang membuat tampilan layar smartphone kamu lebih hidup dan menarik, tapi akan membuat kapasitas RAM terkuras cukup banyak bahkan baterai cenderung lebih boros.

#3. Gunakan Aplikasi Android Cleaner

Selain dua cara diatas kamu bisa menggunakan aplikasi android cleaner untuk mengurangi penggunaan RAM yang berlebih. Ada banyak aplikasi Android Cleaner yang bisa kamu gunakan dan kamu dapatkan secara cuma-cuma seperti, Smart Booster, RAM Control Extreme Pro, Swapper dan masih banyak lainnya.

Fungsi dari aplikasi-aplikasi tersebut adalah untuk menghapus dan membersihkan file-file sampah sudah tidak terpakai dan membebani kinerja smartphone, sehingga smartphone kamu jadi lebih kambat.

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mematikan program-program yang jarang dipakai tetapi masih terinstal dan aktif pada sebuah smartphone.

3 Cara diatas memang tidak bisa digunakan untuk menambah RAM HP Android, tapi RAM HP kamu jadi lebih terkontrol penggunaannya sehingga kinerja samrtphone tetap optimal dan tidak lelet.

Lebih baiknya lagi, dengan mengontrol penggunaan RAM, kamu juga bisa menghemat penggunaan baterai supaya tidak boros dan memperpanjang waktu hidup smartphone kamu.