cara-merekam-layar-hp

Cara Merekam Layar HP Android dan iPhone Tanpa Aplikasi

Artikel ini terakhir diperbarui pada 13 April 2023.

Cara Merekam Layar HP Android. Tahukah kamu bahwa saat ini, tak cuma screenshot saja, kamu juga bisa merekam layar HP kamu loh!

Teknologi ini biasanya dimanfaatkan oleh para youtuber sekaligus gamer yang menyajikan konten dengan cara merekam layar HP saat sedang bermain game untuk kemudian di upload ke akun youtube mereka.

Meski terdengar serupa, nyatanya screenshot dan screen recorder (merekam layar HP) adalah dua hal yang berbeda dan cara mengaplikasikannya pun berbeda.

Teknologi screen recorder atau merekam layar HP biasanya dimanfaatkan untuk merekam videocall, tutorial, game, dan banyak lagi yang lainnya. Lalu, bagaimana sih cara merekam layar HP?

Caranya mudah, ada dua metode yaitu merekam layar HP menggunakan aplikasi dan merekam layar HP tanpa aplikasi.

Cara Merekam Layar HP Tanpa Aplikasi

Untuk cara merekam layar Hp android tanpa aplikasi, pertama-tama kamu harus mengetahui terlebih dahulu versi OS Android HP kamu.

Cara mengecek versi OS android kamu juga mudah, cukup buka pengaturan, lalu buka tentang perangkat, kemudian lihat pada tulisan “android version” atau “versi android”, di situ akan tertulis dengan jelas, versi android apa yang ditanamkan pada HP kamu.

Nah, jika kamu kemudian memiliki HP dengan android versi 9 atau lebih, maka fitur screen recorder atau rekam layar sudah terpasang pada ponsel kamu.

Merekam Layar di HP Android

cara-merekam-layar-hp-android
aplikasi screen recorder android | via Google Play Store

Kalau sudah terpasang begini, maka kamu cukup ikuti cara di bawah untuk merekam layar HP android kamu :

  1. cukup usap layar ponsel kamu ke bawah.
  2. cari ikon dengan tulisan “screen recorder” atau perekam layar pada panel.
  3. sentuh ikon tersebut untuk mengaktifkan.
  4. Masuk ke menu baru, lalu pilih rekam layar untuk merekam.
  5. Hasil perekaman kamu akan langsung tersimpan di galeri.

Merekam Layar di Iphone

cara-merekam-layar-hp-iphone
Merekam Layar Hp iPhone | via Youtube.com

Pun dengan iPhone, jika kamu ingin merekam layar HP iPhone, perhatikan juga iOS yang digunakan. Jika iPhone mu mneggunakan iOS 11 ke atas, maka fitur merekam layar ini seharusnya sudah otomatis ada.

Cara merekam layar iPhone :

  1. Buka Setting, lalu pilih Control Center, pilih Customize Controls.
  2. Cari simbol (+) untuk menambahkan screen record.
  3. Buka control center, cukup dengan mengusap dari bawah layar iPhone.
  4. Pilih screen record, tahan sebentar, kemudian pilih Microphone.
  5. Tunggu 3 detik sebelum mulai merekam.
  6. Kemudian di atas layar akan muncul bar berwarna merah yang menandakan bahwa perangkat sedang merekam.
  7. Untuk berhenti merekam, pilih bar merah di atas, lalu pilih stop. Rekam layar selesai, lihat hasilnya di galeri, ya!

5 Aplikasi Screen Recorder Terbaik Untuk Android

Nah, sekarang untuk kamu yang HP nya belum sampai ke versi dimana fitur screen recorder tertanam, cara merekam layar HP pun membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Di bawah ini adalah lima aplikasi rekam layar HP terbaik untuk Android :

1. Free Cam

Sesuai namanya, aplikasi ini gratis ,tanpa iklan dan tanpa watermark. Tapi, sangat berkualitas. Hasil videonya punya resolusi tinggi, video tersimpan hanya dalam bentuk WMV, dan bisa langsung di upload  ke Youtube pula.

Aplikasi ini juga bisa menghapus fragmen yang tidak kamu inginkan, menghilangkan noise pada background dan juga ada beberapa efek audio yang bisa di pilih.

2. ADV Screen Recorder

Aplikasi yang mempunyai semua fitur penting dalam merekam. Seperti pengaturan resolusi, frame rate, bit rate, hingga menggambar serta menulis di atas klip. Kamu juga bisa menggunakan kamera depan ataupun belakang.

Aplikasi ini juga menghasilkan video tanpa watermark dan juga kamu tidak memerlukan akses root. Aplikasinya pun cukup ringan meski berisi iklan.

3. Super Screen Recorder

Salah satu aplikasi untuk merekam layar HP android yang jadi favorit user. Karena aplikasi ini sangat user friendly selain itu, Super Screen Recorder juga punya banyak fitur edit video.

Tidak ada batas waktu perekaman, tidak perlu HP yang di rooting. Sangat direkomendasikan!

4. Screne Recorder

Aplikasi perekaman layar yang satu ini, gratis tanpa iklan dan juga pembelian di dalam aplikasi. Sangat ringan untuk android tetapi punya fitur cukup lengkap.

Menghasilkan video dengan beragam resolusi, frame rate dan bit rate. Fitur menarik seperti menambahkan teks atau logo dan mendukung Face Cam saat merekam.

5. Mobizen Screen Recorder

Aplikasi yang paling nyaman digunakan untuk merekam layar ketika bermain game. Resolusinya tinggi, punya fitur Face Cam juga untuk menangkap reaksi wajah kita.

Punya berbagai fitur lain untuk editing, tanpa akses root dan watermark. Sayangnya masih ada iklan dan pembelian dalam aplikasi.