Kamera Polaroid

Serba-serbi Kamera Polaroid : Cara Pakai, Perawatan, Hingga Rekomendasi

Artikel ini terakhir diperbarui pada 12 April 2023.

Selain kamera mirrorless dan DSLR, kamera polaroid sedang populer dikalangan anak muda. Dengan bentuk dan warna yang beragam membuatnya menjadi lebih menarik.

Kamera jenis ini hadir dengan berbagai bentuk dan warna yang lucu sehingga banyak diincar oleh kalangan anak muda.

Hasil foto kamera inipun memberikan kesan retro classic yang dinilai sangat estetik. Jadi wajar kalau kamu dan teman-teman tertarik dengan kamera yang satu ini.

Apa Itu Kamera Polaroid?

Kamera Polaroid pertama kali didesain oleh Edwin Land dan diperkenalkan ke publik pada tahun 1947 dengan merk dagang Polaroid.

Jadi sebetulnya, polaroid itu adalah nama merk dagang, loh! Tapi, karena merk polaroid ini sangat terkenal, akhirnya semua orang tetap menyebut kamera serupa dengan merk lain sebagai kamera polaroid.

Kamera Polaroid adalah kamera yang mempunyai kemampuan untuk memproses hasil bidikan menjadi satu lembar foto secara langsung. Kamera ini menggunakan film bernama film polaroid atau film polacolor untuk hasilkan foto berwarna.

Film polaroid atau polacolor ini berbentuk kertas photo kecil yang sudah didalamnya sudah dibubuhi senyawa kimia aktif.

Ketika kamu mengambil gambar, lensa akan menangkap gambar tersebut saat itulah rol pada kamera melepaskan satu film.

Kemudian saat rana terbuka film ini akan terkena cahaya, senyawa kimia dalam film pun bekerja lalu menghasilkan foto secara langsung.

Tidak butuh waktu lama, cukup beberapa menit saja, maka kamu bisa menikmati hasil foto dari kamera polaroidmu. Karena teknologi inilah, kamera jenis ini memikat hati banyak orang.

Cara Menggunakan Kamera Polaroid

Kamera Polaroid Supercolor 1000 Deluxe
Supercolor 1000 Deluxe Polaroid Camera | via unsplash

Meskipun terlihat mudah, tinggal jepret dan foto langsung jadi, tapi sebetulnya untuk menghasilkan foto yang bagus dengan menggunakan kamera jenis polaroid itu cukup tricky.

Tapi jangan khawatir, di bawah ini sudah ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk hasilkan foto yang bagus dengan menggunakan kamera polaroid.

1. Baca Buku Panduan

Ini adalah langkah awal yang sering dilewatkan. Padahal, lewat buku panduan kamu bisa tahu lebih detail mengenai fitur-fitur yang tersedia di kamera polaroid kamu.

Selain itu, buku panduan juga akan memberikan kamu petunjuk pemakaian dan fungsi-fungsi pada kamera ini. Karena setiap merk dagang kamera polaroid pasti punya ciri khas tersendiri, jadi pastikan jangan lewati langkah yang satu ini ya!

2. Jangan Asal Ambil Gambar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamera polaroid memproses hasil bidikan secara langsung. Maka dari itu, jangan asal ambil gambar, karena gambar yang kamu ambil akan langsung di proses tanpa bisa dihapus.

Sementara film yang tersedia terbatas, jadi kalau kamu asal ambil gambar film polaroid ini akan terbuang sia-sia.

Oh iya, satu roll film dalam kamera ini hanya memungkinkan untuk mencetak 10 lembar foto saja, loh! Jadi pastikan untuk hati-hati dalam mengambil gambar.

Sedikit tips, jangan sembarangan mencabut film yang terpasang di kamera ya, karena nantinya bisa mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan.

Juga, bukan cuma bingkai putih, kamu juga bisa gunakan kertas film dengan bingkai berdesain yang lucu dan menarik. Tetapi, pastikan dulu kertas film yang kamu hendak gunakan sesuai dengan kamera polaroid-nya.

3. Gunakan Flash Dengan Pintar

Perlu kamu ingat, kamera ini menghasilkan foto yang cenderung lebih gelap selain itu warna backgorund pada kamera polaroid juga menghasilkan warna lebih gelap yang cenderung kurang fokus.

Sehingga pencahayaan merupakan salah satu faktor yang harus kamu pertimbangkan ketika memotret. Tapi bukan berarti kamu harus selalu menggunakan flash.

Sedikit tips untuk kamu, jika kamu menggunakan kamera polar di dalam ruangan maka pastikan ruangan tersebut punya pencahayaan yang baik, atau kalau mau foto di luar ruangan maka pastikan memotret ketika cuaca sedang baik.

Ketika menggunakan flash pastikan pula jarak objek tidak terlalu dekat ya, hal ini dimaksudkan agar foto yang dihasilkan tidak over exposure.

4. Selalu Bawa Film Cadangan

Berbeda dengan kamera digital, kamera jenis polaroid membutuhkan film untuk dapat bekerja. Maka dari itu pastikan untuk membawa film cadangan ketika berpergian.

Jangan sampai lupa untuk mengisi ulang film ya!

5. Menyimpan Hasil Foto di Tempat yang Tepat

Ketika kamu menggunakan kamera polaroid maka, kamu harus menyimpan hasil foto dengan benar, supaya tidak cepat rusak.

Banyak yang menyimpan kertas foto dengan cara digantung. Tidak masalah, asal pastikan kertas foto kalian disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab.

Selain digantung, kamu juga bisa simpan hasil foto di dalam scrap book atau album.

Meski foto polaroid tidak bisa di edit, namun bukan berarti hasil fotonya tidak bisa dipercantik. Kamu bisa menghias kertas fotomu dengan tulisan-tulisan lucu menggunakan pulpen aneka warna untuk menambah kesan retro pada hasil foto kamu!

Cara Merawat Kamera Polaroid

One Step 2 Polaroid Camera
One Step 2 Polaroid Camera | via unsplash.com

Tak cuma kamera digital, kamera polaroid juga punya langkah-langkah perawatan khusus agar tidak cepat rusak.

Perawatan kamera ini nantinya memengaruhi kualitas foto yang dihasilkan. Jadi pastikan ikuti tips di bawah ini agar kamu bisa merawat kamera polaroid kamu dengan benar.

1. Simpan Di Tempat Kering

Bukan cuma hasil fotonya, kameranya pun harus disimpan di tempat yagn kering dan tidak lembab. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya jamur pada bagian lensa.

2. Lepaskan Baterai

Ketika kamera disimpan dan tidak digunakan, maka lepaskan baterainya. Jangan biarkan baterai terpasang terus-menerus dengan bodi kamera.

3. Pakai Tas Khusus

Tak cuma kamera digital, kamera polaroid pun baiknya dibawa menggunakan tas khusus.

Bentuknya yang kecil memang membuat kamera polaroid bisa dimasukkan ke dalam tas pribadi ataupun disimpan di laci.

Tetapi lebih baik jika dibawa atau disimpan menggunakan tas khusus, sehingga menghindari kamera dari paparan debu, benturan dan goresan.

4. Rutin Dibersihkan

Pastikan kamu selalu membersihkan kamera polaroid kamu setelah digunakan, siapkan lap micro fiber yang lembut untuk membersihkan kamera kamu.

Kalaupun kamu tidak menggunakan kamera polaroid-mu, pastikan untuk tetap rutin membersihkan kamera ya untuk menghindari debu-debu halus masuk ke dalam lensa.

Membersihkan kamera secara rutin dapat mengurangi resiko karat dan juga jamur, sehingga umur kamera pujn bisa menjadi lebih panjang loh!

Rekomendasi Kamera Polaroid

Kelebihan kamera polaroid ini adalah, mudah dan cepat, tidak punya terlalu banyak tombol dan tidak perlu pengaturan khusus.

Desainnya pun menarik dan cantik sehingga menumbuhkan minat fotografi menjadi lebih tinggi. Selain itu, kamera ini juga cocok sekali di bawa ke luar ruangan, karena sinar matahari membantu kamera polaroid menghasilkan foto yang lebih baik.

Makanya, kamera polaroid sangat direkomendasikan untuk pemula.

Sayangnya, kamera ini punya film yang terbatas dan juga mahal. Jadi kamu tidak bisa banyak-banyak ambil foto. Tapi, kalau kamu tertarik untuk membeli, di bawah ini adalah rekomendasi kamera polaroid murah terbaik tahun 2021.

1. Fujifilm Instax Mini 9

Fujifilm Instax Mini 9 Polaroid Camera
Fujifilm Instax Mini 9 Polaroid Camera | via instax.id

Kamera fujifilm instax mini 9 ini berada di harga 650.000-an. Punya banyak pilihan warna seperti Smoky White, Cobalt Blue, Lime Green, Flamingo Pink, dan Ice Blue.

Spesifikasi :

  • Kompatibel dengan Fujifilm instax Instant Film
  • Produces Credit Card-Sized Print
  • Lensa Fujinon 60mm f/12.7
  • Optical Viewfinder dengan Target Spot
  • Selfie Mirror terintergrasi pada lensa
  • Built-In Flash dan Auto Exposure Mode
  • Manual Brightness Adjustment
  • Creative Hi-Key Mode
  • Includes Macro Attachment Lens

Daripada membeli instax mini 8 lebih baik, kamu menabung dan bersabar sedikit untuk membeli instax mini 9 yang punya fitur dan teknologi lebih baik, seperti cermin selfi, lensa close up, mode brightness dan lainnya yang tidak ada pada instax mini 8.

Sayang rasanya kalau kamu melewatkan instax mini 9 dan memilih instax mini 8.

2. Fujifilm instax SQUARE SQ6

Fujifilm instax SQUARE SQ6
Fujifilm instax SQUARE SQ6 | via instax.com

Fujifilm instax SQUARE SQ6 dibanderol dengan harga 1.699.000-an. Hanya satu kekurangan kamera polaroid ini, yaitu bobotnya yang lebih berat dibandingkan dengan beberapa kamera polaroid spesifikasi serupa, 393 gram tanpa film dan aksesoris.

Namun, satu kekurangan ini rasanya masih bisa dimaafkan jika mengingat fitur-fitur serta teknologi yang ditawarkan oleh fujifilm instax SQUARE SQ 6 ini.

Spesifikasi :

  • Kompatible dengan Paper SQUARE
  • Menghasilkan Gambar Persegi 2,4 x 2,4″
  • Lensa Fujinon 65.75mm f / 12.6
  • Optic Viewfinder dengan Titik Sasaran
  • Selfie Mirror Terintegrasi pada Lensa
  • Flash Bawaan dan Mode Pencahayaan Otomatis
  • Mode Terang / Gelap, Mode Pencahayaan Ganda
  • Fokus Minimum Mode Makro: 11,8 “
  • Termasuk Flash Gel Berwarna
  • ISO 800

3. Fujifilm instax mini 90 Neo Classic

Fujifilm Instax Mini 90 Polaroid Camera
Fujifilm Instax Mini 90 Polaroid Camera | via instax.id

Kalau kamu mencari kamera yang kental dengan vibe klasik dan retro, kamera ini cocok untukmu. Berdesain layaknya kamera jaman dulu, dengan warna pilihat hitam dan coklat yang menambah aura klasik.

Kamera Fujifilm instax mini 90 ini dilabeli harga yang cukup mahal yaitu 1.999.000-an dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • Retractable 60mm Lens
  • Built-In Flash
  • Six Shooting Modes
  • Brightness Control
  • Rechargeable Battery
  • Optic Viewfinder dengan titik sasaran

Kamera ini menjadi mahal karena punya fitur dan cara kerja seperti kamera digital tetapi bisa mencetak foto secara langsung layaknya kamera polaroid.

4. FUJIFILM instax WIDE 300

Fujifilm Instax Wide 300 Polaroid Camera
Fujifilm Instax Wide 300 Polaroid Camera | via instax.id

Harga FUJIFILM instax WIDE 300 adalah Rp. 1.599.000. Sebuah kamera polaroid yang punya fitur cukup lengkap.

Kalau kamu mencari kamera jenis polaroid dengan hasil foto landscape, maka kamera ini dibuat khusus untuk kamu. Cocok untuk dipakai memotret pemandangan, atau foto bersama.

Spesifikasi :

  • Menggunakan Fujifilm Instax Instant Color Film
  • Image Size: 6 x 10 cmLensa 95mm f/14
  • 0.37x Optical Viewfinder & Target Spot
  • 2-Range Motor Driven Focusing
  • Automatic Exposure & Programmed Shutter
  • Built-In Flash & LCD Screen
  • Film Pack Window & Tripod Socket
  • Termasuk Close-Up Lens Adapter
  • Bekerja dengan 4 AA Battery

5. Fujifilm Instax Mini 11

Fujifilm Instax Mini 11 Polaroid Camera
Fujifilm Instax Mini 11 Polaroid Camera | via instax.id

Hadir dengan lima pilihan warna yang cantik, sky blue, ice white, blush pink, lilac purple, dan charcoal green, instax mini 11 merupakan kamera polaroid yang belum lama ini meluncur ke pasaran.

Nah, kalau kamu mau menabung sedikit lebih banyak kamu bisa dapatkan instax mini 11 yang punya spesifikasi lebih unggul satu langkah dari instax mini 9, seperti misalnya dalam hal lensa, material bodi, hingga fitur-fitur di dalamnya.

Fujifilm instax mini 11 dibanderol dengan harga 950.000-an hingga 1.000.000-an.

Spesifikasi instax mini 11 :

  • Accepts INSTAX Mini Instant Film
  • Automatic Exposure and Automatic Flash
  • Aperture f/12.7
  • Mode Fixed Focus
  • Shutter Speed: 1/2 to 1/250 Sec
  • FUJINON 60mm Lens with Selfie Mirror
  • Dedicated Selfie/Close-Up Shooting Mode

Keyword Query:

cara menggunakan kamera polaroid,instax mini 8 film,cara menggunakan instax mini 9,cara menggunakan instax mini 11,cara menggunakan instax mini 8,kamera polaroid terbaik,fujifilm instax mini 8 film,fuji instax camera,instax kamera,polaroid film instax mini